Nissan baru saja mengumumkan bahwa 7 model mereka yang paling populer di Amerika Serikat akan mendapatkan fitur Automatic Emergency Brake (AEB) sebagai bagian dari peralatan standar untuk model tahun 2018. 1 juta kendaraan yang diproyeksikan terjual di negara tersebut tahun depan akan mendapatkan keuntungan dari fitur ini, termasuk Rogue/Rogue Sport, Altima, Murano, Leaf, Pathfinder, Maxima, dan Sentra, kecuali untuk versi transmisi manual dan semua versi NISMO.



Menurut data dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang dikumpulkan dari survei tahun 2013, sepertiga dari semua kecelakaan yang dilaporkan secara resmi melibatkan tabrakan belakang. Badan tersebut percaya bahwa sistem seperti AEB dapat membantu mengurangi klaim asuransi sebanyak 35 persen.

Sistem yang sebelumnya dikenal sebagai forward emergency braking ini bekerja menggunakan teknologi radar untuk memantau jarak kendaraan dengan mobil di depannya. Pada awalnya, sinyal menandakan pengemudi bahwa sebuah tabrakan mungkin terjadi, memberikan peringatan dengan tampilan visual dan suara. Jika pengemudi gagal merespons, sistem AEB bisa mengakrifkan rem, membantu pengemudi untuk menghindari tabrakan atau mengurangi kecepatan benturan jika tidak dapat dihindari.

"Berita besar di sini adalah bahwa kami membuat AEB sebagai perlengkapan standar di semua kelas model terlaris kami," kata Michael Bunce, Vice President, Product Planning, Nissan North America. "Ketersediaan AEB ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk membantu mengurangi korban jiwa sekaligus mewujudkan visi komprehensif kami tentang Nissan Intelligent Mobility."

Sistem AEB sekarang juga tersedia untuk model X-Trail facelift untuk pasar Eropa, dimana ia ditawarkan bersama dengan Rear Cross Traffic Alert. SUV ini juga mendapatkan teknologi penggerak otonom ProPILOT versi terbaru, yang akan "mengendalikan kemudi, akselerasi, dan pengereman di satu jalur di jalan tol selama kemacetan lalu lintas yang padat dan saat menjelajah dalam kecepatan tinggi."

Menurut sebuah kesepakatan dari tahun 2015, 20 produsen mobil besar akan membuat sistem AEB sebagai peralatan standar pada hampir semua mobil baru di tanggal 1 September 2022. Volkswagen telah melengkapi semua van komersialnya dengan sistem tersebut. (motor1 9/6/2017)