Membandingkan Head unit Mobil Pioneer vs Kenwood
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 3 of 3
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/646043
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Dua
    Location
    Serpong-tangerang
    Posts
    226
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 23 Hrs 49 Mins 56 Secs

    Membandingkan Head unit Mobil Pioneer vs Kenwood

    Membandingkan Head unit Mobil Pioneer vs Kenwood

    Sarat pengalaman dan inovasi, sebenarnya cukup sulit membandingkan kualitas produk audio mobil dari kedua pabrikan asal Jepang ini. Apalagi dengan banderol ekonomis yang disematkan pada produk-produknya, menjadikannya digandrungi para pecinta modifikasi audio.

    Namun setiap produk pasti memunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap pabrikan punya spesialisasi produksi yang berbeda antara satu dengan yang lain. Beberapa di antaranya terdapat pada poin-poin berikut.



    Sejarah
    Jika kita menilik dari sejarahnya, Pioneer lahir lebih awal, tepatnya pada tahun 1938. Sedangkan Kenwood baru berdiri 8 tahun kemudian.
    Sejak pertama kali didirikan, Pioneer memang berkonsentrasi pada produk-produk pengeras suara. Terbukti dengan pengembangan stereo speaker dan keberhasilan mereka dalam menciptakan komponen stereo audio mobil pertama di dunia.

    Sementara itu, Kenwood mengawali kiprahnya dengan memproduksi alat komunikasi radio untuk masyarakat. Baru pada akhir 70-an mereka mulai memperkenalkan produk audionya, yaitu power amplifier yang kemudian dikembangkan dalam bentuk head unit (HU) audio mobil.

    Kualitas Suara
    Berdasarkan pengamatan penulis dalam forum-forum modifikasi mobil di internet, cukup banyak pecinta audio yang lebih merekomendasikan head unit Kenwood. Salah satu alasannya adalah karena HU Kenwood mampu menghasilkan suara yang lebih jernih, dengan frekuensi bass, middle, dan treble yang seimbang.



    Berbeda dengan HU milik Pioneer, yang menonjol lewat bass-boost-nya. Keras dan mendentum, bagi penganut aliran SQL (Sound Quality Loud), barulah head unit ini menjadi pilihan yang tepat.

    Fitur
    Seperti produsen komponen elektronik pada umumnya, kedua pabrikan ini juga tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Dalam hal yang satu ini, Pioneer terbilang lebih unggul dari para pesaingnya.
    Pioneer punya pengalaman dan konsistensi. Berkecimpung dalam produksi pengeras suara, stereo amplifier, mesin pemutar CD, DVD, dan sebagainya. Contohnya pada Pioneer tipe DEH-X4650BT. HU ini dilengkapi dengan alat pemutar DVD dan musik mp3, yang bisa langsung dihubungkan dengan perangkat iPod yang kompatibel.

    Sistem pengoperasiannya pun cukup canggih dan mudah, yaitu menggunakan tampilan layar sentuh dan remote control. Tersedia fitur advance mode retriever untuk memperbaiki kualitas audio dari format mp3, serta equalizer. Ditambah lagi dengan sistem pencari frekuensi radio otomatis dan dapat menyimpan sendiri sesuai preferensi bawaan perangkat HU.

    Head unit Kenwood sempat unggul pada era keemasan tape deck. Tape deck produksi Kenwood dikenal memiliki fitur yang simpel dan user-friendly, serta mampu menghasilkan suara mendetail hanya dari sebuah kaset pita.
    Tapi zaman sudah berubah. Media pemutar musik berupa kaset pita telah digusur oleh penggunaan CD. Kenwood meluncurkan produk-produk HU yang memiliki fitur pemutar CD dan mp3 (minus DVD) pada tipe KDC-X7016. Koneksi Bluetooth dan iPhone tersedia dalam unit ini. Tampilannya lebih ringkas, hanya saja sistem operasinya tidak sebaik milik Pioneer di atas.

    Perbandingan Harga
    Disadari atau tidak, harga menjadi pertimbangan utama ketika akan mengganti perangkat audio mobil. Untuk rentang harga Rp 1 juta sampai Rp 2 juta-an, HU single din Pioneer seri DEH-X---- bisa Anda pertimbangkan. Fitur standarnya berupa CD player, mp3, mixtrax, dan kompatibel untuk iPod.
    Di rentang harga tersebut, Kenwood juga memiliki produk-produk seperti tipe KDC-U263A dan KDC-110u yang dilengkapi pemutar CD, Radio, dan USB mp3.

    Untuk seri 2 Din, kedua produsen ini juga memberikan banyak pilihan. Kenwood DDX-417BT, dan DDX-316 menampilkan layar sentuh selebar 6,2 inchi dan bisa terhubung dengan perangkat android Anda. Keduanya dibanderol seharga Rp2.955.000,00. Untuk DDX-316 harga dikisaran 2,6 jt an
    Sedangkan HU 2 Din Pioneer, yaitu AVH-195DVD, masih berada di kisaran angka Rp 2 juta-an. Sedangkan AVH-295BT dikisaran 2,9 JT an Fitur pemutar audionya lebih lengkap, mulai dari DVD hingga iPod. Harganya pun lebih murah dari pada produk sejenis milik pesaingnya.

    Dari beberapa perbandingan di atas, apakah Anda sudah bisa menarik kesimpulan, mana yang lebih baik antara Pioneer dan Kenwood? Pada akhirnya Anda hanya perlu mempertimbangkan bujet yang dimiliki untuk dapat memenuhi selera telinga Anda. Selamat memilih.

    Membandingkan Head Unit Pioneer vs Kenwood, kedua Produk tersebut sama baik kualitasnya, hanya beda Fitur. Pilih Head Unit untuk Mobil yang sesuai dengan selera musik Anda

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    [+61, +62, +1, +65]
    Posts
    2,034
    Power
    20 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 5 Days 13 Hrs 26 Mins 40 Secs
    menyimak

    Alpine, Nakamichi - Gladen - Mosconi - Domination - Focal Polyglass,Be - Crescendo Opus - CMC -PXA.H800 - Tchernov - HarmonicHarmony - Stinger

  4. #3
    Sersan Dua
    Location
    untuk saat ini di Ponorogo
    Posts
    225
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 22 Hrs 39 Mins 3 Secs
    Waduh blm pernah coba pioneer. Dan gak terlalu tertarik jg. Tp klo ada yg kasih gratis boleh buat koleksi. Hehehehehe. Sejauh ini dgn kenwood sgt puas lah, type terendah utk format bacaan dr usb bisa aca wav, yg carinya gak susah. Setahu saya malah fitur kenwood baru jauh lebiH unggul drpd pioneer. Suaranya jg natural sih, gak boost sana sini... harganya masuk akal,, value for every peny... cm opini aja lho...

 

 
Tekiro MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 2 users browsing this thread. (0 members and 2 guests)

Similar Threads

  1. BARU Banting Harga Head unit 2015 (Pioneer, Sony, Kenwood)
    By anto_rwj in forum Head Unit & Processor
    Replies: 4
    Last Post: 23rd January 2015, 10:20
  2. Mengenal Fitur Head unit mobil Kenwood DDX 6031BT
    By audiomobilbsd in forum Diskusi Head Unit & Processor
    Replies: 0
    Last Post: 23rd October 2014, 17:23
  3. WTS head unit seken JVC , PANASONIC , KENWOOD , PIONEER bersih2
    By chandra_suparman in forum Head Unit & Processor
    Replies: 24
    Last Post: 30th September 2012, 12:22
  4. JWL HEAD UNIT MOBIL harga murah,dilirik....
    By XLaudioworks in forum Head Unit & Processor
    Replies: 36
    Last Post: 5th September 2010, 07:54
  5. Replies: 19
    Last Post: 9th September 2009, 15:59
Back to top