Setelah 54 tahun yang panjang, Toyota secara resmi telah mengakhiri produksinya di Australia setelah penutupan pabrik Altona di dekat Melbourne.



Dengan Toyota yang mengakhiri produksi di Australia dan langkah serupa dilakukan Ford di bulan Oktober tahun lalu, Holden tetap menjadi satu-satunya produsen mobil utama yang masih mengoperasikan pabrik manufaktur di negara ini. Namun, divisi lokal General Motors tersebut akan menutup toko pada 20 Oktober.

Sebagai bagian dari penutupan, Toyota Motor Corporation Australia akan membangun kembali pabrik Altona sebagai fasilitas pengembangan pelatihan dan produk. Selain itu, mereka akan mengalihkan fungsi penjualan dan pemasaran dari Sydney ke markas besarnya di Melbourne.

Toyota pertama kali mulai berproduksi di Australia pada bulan April 1963 dengan Tiara di pabrik Port Melbourne. Pabrik Altona kemudian dibuka pada bulan Juli 1994 dan mulai membangun Corolla. Pabrik tersebut kemudian memulai produksi Camry pada bulan Maret 1995 sebelum Aurion ditambahkan ke dalam daftar model lokal pada bulan Oktober 2006.

Produksi Aurion berhenti pada bulan Agustus dan Camry Hybrid terakhir dibangun pada akhir September. Selama berada di Australia, Toyota sudah membangun 3.451.115 kendaraan. (carscoops 3/10/2017)