Produsen otomotif terkemuka dunia, Toyota, rupanya tak hanya menghabiskan dana riset untuk mobil semata, melainkan juga robot. Salah satu hasilnya, Toyota membuat robot asisten rumah tangga bernama Human Support Robot, atau biasa dipanggil HSR.



Robot ini diberikan kepada seorang veteran perang Amerika Serikat (AS). HSR ini mulai diperkenalkan pertama kali pada 30 Juni lalu di Daytona International Speedway, AS. Perkenalan robot canggih ini mengambil momentum seremoni jelang balapan NASCAR yang sangat kesohor di negara tersebut.

HSR sendiri akan diberikan kepada Romulo Camargo, veteran perang AS yang berkebutuhan khusus. Camargo, eks anggota Pasukan Khusus AS, lumpuh dari leher ke bawah saat terkena peluru di leher dalam perang Afghanistan tahun 2008.

Kisah Camargo memberi inspirasi, pasalnya, tim dokter memperkirakan ia tak bakal bisa hidup lama. Kalau pun bisa, ia butuh alat bantu pernapasan seumur hidup agar bisa bertahan.

Akan tetapi, Camargo membuktikan semua prediksi itu salah. Dia, bersama istrinya Gaby, bahkan mendirikan organisasi nirlaba bernama "Stay In Step" yang bertujuan memberikan perawatan plus rehabilitasi bagi orang-orang dengan cedera di area spinal cord. Organisasi non-profit ini juga menjadi awal kerja sama Camargo dengan Toyota.

Lebih lanjut, HSR mampu melakukan hal-hal mendasar seperti membukakan pintu dan mengambil barang. Robot tersebut juga dapat mengenali area sekitar, berbagai halang-rintang yang ada, serta 'majikannya'. Contohnya, bisa diperintahkan Camargo untuk mengambil gelas dan ia akan memberikannya pada 'sang tuan'.



Toyota memberikan HSR kepada Camargo untuk mengetahui reaksi dan kinerjanya di lingkungan sesungguhnya.
"Di Toyota, kami berkomitmen untuk memperkaya hidup manusia dengan memberikan mobilitas bagi semua, baik itu di jalanan maupun di ruang tamu rumah sendiri. Hal itu termasuk memberikan solusi teknologi bagi mereka yang memiliki keterbatasan gerak," papar Senior Manager of Technology and Human Support Toyota, Doug Moore. (Leftlanews, 4/7/2017)