Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda!

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 7 of 7
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/647586
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    34
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    18 Hrs 19 Mins 54 Secs

    Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda!



    Terbayangkan beberapa tahun yang lalu saat masih menjadi karyawan sebuah perusahaan di utara Jakarta. Gak ada yang istimewa memang, namun itu memberikan spirit perubahan dalam hidup yang tak terlupakan sampai saat ini. Dengan berbekal ijazah SMK Akuntansi, seorang remaja mencoba mengadu nasib di Kota Metropolitan yang katanya menjanjikan terwujudnya berbagai impian.

    Setelah melamar kerja kesana-sini dapatlah pekerjaan di pabrik mesin bagian administrasi. Dengan gaji standar UMR pada masa itu, hidup dilalui seperti air yang mengalir saja tanpa henti. Tanpa terpola apalagi terencana, yang penting gajian bisa cukup buat makan, cukup buat bayar kontrakan, cukup buat beli kebutuhan hidup sehari-hari sampai akhir bulan. Kalau cukup lho ya, tapi kalau tidak cukup? Ya mau gak mau, suka gak suka terpaksa mengajukan kas bon ke teman-teman, yang nantinya di akhir bulan baru dilunasi. Pada akhirnya gaji kita akan terus berkurang untuk menutupi utang. Nah lho, bagaimana kalau kondisi ini terus menerus kita jalani tanpa ada keinginan untuk berubah? Lalu sampai kapan sampai usia berapa mau begini?

    Ada isitilah 'besar pasak dari pada tiang'. Kenapa sih ini terjadi? Salah satunya adalah gaya hidup yang boros. Sehingga terkadang penghasilannya tidak bisa menutupi pengeluaran-pengeluarannya. Faktor penyebab yang utama adalah kebiasaan, dan ada kalanya bahkan kebiasaan ini sudah menjadi tradisi turun temurun. Sehingga kita selalu berpikir hidup itu jalankan saja dari saat ke saat tanpa mengurusi masa depan, apalagi merencanakan masa depan yang jauh lebih baik.

    Kalau kita telusuri lebih dalam, masih banyak orang yang menghabiskan gaji atau penghasilannya hanya untuk biaya hidup aja kan? Belum banyak yang memikirkan untuk menabung apalagi investasi. Bisa dikatakan, gaji sekarang ya habiskan buat makan sekarang. Hari esok ya urusan nanti sajalah. Sehingga semakin tinggi penghasilan seseorang, maka akan semakin tinggi juga pengeluarannya. Ini yang bikin hidup kita cuma hari ini dan gak sejahtera juga walau waktu terus berganti…

    Terkadang memang sulit untuk memulai, namun harus segera dicoba dan berdisiplinlah dalam menjalankannya. Motivasikan diri bahwa dengan berhemat, kita akan mencapai tujuan-tujuan keuangan kita di masa depan. Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam hidup berhemat, di antaranya:

    1. Disiplinlah dalam menabung
    Jangan sampe kelewat buat nabung setiap bulannya! Walaupun sepele, tapi ya banyak juga diantara kita yang kelewat buat nabung. Gak akan rugi juga kan kalo kita nabung, toh nantinya uang yang kita tabung ini bisa kita pake buat kebutuhan menadak atau beli barang impian yang harganya lumayan kayak mobil/rumah.

    2. Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan
    Siapa yang masih belum bisa ngebedain ini? Nah lho. Coba sedari muda belajar buat bedain kebutuhan dan keininan. Kalo kita udah bisa bedain mana kebutuhan mana keinginan, baru deh kita bisa nahan diri buat gak selalu memenuhi keinginan. Karena kalo belum bisa ngebedainnya, mungkin

    3. Pastikan pengeluaran selalu lebih kecil dari pendapatan
    Jangan sampe pengeluaran lebih besar dari pemdapatan ya! Karena nantinya gak bakal ketutup pengeluarannya. Dan akhirnya berujung pada utang sana-sini lalu bikin kita bingung sendiri gimana bayarnya. Walaupun kalo kata orang rejeki ada aja, tapi ya tetep aja harus prepare soal pengeluaran ini.

    4. Jagalah kondisi tubuh agar tetap sehat
    Makan asal makan, minum asal minum, yang akhirnya bikin kesehatan kita terganggu. Gak salah kok makan makanan enak, tapi kesehatan harus tetap terjaga ya. Karena kalo kita udah sakit, akan nambah pengeluaran lagi kan? Walaupun kalo kayak ane yang udah pake asuransi cigna gak perlu mikir soal biaya berobat karena bisa pake sistem cashlessnya asuransi cigna, tapi kita tetep harus prepare jaga tubuh agar tetap sehat, apalagi kalo yang gak punya asuransi apa-apa, kalo sakit pengeluaran kan bakalan bertambah juga.

    5. Bijaklah dalam berbelanja
    Catet apa yang perlu di beli! Dan jangan ambil banyak jajan-jajanan kecil. Jujur deh, kita sering laper mata pas belanja bulanan. Terus yang kita pengenin akhirnya diambil juga, jadi gak sekedar beli kebutuhan bulanan aja. Kadang gue sama kok, tapi makin kesini udah makin dikurangin banyak maunya. Kudu lebih bijak pas belanja.

    6. Membawa bekal dari rumah
    Walaupun banyak diantara kita yang gak sempet masak, tapi bawa bekel dari rumah sebenernya lebih hemat. Uang makan siang yang biasanya keluar minimal 25 ribu, kalo bekal makan siang paling Cuma jadi keluar 10 ribu buat pengganti uang bahan makanan yang kita bawa.

    7. Simpan uang receh dengan bijak
    Biasanya kan uang receh cenderung tergeletak dimana-mana bahkan seakan itu gak berharga. Padahal kalo kita belanja di minimarket kadang uang receh ini cukup di perlukan lho. Walaupun terkesan gak seberapa, tapi kalo kita simpan dan cukup banyak, uang receh ini akan tetap ada harganya kok.

    Nah, itu dia yang perlu kita lakukan dari sekarang. Hidup sejahtera itu balik lagi ke sikap kita kok. Hal apa yang kita lakukan dari sekarang, akan mempengaruhi kita di masa depan juga kan? Kalo kalian, apa yang mau kalian lakuin dari sekarang? Share di komentar ya!



  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    Jakarta-Perth
    Posts
    2,688
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 1 Hr 3 Secs
    Hmmm..teorinya sih gitu...

  4. #3
    Kolonel
    Location
    jaks-bar
    Posts
    7,628
    Power
    22 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 3 Wks 2 Days 20 Hrs 48 Mins 21 Secs
    nice infoooo

  5. #4
    Sersan Satu
    Posts
    459
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 9 Hrs 30 Mins 56 Secs
    kalo semuanya bisa dilakukan wow mantap deh

  6. #5
    Kapten
    Location
    Pekanbaru, Riau
    Posts
    2,082
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Days 10 Hrs 16 Mins 12 Secs
    Good info.. moga bisa diikuti nih...

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta
    Posts
    6,100
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 21 Hrs 35 Mins 23 Secs
    Semoga anak anak muda sekarang jauh lebih berpikir ke depan dan bijak sehingga bisa sukses

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    DEPOK
    Posts
    5,272
    Power
    14 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 6 Days 21 Hrs 44 Mins 38 Secs
    Gak ngefek, yang bener ya terlahir dari keluarga kaya raya, kalo kata orang mah lahir udah terlanjur kaya

 

 
Tekiro Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Lakukan 11 Hal Ini Saat Service AC Mobil, Agar Tidak Tertipu
    By ferryjenselie in forum Tips & Artikel Mesin Mobil
    Replies: 6
    Last Post: 4th November 2017, 13:58
  2. Ingin Transmisi Matic Anda Panjang Umur? Jangan Lakukan Hal Ini
    By MASGARBRO in forum Tips & Artikel Mesin Mobil
    Replies: 23
    Last Post: 1st August 2017, 19:50
  3. Jangan Lakukan 2 Hal Ini Ketika Makan Mie Instan
    By Untung_sejagat in forum Health
    Replies: 40
    Last Post: 11th January 2015, 22:31
  4. Beberapa Hal yang PAMALI
    By prostreet99 in forum Lain-Lainnya
    Replies: 23
    Last Post: 5th September 2013, 00:31
  5. Replies: 25
    Last Post: 14th January 2013, 22:38
Back to top