Selain sebagai mobil front-wheel-drive tercepat di Nurburgring, Honda Civic Type R yang baru hadir secara eksklusif dengan transmisi manual enam percepatan. Meskipun kelihatannya seperti hadiah yang jelas bagi penggemar di mana-mana, ada alasan lain mengapa Honda memilih manual shifter ini.
Dalam sebuah wawancara dengan Australian Car Advice, Assistant Large Project Leader untuk powertrain Civic, Yuji Matsumochi, mengatakan bahwa keputusan untuk menggunakan transmisi manual standar tanpa menghadirkan opsi otomatis mengacu kepada bobot. Distribusi bobot saat ini untuk Civic berada pada 62.5 persen di as roda depan, dan 37.5 persen di belakang, sehingga transmisi dual clutch yang lebih berat hanya akan membuatnya lebih berat.
"Type R membutuhkan powertrain ringan karena ia merupakan mobil penggerak roda depan, dan membutuhkan sistem powertrain ringan," kata Matsumochi dalam wawancara. "Mesinnya sudah sedikit berat, jadi sisi transmisinya perlu lebih ringan."*
Tapi Matsumochi menegaskan, itu tidak selalu tentang bobot. "Lalu kami memutuskan hanya menggunakan transmisi 6 percepatan - dan transmisi ini sangat menyenangkan untuk dikendarai. Mudah dikendarai, namun terkadang sulit mengendalikan timing shift untuk performa maksimal, jadi kami menerapkan sistem revmatch," tutupnya. (motor1 6/7/2017)
![]()