
Originally Posted by
ultraflow
Coba bantu ya:
1. Feeling ane bilang problemnya kayaknya di spooringnya.
2. Kalo pas spooring, tekanan angin sama semua (kalau saya 35psi). Pastikan steering mobil lurus, jangan percaya sama teknisi saja, pastiin sendiri setir lurus tuh di mana pasnya.
3. Spek Innova camber depan kalau bisa mendekati nol, atau maksimal -0.5 derajat. Toe-in max +0.10 masing-masing, total +0.20. Casternya juga dicek, jgn sampai caster kanan dan kiri beda jauh.
4. Cek camber dan toe belakang. Mestinya toenya mendekati nol, cambernya minus sedikit. Kalau toenya banyak plus atau minusnya, berarti ada problem di suspensi belakang.
5. Kalau sudah dispooring dah di set, bilang sama teknisi coba mobil diundurin sedikit (gak usah jauh-jauh) dan setelah berhenti, setir digoyang lock-to-lock dengan mesin nyala supaya pompa powersteering bekerja. Lalu majukan mobil lagi dan pas ban depan sampai di lantai spooring, sekali lagi lock-to-lock, dan minta langsung dibaca lagi berapa toe dan cambernya.
6. Kalau spooringnya dah bener, mestinya value camber, caster dan toenya tidak berubah.
7. Kalau sudah seperti ini masih lari ke kanan, biasanya caster roda depan minta diubah sedikit supaya lebih mundur (jgn terlalu maju).
8. Biasanya teknisi bakal males dan agak gak suka pas mobil dimaju mundurin dan dibelok-belokin, tapi tolong minta baik-baik dan kasih tips saja.
Semoga berhasil.