5 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Keluarga Muda

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 9 of 9
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/646365
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Dua
    Posts
    35
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 15 Hrs 33 Mins 21 Secs

    5 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Keluarga Muda



    Untuk mengatur keuangan, ada banyak hal yang harus direncanakan. Mulai dari rencana membeli kendaraan, memiliki rumah, hingga tabungan pendidikan anak. Pastinya hal tersebut gak semudah yang dibayangkan. Terlebih ketika kita menyusun rencana untuk hidup bersama pasangan.

    Jika sudah demikian, pasti muncul pertanyaan “harus memulai yang mana dulu?”. Langkah pertama yang harus diambil bagi para pasangan yang baru menikah adalah duduk bersama dan mendiskusikan perencanaan keuangan. Mengapa hal itu jadi yang utama? Tidak dapat dipungkiri, keuangan adalah hal yang krusial untuk masa depan dan berdampak pada aspek kehidupan lainnya, oleh karena itu harus dibicarakan sejak awal membangun sebuah keluarga.

    Membuat perencanaan keuangan pada saat lajang dan saat setelah menikah amatlah berbeda. Lalu, bagaimana caranya agar tidak salah langkah? Berikut adalah tips membuat perencanaan keuangan bagi keluarga muda yang bisa diterapkan!

    1. Komunikasi yang baik dan keterbukaan
    Seharmonis dan serasi apapun sebuah pasangan, pasti akan ada banyak perbedaan. Termasuk konsep dan pola dalam mengelola keuangan. Nah, perbedaan tersebut tidak akan jadi masalah besar apabila sejak awal sudah ada pembicaraan dan kesepakatan satu sama lain. Itulah pentingnya komunikasi dan keterbukaan ketika membuat perencanaan keuangan bersama.
    Misalnya, Kita ingin mengutamakan cicilan rumah kemudian baru mengurus cicilan kendaraan, sedangkan pasangan kita lebih memilih untuk mengambil cicilan kendaraan terlebih dahulu. Pada titik inilah kita dan pasangan harus mengambil keputusan bersama, rencana mana yang paling cocok dengan kondisi keuangan bersama saat ini.

    2. Membuat tabungan bersama
    Tips perencanaan keuangan lainnya adalah buat satu arus pengeluaran dengan cara membuka tabungan bersama. Membuka tabungan bersama ini tujuannya agar pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol dengan mudah.
    Memang, penghasilan di awal pernikahan pasti sulit sekali untuk disisihkan sebagai tabungan karena akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus dibeli. Namun, sekecil apapun penghasilan kita, selalu usahakan untuk menyisihkannya sebagai tabungan. Nantinya, tabungan ini akan sangat membantu untuk biaya pendidikan anak di masa depan dan juga kebutuhan pengeluaran tak terduga.

    3. Mencatat pengeluaran setiap bulan
    Ini adalah satu hal yang sering terlewatkan dan dianggap sepele saat melakukan perencanaan keuangan. Padahal, mencatat pengeluaran per bulan sangat membantu untuk menghitung dan melihat apa saja pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan bisa dipotong di bulan depannya. Intinya, catatan ini berguna agar keuangan lebih terpantau.
    Setelah membuat catatan dan mengevaluasinya, akan lebih baik lagi kalo kita bisa menetapkan pengeluaran maksimal per bulan. Jadi, akan ada semacam pembatas berapa maksimal dana yang digunakan untuk belanja setiap bulan dan menghindari pengeluaran yang seharusnya tidak terjadi.

    4. Tentukan peran gaji siapa untuk apa
    Nah, tips yang satu ini akan sangat berguna bagi pasangan yang sama-sama bekerja. Demi perencanaan keuangan yang berjalan lancar, sebaiknya ada kesepakatan bersama mengenai gaji siapa yang digunakan untuk pengeluaran apa.
    Sebagai perumpamaan, jika punya gaji lebih besar, maka bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah, kendaraan, dan tagihan listrik. Sementara itu, gaji pasangan bisa dimanfaatkan untuk biaya keperluan ringan seperti membeli keperluan rumah, biaya makan, dan lainnya. Namun kembali lagi pada keputusan bersama yang telah disepakati. Usahakan semua sesuai dengan kondisi finansial yang dimiliki.

    5. Menyisihkan dana untuk Asuransi
    Pada dasarnya, melakukan perencanaan keuangan tidak hanya sekedar mengelola keluar masuknya uang, namun juga harus ada rencana finansial yang bisa meminimalisir resiko jika sakit menghampiri. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan asuransi bersama pasangan.
    Saya sendiri memilih asuransi cigna karena lebih banyak benefit yang bisa di dapat jika disbanding asuransi lain. Mulai dari sistem klaim yang tidak rumit sampai pihak asuransi yang sudah banyak kerjasama dengan rumah sakit. Untuk menyisikan dana asuransi ini perlu konsisten.

    Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam membuat perencanaan keuangan. Buat yang lagi membangun keluarga muda, rencanakanlah sedini mungkin agar hidup lebih terarah dan berkualitas. Selamat mencoba!


  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Posts
    2,093
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 6 Days 21 Hrs 3 Mins 40 Secs
    0. Pendapatan harus lebih besar daripada pengeluaran


  4. #3
    Letnan Satu
    Location
    jakarta dan sekitarnya...
    Posts
    1,952
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Mths 2 Days 3 Hrs 12 Mins 25 Secs
    intinya sih kalo teori semua orang byk yang udh tau tp realitanya ngak seperti teori

  5. #4
    Kapten
    Location
    [+61, +62, +1, +65]
    Posts
    2,026
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 5 Days 7 Hrs 5 Mins 29 Secs
    jurus terjitu menurut kaum hawa >>>> MANJA

    tapi gak semua, tapi ada.

    bahkan gak mau tahu Egoisasi.

    mereka yang sudah menikah paham betul

    Alpine, Nakamichi - Gladen - Mosconi - Domination - Focal Polyglass,Be - Crescendo Opus - CMC -PXA.H800 - Tchernov - HarmonicHarmony - Stinger

  6. #5
    Mayor
    Location
    Back to Mother City of Indonesia
    Posts
    3,018
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 8 Hrs 13 Mins 30 Secs
    6. Jangan sampai jumlah pendapatan kalah dengan nafsu belanja istri atau biaya kenakalan suami.

    7. Selalu tambah jumlah pendapatan setiap tahun atau setiap bulan.

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta
    Posts
    5,643
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 5 Days 20 Hrs 19 Mins 24 Secs
    Yang pentingmsisihkan dl buat nabung sisanya baru terserah

  8. #7
    Kopral Kepala
    Posts
    168
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 1 Day 9 Hrs 51 Mins 23 Secs
    yang penting, kerja dulu dan menikah. kalo ga bekerja, gimana mau dapat uang. kalo ga menikah, yaa..jomblo dooong

  9. #8
    Kopral Dua
    Posts
    26
    Power
    -1 
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 47 Mins 46 Secs
    6. poin nomor 1-5 harus bisa kita realisasikan!

    gw baru aja mulai yang nomor 5 nih

  10. #9
    Kopral Dua
    Posts
    33
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    15 Hrs 2 Mins 10 Secs
    Yak betul! dan jangan lupa di lakukan

 

 
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Tips Memilih Mobil Untuk Anak Muda
    By bhenzo in forum Tips & Artikel Otomotif Lainnya
    Replies: 5
    Last Post: 3rd December 2016, 13:47
  2. Replies: 93
    Last Post: 29th December 2013, 19:20
  3. Mobil Concept Gaul Untuk Anak Muda Dari General Motor
    By 959JS in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 32
    Last Post: 23rd August 2013, 08:52
  4. Audi ABT AS6 Avant Wagon Hadir Untuk Keluarga Hobi Ngebut
    By ES_Vtec in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 16
    Last Post: 10th July 2013, 17:47
  5. WTS : Parking Pole ( Bumper Pole ) Rare --- untuk keluarga honda
    By ramadhan_rashya in forum Bursa Eksterior Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 5th October 2011, 16:29
Back to top