MODCOM, Jakarta - Kehadiran siaran televisi digital di Indonesia bertujuan agar dapat lebih memanjakan konsumen baik yang berada di rumah maupun sedang dalam perjalanan. Hal ini dijelaskan oleh Erik Limanto selaku Direktur Utama Asuka Car TV dalam Seminar "Televisi Digital Indonesia, Terlambat Atau Diperlambat" yang digelar di Jakarta, hari ini (2/11/2017).


"Kami selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang entetainment di dalam mobil, ingin mensosialisasikan ke masyarakat umum bahwa digital tv itu sudah ada di Indonesia. Dengan begitu masyarakat bisa mempersiapkan Setop Box (STB) dirumahnya dan juga digital tv receiver di dalam kendaraan," tukas Erik.

Perangkat ini (Setop Box), lanjut Erik, pada dasarnya perangkat yang bisa menerima siaran digital agar dapat menangkap siaran dengan tepat. "Kehadiran siaran digital sendiri, diharapkan dapat lebih memanjakan konsumen baik dirumah maupun dalam perjalanan," paparnya.

Erik pun mengklaim bahwa tingkat kesulitan dalam menangkap siaran di mobil itu memiliki kesulitan yang berbeda. Karena untuk di mobil itu membutuhkan sebuah perangkat yang canggih guna menghasilkan siaran terbaik.

Di Indonesia sendiri siaran televisi digital masih terbatas kepada jangkau area yang masih sangat minim. "Dengan hadirnya digital channel, nantinya dapat menjangkau siaran televisi lebih luas lagi. Jika saat ini siaran lama itu berkisar belasan mungkin puluhan, nantinya dengan hadirnya televisi digital dapat menjangkau lebih luas lagi hingga ratusan channel," tambahnya.

Di Indonesia sendiri masih terkendala oleh perangkat, karena sebenarnya stasiun tv itu banyak yang ingin berinvestasi baik dari dalam dan luar negeri. Hanya saja, hingga saat ini masih terkendala dengan payung hukum yang belum disahkan pemerintah. (Irianto)