[WTA] Masalah kaki-kaki Inova
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/643005
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Kepala
    Posts
    160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 49 Mins 49 Secs

    [WTA] Masalah kaki-kaki Inova

    misi om2 penghuni modcom

    mau tanya nih seputar permasalahan inova, semoga tidak salah tempat dan dianggap lancang hehehehe

    saya pakai inova v tahun 2005

    jadi ceritanya saya ganti ban 4 biji langsung karena sudah pada gundul, pasang ban, spooring, oke mantap pas di jalan dicoba, kebesokannya si steer tidak lurus saat dipakai, agak ke kanan gitu gan si stir, trus kadang agak bawa ke kanan, tapi kadang doank

    pas bawa beban agak berat sekitar berlima gitu dengan beban rata2 80 - 90kg, agak lebih narik kanan dan juga si stir makin mencong ke kanan..

    okelah ane coba ke bengkel ban tempat ganti ban untuk garansi spooring, setelah dispooring balik, tetep seperti itu..

    kemudian coba konsul ke orang yang kerja di bengkel ban tersebut, ada kemungkinan kaki2 ada berat sebelah katanya

    oke lah, disaranin ke marathon untuk dicek ( kebetulan ane di bandung dan disuruh ke bengkel kaki2 marathon, mungkin orang2 bandung mah pada tau lah ya )

    singkat cerita ane ke sana, dicoba sama koh yayang anak nya si ko aseng ( ternyata udah pensiun ya koh asengnya ), kata dia normal2 aja. Jelas normal karena sunyi senyap kaki2 mah ga ada bunyi sama sekali, saya ceritakan lagi apa yang saya alami oke lah jadinya dibongkar, beliau curiga tierod udah lemah

    singkat cerita si tierod ganti ori, long tierod service, ball joint service, link stabil masih bagus. pasang dan saya coba, wah enak nih, si stir juga ga liar kaya sebelumnya jadi makin tamblek.. lgsg spooring balik lagi ke langganan, sesudah di spooring malamnya pegi sama keluar ehhh taunya masih sama euy, bawa ke kanan, stir agak mencong kanan.. wah aneh nih saya pikir

    padahal diliat sokbreker semua ga ada yang bocor alias masih pada bagus

    nah yang saya tanyakan :

    1. apakah ada yang pernah mengalami kejadian serupa ?
    2. apakah mungkin per/sokbreker lemah sebelah ?
    3. apakah ada kegagalan pada ban baru yang saya beli ya ?

    any idea suhu2 ? saya sampe bingung sendiri ini

    makasih yang udah mau bantu

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kopral Kepala
    Posts
    195
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 7 Hrs 19 Mins 15 Secs
    Coba bantu ya:

    1. Feeling ane bilang problemnya kayaknya di spooringnya.

    2. Kalo pas spooring, tekanan angin sama semua (kalau saya 35psi). Pastikan steering mobil lurus, jangan percaya sama teknisi saja, pastiin sendiri setir lurus tuh di mana pasnya.

    3. Spek Innova camber depan kalau bisa mendekati nol, atau maksimal -0.5 derajat. Toe-in max +0.10 masing-masing, total +0.20. Casternya juga dicek, jgn sampai caster kanan dan kiri beda jauh.

    4. Cek camber dan toe belakang. Mestinya toenya mendekati nol, cambernya minus sedikit. Kalau toenya banyak plus atau minusnya, berarti ada problem di suspensi belakang.

    5. Kalau sudah dispooring dah di set, bilang sama teknisi coba mobil diundurin sedikit (gak usah jauh-jauh) dan setelah berhenti, setir digoyang lock-to-lock dengan mesin nyala supaya pompa powersteering bekerja. Lalu majukan mobil lagi dan pas ban depan sampai di lantai spooring, sekali lagi lock-to-lock, dan minta langsung dibaca lagi berapa toe dan cambernya.

    6. Kalau spooringnya dah bener, mestinya value camber, caster dan toenya tidak berubah.

    7. Kalau sudah seperti ini masih lari ke kanan, biasanya caster roda depan minta diubah sedikit supaya lebih mundur (jgn terlalu maju).

    8. Biasanya teknisi bakal males dan agak gak suka pas mobil dimaju mundurin dan dibelok-belokin, tapi tolong minta baik-baik dan kasih tips saja.

    Semoga berhasil.

  4. #3
    Kopral Kepala
    Posts
    160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 49 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by ultraflow View Post
    Coba bantu ya:

    1. Feeling ane bilang problemnya kayaknya di spooringnya.

    2. Kalo pas spooring, tekanan angin sama semua (kalau saya 35psi). Pastikan steering mobil lurus, jangan percaya sama teknisi saja, pastiin sendiri setir lurus tuh di mana pasnya.

    3. Spek Innova camber depan kalau bisa mendekati nol, atau maksimal -0.5 derajat. Toe-in max +0.10 masing-masing, total +0.20. Casternya juga dicek, jgn sampai caster kanan dan kiri beda jauh.

    4. Cek camber dan toe belakang. Mestinya toenya mendekati nol, cambernya minus sedikit. Kalau toenya banyak plus atau minusnya, berarti ada problem di suspensi belakang.

    5. Kalau sudah dispooring dah di set, bilang sama teknisi coba mobil diundurin sedikit (gak usah jauh-jauh) dan setelah berhenti, setir digoyang lock-to-lock dengan mesin nyala supaya pompa powersteering bekerja. Lalu majukan mobil lagi dan pas ban depan sampai di lantai spooring, sekali lagi lock-to-lock, dan minta langsung dibaca lagi berapa toe dan cambernya.

    6. Kalau spooringnya dah bener, mestinya value camber, caster dan toenya tidak berubah.

    7. Kalau sudah seperti ini masih lari ke kanan, biasanya caster roda depan minta diubah sedikit supaya lebih mundur (jgn terlalu maju).

    8. Biasanya teknisi bakal males dan agak gak suka pas mobil dimaju mundurin dan dibelok-belokin, tapi tolong minta baik-baik dan kasih tips saja.

    Semoga berhasil.
    makasih banyak udah dibantu untuk jawabannya

    wah ini terlalu teknis ya, enaknya nanti saya save dan saya coba bilang ke teknisi spooringnya, apa saya coba ke tempat lain aja ya jangan balik lagi ke orang ini ?

    kalo shockbreaker yang lemah sebelah apa mungkin juga ?

    nah ini lho, saat spooring di tempat ini belakang mah ga pernah dicek, karena di belakang gak ada stelan, mestinya belakang di cek aja ya jadi keliatan toe dan chamber dan bisa liat ada masalah pada shockbreker apa kagak

  5. #4
    Mayor
    Location
    W211.01.046
    Posts
    3,121
    Power
    32 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 5 Hrs 49 Mins 21 Secs
    Kejadiannya mirip nih di outlander ane juga bgitu,pdhal mobil baru umur 2 tahun beli baru. Kilometer juga baru 16ribuan.
    Bolak balik bengkel resmi gak nemu masalahnya,steering rack ampe diganti baru,ban baru,per shock baru garansi darj mitsubishi.
    Awalnya ane sporing di bengkel lain terus gejala bgitu malah muncul. Balik bengkel resmi belom nemu masalahnya. Abis dibenerin lurus,dipake sehari dua hari bgitu lagi narik ke kiri tapi kadang2. Kl ngebut di tol ampe jd limbung ke kiri.

  6. #5
    Kopral Kepala
    Posts
    195
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 7 Hrs 19 Mins 15 Secs
    Quote Originally Posted by Repsol08 View Post
    makasih banyak udah dibantu untuk jawabannya

    wah ini terlalu teknis ya, enaknya nanti saya save dan saya coba bilang ke teknisi spooringnya, apa saya coba ke tempat lain aja ya jangan balik lagi ke orang ini ?

    kalo shockbreaker yang lemah sebelah apa mungkin juga ?

    nah ini lho, saat spooring di tempat ini belakang mah ga pernah dicek, karena di belakang gak ada stelan, mestinya belakang di cek aja ya jadi keliatan toe dan chamber dan bisa liat ada masalah pada shockbreker apa kagak


    Print silakan.... shockbreaker lemah di Innova standard pasti ngayun kalo masuk lubang.

    Innova saya yang depan pas shocknya lemah dia ngayun-ngayun sampai penumpang ngeluh pusing. Setelah diganti jadi normal kembali (gak ngayun-ngayun kayak gempa bumi ~ agak lama dan buat pusing). Sekarang saya suspect shockbreaker belakang dah mulai lemah, karena kalau diisi aqua galon 5 buah, saya nyupir sendiri, kalo mobil lewat polisi tidur kadang bump stopnya kena (bottoming out). Dulu sepertinya tidak seperti itu.

    Yang depan ada satu bocor, yang satu lagi tidak bocor. Jadi shock gak bocor bukan berarti masih bagus.

    Kalau memang dah gregetan banget, pas Jakarta, silakan ke start tire pecenongan. Mahal memang, tapi biasanya beres.

  7. #6
    Kopral Kepala
    Posts
    160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 49 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by coyote ugly View Post
    Kejadiannya mirip nih di outlander ane juga bgitu,pdhal mobil baru umur 2 tahun beli baru. Kilometer juga baru 16ribuan.
    Bolak balik bengkel resmi gak nemu masalahnya,steering rack ampe diganti baru,ban baru,per shock baru garansi darj mitsubishi.
    Awalnya ane sporing di bengkel lain terus gejala bgitu malah muncul. Balik bengkel resmi belom nemu masalahnya. Abis dibenerin lurus,dipake sehari dua hari bgitu lagi narik ke kiri tapi kadang2. Kl ngebut di tol ampe jd limbung ke kiri.
    nah aneh ya hahaha, kalo yang ane sih umur udah lama.. km 95000

    kalo ente punya mah masih baru koq bisa keluar gejalan begituan ya

    bingung dah

    - - - - - - - - - -

    Quote Originally Posted by ultraflow View Post
    Print silakan.... shockbreaker lemah di Innova standard pasti ngayun kalo masuk lubang.

    Innova saya yang depan pas shocknya lemah dia ngayun-ngayun sampai penumpang ngeluh pusing. Setelah diganti jadi normal kembali (gak ngayun-ngayun kayak gempa bumi ~ agak lama dan buat pusing). Sekarang saya suspect shockbreaker belakang dah mulai lemah, karena kalau diisi aqua galon 5 buah, saya nyupir sendiri, kalo mobil lewat polisi tidur kadang bump stopnya kena (bottoming out). Dulu sepertinya tidak seperti itu.

    Yang depan ada satu bocor, yang satu lagi tidak bocor. Jadi shock gak bocor bukan berarti masih bagus.

    Kalau memang dah gregetan banget, pas Jakarta, silakan ke start tire pecenongan. Mahal memang, tapi biasanya beres.
    saya bandung sih kebetulan... ini km95000, saya udah pernah ganti shockbreker sepasang dengan kayaba, tapi lupa yang mana.. yang sepasang lagi masih bawaan dari beli baru ( gile ya keitung awet 95000 blm ganti yang sepasang lagi ) makanya saya ada curiga emang ini shokbreker mungkin ada yang gak beres. besok2 harus cek ke bengkel tempat ganti, mana yang diganti waktu itu dengan kayaba, saya pun sudah lupa. oh iya satu lagi, kadang2 ya, pas tutup pintu gitu khan si mobil agak geter tuh, agak goyang, nahhh ada bunyi ngik ngik kecil kaya suara jangkrik tapi bentaran, udah gitu ilang. buka pintu, coba tutup agak kenceng lagi, bunyi jangkrik keluar lagi. pernah merasakan juga ?

    limbung ya, jadi si stir kanan kiri sendiri gitu ?

    kayaba vs tokico vs ori si bos milih mana ?

  8. #7
    Sersan Satu
    Posts
    394
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 36 Mins 47 Secs
    Sama bro,
    Mobil saya Harrier, km 80rb ganti tie rod, long tie rod, ball joint dan link stabil baru... tes dijalan stir lurus jalannya lurus... karena pikir takut kemakan sebelah bannya jadi saya spooring eh rasanya koq lari ke kanan... balik spooring bsknya jd gitu? Rasanya jd kesal...

  9. #8
    Kopral Kepala
    Posts
    160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 49 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by iwanZ View Post
    Sama bro,
    Mobil saya Harrier, km 80rb ganti tie rod, long tie rod, ball joint dan link stabil baru... tes dijalan stir lurus jalannya lurus... karena pikir takut kemakan sebelah bannya jadi saya spooring eh rasanya koq lari ke kanan... balik spooring bsknya jd gitu? Rasanya jd kesal...
    bawa ke kanan juga ya, stirnya agak miring ke kanan gak bro ?

    ini keliatannya koq curiga yang spooring mobil kita yang ga bener ya, coba ganti bengkel bro, besok juga selasa atau rabu mau coba cari bengkel spooring yang beda, siapa tau beres.. kalo masih juga berarti harus coba trik bro ultraflow yang di atas, kalo masih juga berarti ganti sokbreker.. hahaha..

  10. #9
    Kopral Satu
    Location
    Bogor
    Posts
    86
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 9 Hrs 22 Mins 3 Secs
    Mungkin ga kalau kaliper rem yg sebelah kanan nempel dikit? Jadi ngebawa stir belok ke kanan trus

  11. #10
    Kopral Kepala
    Posts
    160
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 11 Hrs 49 Mins 49 Secs
    Quote Originally Posted by F4L View Post
    Mungkin ga kalau kaliper rem yg sebelah kanan nempel dikit? Jadi ngebawa stir belok ke kanan trus
    rem baru dibongkar bro sekalian ama kaki2.. dibubut piringan biar agak rata + ganti kanvas rem sekalian karena sudah tipis sekali

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
GT Radial NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTA : masalah Kaki belakang Harrier 2002
    By Roberto_Ardi in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 2
    Last Post: 16th October 2011, 11:46
  2. Masalah kaki-kaki
    By koa in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 2
    Last Post: 29th January 2009, 00:31
  3. [WTA] Bunyi di kaki Lancer GTi
    By xeviro in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 5
    Last Post: 10th December 2007, 02:32
  4. tanya masalah kaki-kaki
    By edytiono in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 2
    Last Post: 25th July 2007, 09:19
  5. [WTA] Kaki kaki soluna
    By sayasurya in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 16
    Last Post: 23rd May 2007, 13:04
Back to top