Welcome to my thread !



Headlamp atau lampu utama mobil (biasa disebut juga lampu depan/ lampu sorot) memiliki manfaat yang sangat besar untuk menunjang keselamatan dalam mengendarai mobil terutama saat malam hari atau cuaca yang kurang bersahabat dengan pancaran cahaya yang memandu arah tujuan Anda berkendara. Tidak terkecuali pancaran sinar LED. Bukan sekadar menyinari, teknologi LED identik dengan tahan lama dan ramah lingkungan siap memandu Anda berkendara.

Era lampu LED mulai mewabah. Tidak sekadar menerangi area kabin semata, kini penggunaannya mulai diadopsi pada berbagai area. Kehadiran LED bukan sekadar pelengkap aksesori belaka. Terakhir, teknologi LED sudah diadopsi pada lampu depan (headlamp) mobil. Lebih jauh, penggunaan LED sudah lazim pada mobil-mobil standar pabrik.Seperti semua mobil Mercedes Benz terbaru, Bmw terbaru, Beberapa mobil terbaru Honda seperti New Accord, Jazz,City, CR-V, HR-V, beberapa dari Toyota seperti New Camry, Toyota Sienta, kemudian dari Mazda ada Mazda2, dan terakhir dari Suzuki ada Suzuki Ignis yang sudah dibekali teknologi LED sebagai lampu depan utama.

Untuk membahas lebih jauh, sebaiknya pengetahuan berkenaan dengan LED menjadi fokus perhatian. LED merupakan kepanjangan dari Light Emitting Diodes. LED merupakan jenis lampu dengan sumber cahaya semikonduktor yang berpendar tanpa gas dan filament.
Seperti diketahui lampu konvesional lainnya seperti halogen punya filament atau HID yang identik dengan energi gas. Sementara untuk LED justru tidak menggunakan keduanya, baik filament maupun gas sebagai energi.Wajar dari kalau awal perkembangan LED justru hadir dari sekadar pemanis alias aksesori belaka. Lampu LED digunakan untuk memberikan kesan artistik dan modern futuristik guna menunjang mahakarya modifikator.

[center]
Namun pelan tapi pasti, aplikasinya mulai mengalami perkembangan pesat. Tentu saja, diimbangi teknologi terkini dalam inovasi LED itu sendiri. Tidak terkecuali LED pada headlamp. Pada mobil premium, teknologi LED mulai diadopsi terutama transporter berasal dari Eropa seperti Audi, BMW, Mercedes Benz dan lainnya. Namun, perkembangan terakhir sejumlah pabrikan Jepang pun mulai melirik ketangguhan teknologi LED. Bahkan mobil tersebut sudah beredar di Indonesia.

Toyota Camry dan Honda Accord sudah mengadopsi teknologi LED pada pancaran sinar lampu depannya. Terakhir, mobil kompak dari Mazda2, dan Suzuki Ignis tidak ragu menggunakan LED sebagai daya tariknya.Selain itu, LED juga dikenal dengan antigetar saat beraksi. Inilah karakteristik LED secara global bila dibandingkan dengan lampu lainnya.

Oleh karena itu, selain desain dan settingan, tegangan sumber listrik kendaraan mesti stabil. Arus listrik alias voltase mobil harus dipastikan stabil. Tidak diharapkan terjadi lonjakan energi listrik kendaraan tidak teratur.

[quote]

Biasanya pada mobil tersebut tersedia peranti stabilisator. Fungsinya menjaga arus listrik berjalan stabil sekaligus menjaga performa LED secara umum.

[reference from google dan autobild]