Pabrikan Nissan kembali membocorkan kehadiran Nissan Leaf generasi terbaru tersebut. Model termutakhir dari mobil listrik ini bakal memiliki fitur swakemudi khas Nissan yaitu 'ProPilot'.



Sejak pertengahan Mei lalu, Nissan memang merilis informasi-informasi perihal Leaf secara bertahap. Bocoran pertama yang dipublikasikan oleh aliansi dari Renault dan Mitsubishi itu mengenai Leaf ialah bentuk lampu depannya yang lebih maskulin dan dinamis.

Kini, Nissan merilis gambar setir dan dasbor All-New Leaf, juga informasi soal keberadaan ProPilot pada mobil listrik pertama di dunia ini.

Sekadar mengingatkan, ProPilot merupakan fitur swakemudi hasil pengembangan Nissan yang pertama kali disematkan di All-New Serena untuk pasar Jepang. ProPilot mampu mengambil alih pengoperasian setir kemudi, akselerasi, dan pengereman mobil di satu lajur jalan.

Produsen kendaraan asal 'Negeri Sakura' ini berjanji, kemampuan ProPilot akan terus dikembangkan hingga nantinya bisa secara otomatis mengendalikan mobil di lebih dari satu lajur plus persimpangan jalan.

Adapun All-New dijadwalkan meluncur di Tokyo pada 6 September mendatang. Leaf teranyar akan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan generasi terdahulu, disertai bermacam pembaruan di berbagai aspek. (Paultan, 3/7/2017)