Pelaksanaan Uji Kir Kendaraan Pribadi? Setuju atau Tidak
Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 32
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/644250
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Posts
    2,870
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Wks 5 Mins 24 Secs

    Pelaksanaan Uji Kir Kendaraan Pribadi? Setuju atau Tidak

    Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya sempat berkeinginan menerapkan uji kir tidak hanya kepada kendaraan angkutan, melainkan juga kendaraan pribadi. Langkah itu sendiri diagendakan berlaku sekira empat bulan mendatang.

    Namun, melalui Kementerian Perhubungan, pemerintah memastikan tidak akan menyelenggarakan uji kelayakan kendaraan atau kir bagi tiap kendaraan pribadi.



    "Tidak benar akan ada pemberlakuan uji kir kendaraan pribadi. Undang-undang (UU) belum mengatur itu," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J.A Barata, dalam keterangannya.

    Pihaknya sendiri tengah fokus untuk mencukupi fasilitas kir bagi kendaraan yang memang diwajibkan. Misalnya, bus, mobil barang, kereta gandengan, kereta tempelan, dan mobil penumpang umum (angkot, taksi, kendaraan sewa termasuk untuk taksi online).

    Untuk mencukupinya, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan swasta, dalam hal ini Agen Pemegang Merek (APM) operator angkutan tertentu yang telah ditunjuk beberapa waktu lalu menjadi Unit Penyelenggara Uji Berkala (UPUB) Swasta.

    Langkah itu diambil berdasarkan banyaknya jumlah kendaraan yang wajib uji kir. Terdapat enam juta kendaraan yang harus dilakukan uji berkala. Jumlah tersebut akan bertambah sekitar 600.000- 700.000 mobil setiap tahunnya. Sedangkan, balai pengujian berkala yang dimiliki pemerintab hanya berjumlah 400 unit.

    "Dengan telah melibatkan swasta sebagai pelaksana pengujian berkala, maka jumlah pengujian berkala dapat semakin memadai dan kualitas pengujian semakin meningkat, sehingga kendaraan yang diuji akan menjadi benar-benar laik jalan," kata dia.

    Mengenai wajib uji kendaraan bermotor, sedianya tertuang dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Tetapi, UU tersebut hanya mewajibkan uji berkala kepada kendaraan kategori tertentu, seperti kendaraan umum (angkutan umum dan barang, tidak kepada kendaraan pribadi.

    Dilain pihak, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebetulnya mendukung rencana itu. Rencana yang dilontarkan oleh Budi, menurut Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi sama seperti di negara maju, baik Asia maupun Eropa.

    "Begini, pemikiran Pak Menhub itu adalah, semua kendaraan berjalan di jalan raya. Bukan hanya di Indonesia, semua kendaraan di Singapura, di Belanda itu pribadi harus kir," kata dia.

    Menurutnya, akan sama bahaya dengan angkutan umum atau pribadi bagi para pengguna jalan raya jika tidak melalukan uji berkala kepada kendaraan pribadi. Walau kini pemerintah masih hanya mewajibkan untuk kategori kendaraan tertentu.

    "Tapi pemikiran harusnya pantes, nanti misal ribut rem truk blong, tapi nanti sedan blong ya bubar juga ya," ujarnya.

    Setuju atau tidak Modcomers jika peraturan itu dibuat ???

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    744
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 1 Day 16 Hrs 15 Mins 46 Secs
    GAK SETUJU!!!

    Jangan sentuh mobil pribadi... wong yang namanya angkutan umum dan transportasi umum pada gak bener semua... mobil box kantor yang notabene JAUHHHH lebih bagus daripada sebagian besar angkutan umm dan transportasi umum yang ada di Jakarta saja dipersulit untuk lulus uji KIR...

    kita sudah cukup bayar pajak kendaraan yang cukup tinggi... jangan di bebankan lagi atau disamakan dengan mereka dengan plat kuning...
    ABYSS | DLS | HELIX

    ALPINE | FOCAL | DLS

    AUDIO FOR SALE, PLEASE CLICK HERE

  4. #3
    Mayor
    Location
    Back to Mother City of Indonesia
    Posts
    4,022
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 1 Day 6 Hrs 54 Mins 40 Secs
    Kok kesel ya liat kelakuan Pemerintah jaman sekarang...

    Kerjaannya bikin rakyat resah aja...

  5. #4
    Mayor
    Location
    W211.01.046
    Posts
    3,121
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 6 Hrs 3 Mins 10 Secs
    Quote Originally Posted by mang.edan View Post
    Kok kesel ya liat kelakuan Pemerintah jaman sekarang...

    Kerjaannya bikin rakyat resah aja...
    Emang Edan ya mang edan jaman skr

  6. #5
    Sersan Satu
    Location
    Diatas Tanah Dibawah Langit
    Posts
    324
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 20 Mins 31 Secs
    setuju sih sebenarnya setuju setuju aja asalkan memang penggunaan nya benar (bagian ini yg agak skeptical). Jangan sampe nanti malah jadi sarang pungli. Mau kir malah sengaja di lama2in. kalau mau cepat bayar ekstra. wkwkwkw
    lagipula dulu bikin wajib uji emisi, begitu mobil udah rame2 pada uji emisi, eh dibatalin. Bikin kebijakan kok main2.

  7. #6
    Sersan Kepala
    Posts
    571
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 5 Days 10 Mins 21 Secs
    ngapainnn ???
    yg sering rem blong dan makan korban itu dibenerin dulu

  8. #7
    Prajurit
    Location
    Surabaya
    Posts
    15
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 20 Hrs 31 Mins
    Quote Originally Posted by 138 View Post
    GAK SETUJU!!!

    Jangan sentuh mobil pribadi... wong yang namanya angkutan umum dan transportasi umum pada gak bener semua... mobil box kantor yang notabene JAUHHHH lebih bagus daripada sebagian besar angkutan umm dan transportasi umum yang ada di Jakarta saja dipersulit untuk lulus uji KIR...

    kita sudah cukup bayar pajak kendaraan yang cukup tinggi... jangan di bebankan lagi atau disamakan dengan mereka dengan plat kuning...
    Setuju ama yang ini.. ngurusin angkutan umum dan barang aja berantakan mau ngurusin kendaraan pribadi.

  9. #8
    Kopral Satu
    Location
    Plat " BK "
    Posts
    86
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 4 Days 22 Hrs 38 Mins 22 Secs
    nyimaak

  10. #9
    Letnan Satu
    Location
    Kalimantan
    Posts
    1,691
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 14 Hrs 44 Mins 17 Secs
    Quote Originally Posted by 138 View Post
    GAK SETUJU!!!

    Jangan sentuh mobil pribadi... wong yang namanya angkutan umum dan transportasi umum pada gak bener semua... mobil box kantor yang notabene JAUHHHH lebih bagus daripada sebagian besar angkutan umm dan transportasi umum yang ada di Jakarta saja dipersulit untuk lulus uji KIR...

    kita sudah cukup bayar pajak kendaraan yang cukup tinggi... jangan di bebankan lagi atau disamakan dengan mereka dengan plat kuning...
    SETUJU gan !!!
    apakah kurang kerjaan ngurus mobil pribadi ? sudah lah infrastruktur jelek.........

  11. #10
    Prajurit
    Posts
    18
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 13 Hrs 37 Mins 12 Secs
    kalau KIR kend pribadi sebaiknya dijadi satukan dengan pembaruan STNK tahunan

    jadikan contoh Australia...KIR/uji kelayakan (RoadWorthy) hanya wajib dilakukan pada saat balik nama BPKB (Transaksi Jual Beli) untuk melindungi konsumen dari kecurangan kilometer mundur/kerusakan kendaraan

    Infrastruktur untuk KIR kendaraan angkutan saja masih minim...apalagi kendaraan pribadi...mau ngantri berapa lama coba?

    yang kyk begini nih yang bakal jadi lahan gambut buat aksi pungli/calo

    gak kebayang kalau punya kendaraan mewah tp ada embel2 sticker KIR

 

 
Page 1 of 4 1234 LastLast
GT Radial Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 52
    Last Post: 28th July 2014, 02:16
  2. Setuju atau Tidak atas kenaikan BBM?
    By kokoidola in forum Diskusi Otomotif Lain-Lainnya
    Replies: 7
    Last Post: 8th July 2013, 14:50
  3. BOLEH ATAU TIDAK
    By afen_ho in forum Diskusi Speaker
    Replies: 20
    Last Post: 29th July 2007, 11:26
  4. Xover pasif untuk FA3, sangat diperlukan atau tidak?
    By rejeki168 in forum Diskusi Crossover
    Replies: 1
    Last Post: 10th May 2007, 15:17
  5. Perlu atau tidak...??
    By cqiber in forum Diskusi Mesin
    Replies: 7
    Last Post: 30th May 2006, 15:59
Back to top