Sound System Mobil Kurang Memuaskan? Ini Dia 7 Strateginya
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 4 of 4
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/646424
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Location
    Serpong-tangerang
    Posts
    226
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 23 Hrs 49 Mins 56 Secs

    Sound System Mobil Kurang Memuaskan? Ini Dia 7 Strateginya




    Salah satu kegiatan yang paling disukai penggemar musik saat menyetir tentu saja mendengarkan lagu-lagu lewat radio mobil. Mau itu pop, jazz, atau dangdut, yang penting ada yang menghibur selama perjalanan.

    Sayangnya, sound system mobil belum tentu memuaskan. Kadang suaranya mendadak keras atau malah sebaliknya. Paling menyebalkan ketika musik yang harusnya jernih jadi terganggu oleh bunyi gemerisik dari speaker. Kalau sudah begitu, rasanya ingin buru-buru menggantinya dengan yang lebih bagus.

    Jika sound system pada mobil kurang memuaskan, cobalah beberapa strategi jitu di bawah ini:

    1. Riset dulu sebelum membeli, baru perkirakan biayanya
    Jangan terjebak dengan pakem “mahal pasti bagus”. Yang terpenting adalah riset dulu sebelum membeli. Cek dulu kualitas dari spesifikasi audio set untuk mobil, seperti: kapasitor bank, speaker split, speaker coaxial, dan masih banyak lagi. Boleh tanya-tanya ke penjualnya untuk konsultasi, sebelum memutuskan untuk membeli.
    Begitu sudah tahu yang diinginkan, barulah saatnya memperkirakan biaya. Pastikan juga sound system mobil yang Anda incar sesuai dengan bujet. Kalau belum cukup, Anda bisa membelinya per komponen, alias secara bertahap. Tentu saja, ini membutuhkan kesabaran sebelum semua komponen akhirnya terkumpul untuk menjadi satu set.

    2. Perhatikan kualitas head unit
    Head unit yang berkualitas baik biasanya memiliki front, rear, dan sub di belakang tape dengan enam lubang untuk RCA, baik untuk single atau double din yang banyak. Dua referensi brand terbaik, Clarion dan Alpine, dapat Anda jadikan sasaran awal saat riset.

    3. Jika speaker terlalu standar, gantilah dengan yang baru disertai komponen pendukung seperti power amplifier.
    Suara musik terdengar sayup-sayup karena speaker terlalu standar? Ganti saja dengan yang baru. Jangan lupa juga untuk menambahkan power amplifier sebagai komponen pendukung. Hanya saja, jangan menyetel volume terlalu keras saat menyetir. Selain dapat mengganggu gendang telinga, konsentrasi Anda bisa terpecah saat di jalan raya.

    4. Sesuaikan dengan selera musik Anda
    Percaya atau tidak, faktor ini ternyata berpengaruh besar dalam menentukan sound system mobil Anda. Berkonsultasilah dengan instalator audio, maka Anda bisa menemukan perangkat yang cocok dengan selera musik Anda. Menyetir sambil mendengarkan musik akan terasa lebih nyaman bila pilihannya tepat.

    5. Suara musik masih terlalu keras? Pasang peredam
    Mayoritas mobil produksi tahun 2000-an ke atas sudah memiliki kualitas audio yang lebih baik. Bila suara masih dirasakan terlalu keras, meski tanpa menaikkan volume audio, Anda bisa memasang peredam sebagai solusinya.

    6. Sesuaikan dengan jenis mobil Anda
    Ada perbedaan yang cukup spesifik antara sound system mobil sedan dengan mobil-mobil lain yang lebih besar, seperti MPV dan SUV. Dari luas kabin, Anda bisa memperkirakan sekeras apa suara yang dibutuhkan. Karena atap mobil sedan paling rendah, maka audio mobil tidak perlu terlalu keras.

    7. Jangan nekat berimprovisasi sendiri bila bukan ahlinya
    Demi mengirit biaya, Anda memilih untuk merakit atau mengganti sendiri perangkat audio mobil Anda. Kalau memang mengerti dan sudah berpengalaman, tidak masalah. Namun, salah memasang justru bisa mengakibatkan kerusakan pada audio mobil Anda.

    Lebih baik minta pada yang lebih ahli. Meskipun harus membayar, prosesnya lebih cepat dan juga aman. Hasilnya juga pasti lebih memuaskan.
    Ketujuh strategi di atas hanyalah saran untuk Anda yang saat ini kurang puas dengan kualitas sound system pada mobil Anda. Semoga setelah ini, tidak ada masalah lagi saat mendengarkan musik sambil menyetir.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kopral Kepala
    Location
    Jakarta
    Posts
    162
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 15 Hrs 46 Mins
    Nice info

  4. #3
    Mayor
    Location
    Back to Mother City of Indonesia
    Posts
    3,136
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 16 Hrs 36 Mins 53 Secs
    Naaah, yang nomer 7 itu kuncinya. Setiap ubahan harus dilakukan oleh tangan yang berpengalaman. Kecuali kalian sendiri emang montir di bidang sound system.

  5. #4
    Prajurit
    Posts
    1
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    38 Mins 21 Secs
    Suhu semua....,mw tanya ttg audio swift.ane pake swift st 2012. Audio swift ane msh standart dri pabrikan,HU trus 2 speaker depan ama 2 speaker belakang.itu termasuk yg split atau coaxial ya?maklum msh newbe,hehehe.....speaker belakang ane suaranya gemericik bgt ga bgs..jd ane pake yg depan aja dan belakang ane matikan suaranya pake menu fade di HU. Ane rencananya mw ngeganti auduo standar ane itu...yg pasti sih HU nya krn tau sndri lah HU standar swift st udh agak jadul.klo tuk speakernya ane ga paham....tp klo yg belakang krn suaranya jelek bgt,pgn ane ganti. Mohon bantuan suhu,ane hrs pake audio sprti apa?buat ane,yg penting suaranya enak aja di dengar,ga pecah2, pgn agak sdkt ngebas.pgn yg simple aja,klo bisa ga ush isi audio di bagasi. Mohon bantuan suhu semua....kira2 HU ama spekaer yg seperti apa?apakah hrs pake ampli lg? Terimakasih yaaaaa......

 

 
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 2
    Last Post: 3rd January 2012, 16:00
  2. Replies: 1
    Last Post: 3rd January 2012, 15:55
  3. Replies: 1
    Last Post: 3rd January 2012, 15:53
  4. Replies: 1
    Last Post: 3rd January 2012, 15:53
  5. Audio Sound System Mobil Agako Perfection
    By andyanto_wibowo in forum Power Amplifier
    Replies: 9
    Last Post: 11th February 2010, 20:11
Back to top