BMW Motorrad sudah lama tidak mengalami masalah besar, tapi sepertinya motor mereka yang paling sukses memiliki beberapa masalah serius. Sebuah kampanye service besar-besaran telah dimulai untuk R 1200 GS karena batang shock depan bermasalah.



Recall di seluruh dunia ini mempengaruhi semua model BMW R 1200 GS dan R 1200 GS Adventure yang dibuat antara bulan November 2013 sampai Juni 2017, yang kira-kira diterjemahkan menjadi sekitar 150.000 unit sepeda motor.

Menurut buletin tersebut, BMW Motorrad mendapati bahwa tabung shock fixed dari model tersebut dapat mengalami kerusakan awal karena insiden yang tidak biasa dengan tekanan tinggi sesaat, dan pengguna tidak mengetahui kerusakan tersebut.

Stres tinggi seperti itu bisa terjadi saat mengemudi melewati jalan rusak yang cukup parah, jatuh atau saat berkendara melalui lubang yang dalam dengan kecepatan yang tidak sesuai. Kerusakan awal biasanya terlihat pada pelek depan, namun itu tidak selalu hadir.

Potensi kerusakan awal pada tabung shock depan mulai menunjukan dirinya melalui celah antara pipa, dan menekan seal atas. Untuk mengeceknya, karet grommet yang terpasang pada posisi ini harus ditekan.

Pemilik unit yang terkena dampak akan diberitahu oleh BMW Motorrad, dan semua dealer resmi akan melakukan pemeriksaan dan perbaikan komponen yang cacat. Seperti semua recall, perbaikan ini tidak dipungut biaya, dan semua pelanggan yang terkena dampak didorong untuk segera menghubungi dealer BMW Motorrad terdekat. (autoevolution 5/7/2017)