Tesla Model X sepertinya tidak akan terkenal karena kualitasnya, karena pemilik SUV listrik tersebut harus terbiasa dengan recall dari sang produsen. Recall sebelumnya dikeluarkan untuk mengatasi punggung kursi yang tidak aman dan pintu gullwing yang sangat keras kepala, menolak untuk dibuka atau ditutup.



Kini, Tesla telah mengeluarkan recall lain yang mempengaruhi 53.000 Model X dan Model S setelah menemukan masalah potensial dengan rem parkir. Secara khusus, Tesla mengatakan bahwa roda gigi kecil di rem parkir mungkin telah mengalami cacat produksi oleh pemasok pihak ketiga, Brembo.

Masalahnya mempengaruhi kendaraan yang dibangun antara Februari dan Oktober 2016. Jika roda gigi tersebut rusak, maka rem parkir tetap akan mencegah mobil bergerak, tapi kemudian ia akan terjebak dalam posisi ini. Tidak ada korban luka yang dilaporkan akibat masalah ini, namun pemilik kendaraan yang terkena dampak akan dihubungi melalui email dan surat tradisional dan disarankan untuk membawa mobil mereka ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan rem parkirnya.

"Kami tidak percaya bahwa masalah ini bisa menimbulkan kekhawatiran keselamatan bagi pelanggan kami, dan kami belum melihat adanya kecelakaan atau cedera yang terjadi padanya," kata Tesla dalam sebuah pernyataan di situsnya.

"Namun, agar lebih berhati-hati, kita akan secara proaktif mengganti bagian-bagian ini untuk memastikan tidak ada masalah yang muncul." Namun, Tesla percaya bahwa kurang dari lima persen kendaraan yang ditarik terpengaruh oleh masalah ini. Kendaraan yang terkena dampak akan diperbaiki secara gratis, tapi butuh waktu lama untuk menyelesaikannya, karena Tesla mengatakan bahwa mereka mungkin tidak ada memiliki semua komponen pengganti yang diperlukan sampai Oktober. Meskipun demikian, Tesla akan terus bekerja sama dengan Brembo. (carbuzz 24/4/2017)