Pengalaman bangun motor custom (cafe racer/ srambler) Bengkel BSTRD
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 3 of 3
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/647205
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    45
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    39 Mins 56 Secs

    Pengalaman bangun motor custom (cafe racer/ srambler) Bengkel BSTRD

    Owner Bengkel BSTRD Workshop & Custom POndok Kacang Ciledug: Rico

    Singkat cerita, akhir Juni saya deal dengan Rico (owner) bengkel custom BSTRD Pondok Kacang Tangsel untuk membangun motor model Bobber tapi seater/ hornetnya ala cafe racer seharga 2x juta (dua puluh .... juta) dengan spesifikasi yang kita deal sebelumnya. Saya tertarik karena promo dia di Instagram, tokopedia, kaskus dll dengan tagline 14jt bahan dari dia (Honda Tiger thn 2000an) dan model terserah customernya. Saya makin tertarik membaca salah satu post dia di IG yang menyebutkan semingguan motor jadi atau kelar.

    Proses ini saya lakukan via telp dan wa tanpa mengunjungi bengkel karena faktor saya percaya lihat beberapa postnya di IG. Deal harga 2x juta tersebut akhirnya didapatkan bahan motor Honda Megapro thn 2012 dengan kondisi pajak telat pada tanggal 5 Juli 2017, semua bahan limbah yang tidak terpakai diambil oleh bengkel. Karena faktor percaya dengan bengkel tersebut, sekali lagi saya tidak datang ke bengkel untuk melihat bahan motor tersebut.

    Tanggal 15 Juli 2017, saya datang ke bengkel untuk mengetahui perkembangannya dan Owner bengkel BSTRD (Rico) bilang progress sudah 80% dan hati saya tenang. Ketika saya datang, saya melihat bengkel tersebut ternyata bukan bengkel builder motor custom murni dengan peralatan dan perlengkapan yang sangat minim, mereka membeli parts yang sudah jadi lalu dirakit dibengkel tersebut. Uang sudah masuk juga 80% ketika itu dari deal 2x juta.

    Masalah muncul pada minggu berikutnya ternyata Owner bengkel sulit diajak berkomunikasi (wa tidak dibalas/ read, telepon tidak diangkat). Hal ini berlangsung cukup lama hingga awal agustus. Saya tetap berpikiran positif karena pada rentang waktu itu saya sedang dinas luar kota. Awal agustus, dia mengirimkan kabar bahwa dia harus menyelesaikan motor yang masuk sebelum motor saya. Saya sempat meminta dikirimkan foto perkembangan motor namun tidak dikirim hingga pada tanggal 19 Agustus 2017 saya kembali kesana dan saya mendapati owner bengkel tidak ada ditempat dan sedang liburan. Saya mendapati di post Instagram ada 2 motor yang masuk ke bengkel tersebut sebelum saya namun selesai duluan. Saya juga sempat meminta staff kantor saya untuk menghubungi bengkel tersebut via wa dan telp karena posisi saya sedang tidak dijakarta namun dia mengabarkan sedang touring motor luar kota.

    Ketika awal penjajakan, memang saya tidak terburu-buru asal pengerjaan rapih. Namun ketika hampir 2 bulan tidak ada kabar kapan selesai, saya kembali mendatangi bengkel pada akhir agustus. Dan akhirnya dengan berat hati, saya terima motor yang sudah dinyatakan selesai oleh owner bengkel (hopeless sama bengkel ini) yang menurut saya hasil pengerjaan jauh dari kata memuaskan. Karena owner tidak ada niat untuk merapihkan beberapa kekurangan hasil customnya dan saya sangat kecewa terhadap hasil pengerjaan motor saya.

    Finishing motor sangat kasar yaitu:
    1. Mesin di cat hitam biasa bukan pake cat hi-temp (di luar deal awal)
    2. Detail seperti baut tutup aki belang semua
    3. Deal pake Speedometer yg dipasang RPM (ini juga pajangan aja/ ga nyala)
    4. Finishing tangki tidak rapih dan bergelombang, apalagi cat warna hitam doff jadi keliatan bgt klo kena sinar matahari/ cahaya
    5. Beberapa hari motor saya pakai, cat hitam di bagian tangki atau tutup aki mulai mengelupas
    6. Jok terdapat lipatan kerut dan membuat tidak rapih
    7. Banyak bagian yang berkarat seperti stang clubman berkarat hampir disemua bagian (saya complain ketika mengambil motor ini, janjinya akan mengirimkan stang baru ke rumah namun hingga kini tidak ada respon)
    8. Ketika motor saya ambil dan kemudikan ternyata bantingan shock depan dan belakang sangat keras, saya berasumsi parts ini harusnya baru sesuai deal awal namun shock depan dan belakang ternyata mati tidak ada respon.
    9. Deal awal saya diperbolehkan beli beberapa aksesoris dan dia siap untuk memasangkan di motor saya seperti Tempat Plat Motor, Handle Rem dan Cover Shock belakang universal PnP. Khusus cover shock belakang, dia beralasan tidak bisa memasang cover shock belakang tersebut dan harus ke bengkel khusus shock untuk memasang cover shock belakang universal PnP tersebut
    10. Harga 2x juta include beberapa aksesoris seperti spion end bar, spatbor depan belakang, klakson keong, filter karbu. Namun ternyata tidak ada. Semua ini alasannya dia dah keluar biaya masang aksesoris tambahan yg gw beli dan minta pasang ke dia
    11. Kondisi motor bekas ternyata memprihatinkan, ketika saya ambil motor mogok tengah jalan. Kiprok atau regulator serta aki harus saya ganti dengan uang yang tidak sedikit. Bensin banjir dll. Diawal dijanjikan bahan motor bagus
    12. Saya sempat membeli aksesoris dengan uang sendiri via tokopedia dan dikirimkan ke bengkel. Ternyata barang tersebut hilang padahal di report tokopedia sudah diterima oleh dia sendiri berdasarkan report penerimaan tokopedia (detail nama penerima barang, tanggal dari aplikasi tokopedia dll). Hingga kini, tidak ada ganti rugi.

    Berikut catatan hasil pengerjaan (review) Bengkel BSTRD custom:
    1. Tidak komunikatif, lancar komunikasi cuma diawal aja pas kita nanya-nanya soal penjajakan motor sampe deal. Lama kelamaan makin seret, wa ga dibaca dan balas serta telp ga diangkat. Hati-hati sangat manis dalam menjanjikan customer dan ternyata tidak bisa memenuhi omongannya tersebut
    2. Saya melihat, orang ini belum siap berbisnis yg ngandalin unsur trust sama customer satisfaction. Modal nekad aja buka bengkel custom. Motor-motor hasil karya bengkel BSTRD tersebut mungkin bisa dikonfirmasi oleh pemiliknya bagaimana kerapihannya, detail finishingnya dll
    3. Delivery telat dari kesepakatan awal, 2 bulann. Telat yg pertama dia bilang ada antrian sebelum motor gw masuk dan harus dia selesaikan (OK, make sense). Telat kedua, bilang dia abis touring. Telat ketiga, dia liburan ke pantai.
    4. Banyak uang yang saya keluarkan untuk merapihkan motor ini dari mulai hal kecil menutup cacat cat dengan stiker, exhaust wrap hingga pembelian parts dengan biaya cukup besar.

    Kesimpulan
    + Plus : nothing
    - Minus: yah liat aja poin diatas kaya gimana

    Well 2xjt dapat motor kaya gini rasanya gimana gitu. Klo lama rapih siy gpp, ini banyak deal yg ga terpenuhi dan ga rapih.
    Engga ada value yg bisa diambil dari bengkel ini, jgn harap ada value passion detail dan kerapihan vintage motor dibengkel ini

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kopral Kepala
    Location
    Makassar
    Posts
    141
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 4 Hrs 16 Mins 49 Secs
    boleh diposting motornya gan ? penasaran.
    ---
    Regard

    DennisM

  4. #3
    Kopral Dua
    Posts
    45
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    39 Mins 56 Secs
    Quote Originally Posted by dennism View Post
    boleh diposting motornya gan ? penasaran.


    ini waktu progress sekitar 90%

    waktu motor diserahkan tangki tetap bergelombang, lipatan di jok masih ada dll

 

 
GT Radial Datsun 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 4
    Last Post: 17th April 2017, 18:03
  2. The Midnight Runner, Cafe Racer Listrik Keren Dari Apache Custom
    By H_Inside in forum Berita Otomotif Motor
    Replies: 2
    Last Post: 27th January 2017, 07:13
  3. Kolaborasi Top 1, Pirelli Dan SMKN 8 Bandung Bangun Cafe Racer
    By iyunkcruise in forum Komunitas & Event
    Replies: 10
    Last Post: 9th June 2015, 10:07
  4. Replies: 30
    Last Post: 22nd December 2014, 16:57
  5. Honda FT500, Si Cafe Racer Unik Dari Latvia
    By ES_Vtec in forum Berita Otomotif Motor
    Replies: 35
    Last Post: 5th September 2013, 22:53
Back to top