Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengumumkan akan menggelar pameran khusus untuk mobil niaga pada tanggal 1 4 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) mendatang. Pameran bertajuk Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) bertujuan untuk mendorong pertumbuhan mobil niaga di Tanah Air.

"Industri kendaraan komersial Indonesia memiliki prospek yang sangat positif di tengah tumbuhnya infrastuktur Indonesia dan membaiknya harga komoditas serta industri pertambangan. GIICOMVEC akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk mendorong industri kendaraan komersial di Indonesia," kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Menurut data Frost & Sullivan, pasar otomotif Indonesia, khususnya kendaraan niaga akan tumbuh seiring semakin meningkatnya belanja pemerintah, pembangungan infrastruktur, dan kegiatan operasional di Indonesia.

Antusiasme akan potensi pasar kendaraan komersial di Indonesia juga disampaikan para Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial anggota Gaikindo pada pagelaraan GIIAS pada Agustus lalu.

Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO yang membawahi bidang pameran menyatakan bahwa penyelenggaraan GIIAS selama 3 tahun terakhir diyakini mampu memberi efek positif bagi pertumbuhan industri otomotif nasional.

Tetapi GIIAS memiliki cakupan industri otomotif yang luas, sehingga untuk lebih fokus terhadap industri kendaraan komersial Indonesia, GAIKINDO merasa perlu untuk menggelar GIICOMVEC, yang lebih kepada pameran business to business.

"GIICOMVEC akan menjadi ajang bagi APM komersial untuk menghadirkan produk dan teknologi yang mereka miliki ke pengunjung yang tepat dan peserta juga akan diberikan space dan waktu khusus untuk menunjukkannya langsung," jelas Rizwan.

GIICOMVEC 2018 sendiri telah mendapat respon positif dari APM kendaraan komersial anggota Gaikindo. Merek-merek besar seperti Daihatsu, DFSK, Isuzu, Mercedes-Benz Commercial, Mitsubishi Fuso, dan Mitsubishi Motors telah memberikan komitmennya. GICOMVEC 2018 juga akan diikuti oleh industri karoseri Tanah Air dan industri pendukung lainnya.