Hubungan asmara Mazda dengan mesin rotary mulai berjalan pada tahun 1967 silam dengan peluncuran Cosmo Sport yang ikonik (terjual di luar pasar Jepang sebagai 110S). Hanya 1.176 unit yang pernah dibuat, namun demikian, mobil sport tersebut merupakan batu loncatan utama untuk pengembangan mesin rotary.





Hampir 2 juta mobil bertenaga rotary dibangun oleh perusahaan Zoom-Zoom itu, dan yang terakhir adalah RX-8 Spirit R special edition yang diluncurkan pada akhir 2011 dan dijual secara eksklusif di Jepang.

Mesin rotary mungkin bisa kembali pada akhir dekade ini, karena Mazda telah memberikan banyak petunjuk untuk membawanya kembali. Seperti yang ditunjukkan oleh Motoring, edisi terbaru dari publikasi Zoom Zoom Mazda itu sendiri berbicara tentang ulang tahun ke-50 rotary engine dan mencakup paragraf menarik berikut ini:

"Dan ceritanya belum berakhir. Tanpa mesin rotary, mungkin tidak ada Mazda. Dan tanpa Mazda, mesin rotary pasti tidak akan berproduksi hampir 50 tahun."

Berita terbaru mengemukakan bahwa RX-Vision Concept yang menakjubkan bisa benar-benar berubah menjadi mobil produksi dan akan dijejalkan dengan mesin rotary generasi baru. Diharapkan kita bisa melihat wujud produksi mobil ini di tahun 2020, ketika Mazda akan merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Untuk memudahkan penantian, versi baru RX-Vision diduga akan diperkenalkan di pameran mobil besar tak lama lagi. (motor1 30/5/2017)