Honda Malaysia secara resmi meluncurkan generasi kelima dari CR-V, dengan menawarkan empat varian, tiga di antaranya sudah dilengkapi dengan perangkat turbocharged dan satu masih naturally aspirated. Selain itu, Honda juga memberikan pilihan sistem penggerak dua (2WD) atau empat roda 4 (WD).
Semua varian turbocharged dibekali dengan mesin direct injection turbocharged VTEC berkapasitas 1,5 liter, sama seperti yang ada di Civic. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 193 ps pada 5.600 rpm dan torsi puncak 243 nm pada rentang 2.000 sampai 5.000 rpm, atau lebih kuat sekira 20 ps dan torsi 23 nm daripada Civic sedan.
Tenaga tersebut memungkinkan CR-V terbaru melaju dari 0-100 kilometer per jam hanya 8,8 detik untuk versi Turbo 2WD dan Turbo Premium 2WD. Sedangkan untuk varian Turbo 4WD 9,2 detik. Semua memiliki kecepatan tertinggi 200 km/jam.
Sedangkan versi nonturbo dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2 liter i-VTEC berpenggerak. Tenaga yang dihasilkan 154 ps pada 6.500 rpm dan torsi 189 nm pada 4.300 rpm. Akselerasinya dari 0-100 km/jam dapat diraih dengan waktu 11,3 detik dan kecepatan tertinggi 193 km/jam. Keempat varian ditawarkan dengan transmisi otomatis dengan CVT empat percepatan, menggantikan lima percepatan yang terdapat pada model sebelumnya.
Bila dibandingkan dengan Honda CR-V terbaru yang meluncur pada April di Indonesia, hanya mendapat sistem penggerak roda dua. Sementara pilihan mesinnya sama 1,5 liter turbo dan 2 liter.
Sport utility vehicle (SUV) asal Jepang ini memiliki panjang tubuh 4.584 milimeter, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.689 mm, serta jarak sumbu roda meningkat 40 mm dari yang sebelumnya 2.660 mm.
Honda Malaysia menyebut bahwa mobil baru ini menawarkan ruang kabin terbaik dan kapasitas bagasi terbaik di kelasnya. Kabinnya hanya bisa dihuni oleh lima penumpang, beda dengan CR-V di Indonesia yang menawarkan bangku baris ketiga sehingga bisa menampung lebih banyak lagi penumpang.
Menurut Honda Malaysia, sebagaimana dikutip dari Paultan, berdasarkan survei ke konsumen rata-rata mereka tidak melihat bangku baris ketiga sebagai pertimbangan utama, tapi lebih melihat ruang kabin yang lega serta fitur. Hal itulah yang memutuskan Honda tetap mempertahankan dua baris bangku saja.
Bicara harga, untuk varian terendah yaitu 1,5L Turbo 2WD dibanderol RM155.700 atau sekitar Rp 484 juta sampai RM167.700 atau (Rp 522 juta) untuk varian 1,5L Turbo Premium 2WD. Di pasar Indonesia sendiri, harganya mulai dari Rp 432 juta untuk bermesin 2.0 L, Rp 466 juta untuk 1.5 L Turbo, dan Rp 506 juta untuk 1.5 L Turbo Prestige. (Paultan, 13/7/2017)