Velar bukanlah nama yang gampang diucapkan di lidah ketika Land Rover memutuskan menggunakannya pada mobil Range Rover SUV yang paling cantiknya itu. Ternyata ada sejarah tersendiri di balik penggunaan nama ini.

Awalnya mobil Land Rover dikenal sebagai mobil pilihan para penjelajah yang suka menjelajahi setiap sudut dunia, tapi belakangan mereka menyadari kalo pelanggan mereka menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar mobil bermesin ganas saja.

Land Rover membayangkan mereka bisa membuat mobil yang punya kemampuan off-road tapi tetep nyaman bagi penumpangnya. Pada saat itu, mobil seperti itu belum ada, makanya Land Rover membuat beberapa prototype yang dinamakan “Velar”, yang artinya menyelubungi, dan membawa semua prototype itu untuk diuji.





Ketika mereka sudah menemukan formula yang pas, mereka pun langsung meluncurkan Velar dalam bentuk produksinya sebagai range Rover dan sisanya sudah menjadi sejarah sekarang. Sebagai modern “saloon” car pertama di dunia, mobil ini langsung menjadi symbol status bagi pemiliknya dan hal ini berlangsung selama beberapa decade.