Akhir tahun ini, kepolisian Dubai akan mengerahkan beberapa autonomous robot car untuk mengurangi pemakaian tenaga kerja manusia. Menurut laporan dari The Telegraph, robot kecil berpinggang tinggi yang dibuat oleh startup asal Singapura Otsaw Digital itu dinamakan O-R3. Robot ini ahli dalam melakukan patroli standard dan bagian pengawasan. Bahkan robot ini juga bisa menangkap penjahat.

Kepala polisi Dubai Major General Abdullah Khalifa Al Marri menegaskan keinginannya untuk bisa mengamankan jalan raya tanpa harus mengerahkan banyak personel polisi untuk patroli. Sekedar info saja, O-R3 ini tidak akan menggantikan polisi manusia, tapi sudah deprogram untuk patroli dan mengidentifikasi subjek atau objek mencurigakan menggunakan biometric scanner miliknya.





Robot ini bahkan juga bisa meluncurkan mini drone untuk mengejar orang yang dicurigai itu. Jika pilot program ini berjalan sesuai harapan, kepolisian Dubai berharap bisa menambah jumlah robot ini sampai mencapai pasukannya pada tahun 2030. Hal ini sungguh ironis karena polisi Dubai terkenal dengan supercarnya yang digunakan jadi mobil polisi.