Mobil mewah atau sejumlah mobil baru kini sudah dilengkapi dengan banyak fitur-fitur modern yang canggih. Namun bila mobil Anda belum dilengkapi dengan fitur-fitur canggih tersebut, tidak perlu khawatir.

Karena saat ini banyak aksesoris mobil yang dijual umum yang memiliki fungsi dan fitur sama kerennya dengan fitur standar mobil-mobil mewah. Berikut adalah 5 aksesoris mobil yang dijamin akan membuat mobil Anda menjadi terasa lebih mewah dan tidak kalah dengan fitur standar mobil baru.

USB Car Charger

Rp 10 rb - RP 200 rb

Anda tentu saja tidak ingin handphone mati karena kehabisan baterai di tengah perjalanan. Jika mobil Anda tidak menyediakan USB Port, atau anda butuh lebih dari satu lubang USB, maka USB Car Charger Kit beberapa lubang USB sekaligus jelas menjadi aksesoris yang wajib terdapat di dalam setiap mobil saat ini.

Harganya pun relatif tidak terlalu mahal, ada yang dijual mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribuan. Tergantung brand dan kualitasnya. USB car charger banyak dijual di toko ponsel ataupun secara online.

Car Smartphone Holder

Rp 8 rb - Rp 200 rb

Ponsel pintar atau smartphone kini telah menjadi perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Tidak cuma sekedar berfungsi untuk komunikasi saja, smartphone kini juga dilengkapi dengan beragam aplikasi, salah satunya menunjang pengalaman berkendara seperti navigasi, dan lainnya.

Agar dapat berfungsi dengan baik tanpa harus menganggu konsentrasi pengemudinya, kini tersedia beragam jenis smartphone holder untuk mobil. Ada yang ditempel di kaca, dashboard, kisi-kisi AC, setir, ataupun dicolokkan ke soket lighter.

Bluetooth Car Kit

RP 59 rb - Rp 560 rb

Tidak semua mobil baru saat ini yang sudah dilengkapi head unit audio dengan konektivitas bluetooth. Bila audio mobil anda belum berteknologi bluetooth, maka anda bisa membeli aksesoris bluetooth car kit yang dapat menghubungkan ponsel anda dengan head unit audio anda.

Dengan aksesoris ini, anda dapat menjawab panggilan telepon, ataupun memutar musik dari smartphone anda melalui sistem audio kendaraan. Banyak tipe bluetooth car kit, ada yang juga sudah dilengkapi dengan FM transmiter, dan USB port untuk mengisi daya baterai ponsel anda.

Mini Car GPS Tracker

Rp 135 rb - 654 rb

GPS Tracker akan terhubung dengan smartphone ataupun laptop sehingga anda dapat memantau lokasi kendaraan anda setiap saat. Alat ini tidak hanya bermanfaat bila anda menyewakan atau meminjamkan kendaraan anda kepada orang lain saja, namun alat ini juga dapat dipakai untuk orang tua yang ingin memonitor posisi anaknya saat bepergian dengan kendaraan.

Car Air Purifier/Ionizer

Rp 80 rb - Rp 2,8 juta

Bau mobil yang tidak sedap memang membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Biasanya banyak pemilik mobil yang memasang pengharum kabin untuk menghilangkan bau yang tidak sedap itu. Namun sebetulnya bau yang tidak sedap itu dihasilkan oleh bakteri, kuman, bahkan partikel kimia yang berbahaya bila terhirup dalam jumlah banyak oleh manusia.

Dan pengharum ruangan tidak dapat menghilangkan semua itu. Itulah kini banyak dijual Car Air Purifier yang membuat udara kabin mobil lebih layak untuk dihirup. Car Air Purifier biasanya menggunakan kipas kecil yang akan mensirkulasikan udara di dalam interior melalui saringan kecil miliknya.

Ada juga Air Purifier yang sekaligus juga berfungsi sebagai ionizer untuk menangkap oksigen negatif. Ada juga yang sudah dilengkapi dengan layar indikator temperatur suhu kabin, kelembapan, hingga kualitas udara.

Tire Pressure Monitoring System

Rp 1,8 juta - Rp 2,5 juta

Berkendara dengan ban yang kempes sangat berbahaya. Bahkan sejak tahun 2007, pemerintah Amerika Serikat mewajibkan setiap mobil yang dijual di sana sudah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Pasalnya, tidak jarang terkadang ban terlihat baik-baik saja padahal sebetulnya tekanan anginnya sangat rendah dan dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan. Di Indonesia tak ada regulasi yang mengatur tentang TPMS ini, sehingga hanya beberapa mobil saja yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Namun kini telah hadir Tire Pressure Monitoring System aftermarket yang dijual secara umum mulai dari harga Rp 1,8 jutaan saja. Caranya pun mudah, cukup memasang sensor sebagai penutup pentil setiap ban, dan mencolokkan layar monitor digital pada soket lighter.