Dosen UI: Polisi Salahi Prosedur Dalam Razia Di Lubuklinggau
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/642957
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Posts
    2,870
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Wks 5 Mins 24 Secs

    Dosen UI: Polisi Salahi Prosedur Dalam Razia Di Lubuklinggau

    Aksi brutal aparat kepolisian yang menembaki mobil warga di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Selasa (10/4/2017), yang menewaskan satu penumpang dan turut melukai seorang balita, terus menuai kecaman.

    Terbaru, Akademisi Program Pascasarjana Kajian ilmu Kepolisian Universitas Indonesia Bambang Widodo Umar menyayangkan tindakan tersebut.



    Menurutnya, polisi cenderung terburu-buru mengambil keputusan dengan memberondong tembakan karena dugaan mobil tersebut melakukan pelanggaran hukum.

    "Kalau dilihat di Lubuklinggau itu, kan terlalu cepat dia (polisi) mengambil kesimpulan, apakah itu perampok atau bukan. Padahal itu orang mau menghadiri pesta pernikahan, kemudian ada pelanggaran lalu lintas, namun polisi terlalu reaktif sampai menembak," kata Bambang, Kamis (20/4) kemarin.

    Seharusnya, kata dia, polisi bisa menahan diri apabila dalam kondisi terancam. Penembakan terhadap mobil bernomor polisi BG 1488 ON tersebut, dilakukan saat Polres Lubuklinggau menggelar Operasi Cipta Kondisi.

    Polisi mengklaim, mobil itu dihujani tembakan karena ingin menambrak beberapa anggota polisi saat dihentikan.

    "Tidak boleh ditembak. Polisi itu boleh menembak, kalau jiwanya terancam. Kalau tidak terancam, ya tidak boleh dilawan. Kalau orang lari ya tidak boleh‎ dilawan," terangnya.

    Akibat tindak yang sangat reaktif itu, dia menganggap polisi telah menyalahi prosedur. "Betul, betul (ada kesalahan prosedur)," kata Bambang.

    Akibat insiden itu, satu korban bernama Surini (54) meninggal dunia dan lima lainnya mengalami luka-luka, termasuk seorang balita. Sebelumnya, Kapolda Sumsel Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto mengatkan telah memeriksa 11 orang terkait insiden razia berdarah tersebut.

    "Sudah 11 orang yang diperiksa," kata Agung.

    Menurutnya, dari belasan orang yang dimintai keterangan, salah satunya yakni anggota Polres Lubuklinggau berinisial Brigadir K yang diduga ikut terlibat dalam aksi penembakan tersebut.

    Meski telah menjalani pemeriksaan, status Brigadir K masih sebagai terperiksa. Pihaknya belum memutuskan status tersangka kepada yang bersangkutan karena masih menunggu gelar perkara.

    "Setelah diperiksa, dilakukan gelar perkara dan memutuskan status yang bersangkutan, lanjut proses hukum," tandasnya.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Location
    jakarta,jogja,cilacap bolak balik
    Posts
    2,768
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 2 Days 18 Hrs 54 Mins 57 Secs
    memang ndak sesuai SOP kok penembakannya.

  4. #3
    Letnan Dua
    Posts
    1,348
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 5 Hrs 41 Mins 45 Secs
    tembak balik aja biar fair

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    Surabaya AIC300
    Posts
    1,951
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Days 5 Hrs 20 Mins 52 Secs
    mau cari kesalahan awal ya salah sopirnya pas kabur udah mau nabrak 3 polisi, nyerempet mobil orang, pas kejar2an sampe 2kilo ditembakan peringatan 3x ke udara juga ga berhenti2. para penumpang juga udah nyuruh si sopir berenti tetep aja ga di gubris.
    di sisi lain si K juga salahnya kerena terburu2... apes deh si K, niat mau jadi pahlawan dikira mobil penjahat e.. malah bunuh orang ga salah.
    salahnya lagi, ternyata plat palsu dan sisopir ga punya sim.

  6. #5
    Sersan Dua
    Posts
    283
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Days 1 Hr 1 Min
    kalau pengamat ya gitu, cuma bisa banyak omong, begini salah begitu salah. coba sana praktek lapangan, ikut razia + nangkepin penjahat di lapangan.
    asal tau aja daerah situ lumayan rawan kejahatan. wajar polisi curiga ada mobil yg nerobos razia + hampir nabrak polisi.
    satu2nya kesalahan polisi adalah ternyata isi mobil bukan penjahat (meski perilaku pengemudi mobil udah mirip). coba kalau isinya ternyata beneran penjahat, dipuji2 + dapat penghargaan.

  7. #6
    Letnan Satu
    Posts
    1,789
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 2 Hrs 33 Mins 5 Secs
    Polisi yang arogan tuh, gak sesuai SOP.

  8. #7
    Kopral Dua
    Posts
    41
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 14 Mins 21 Secs
    Akhir akhirnya anak buah lagi yang jadi tumbal untuk 'nama baik'. Kalau dipikir pikir apakah aparat hampir ditabrak mobil itu jiwa nya tidak terancam? Lain ceritanya nih kalau ternyata yang ditembaki itu adalah benar benar orang/kelompok berbahaya. Dan itu yang harus diasumsikan jika situasi tidak terduga seperti ini sebelum mereka/dia membahayakan warga lainnya. Seharusnya warga sipil biasa yang melakukan pelanggaran 'kecil' seperti itu ketika dikejar dan diberi tembakan peringatan juga berhenti. Jika tidak, ya seperti ini konsekuensinya. Turut berduka cita atas kejadian ini.

  9. #8
    Mayor Jendral
    Posts
    19,585
    Power
    208 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 1 Wk 3 Days 16 Hrs 57 Mins 45 Secs
    benar salah urusan hakim bukan dosen

  10. #9
    Sersan Satu
    Location
    Karawang
    Posts
    333
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 56 Mins 5 Secs
    "CARI AMPLOP KO SAMPE SEGITU NYA.....GA ADA BEDANYA SAMA PENJAHAT BENERAN"

  11. #10
    Kapten
    Location
    Jakarta-Perth
    Posts
    2,688
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 11 Hrs 21 Mins 29 Secs
    cukup memprihatinkan...

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
MBtech Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 31
    Last Post: 8th March 2016, 14:06
  2. Fakta Terunik dalam Bahasa di Dunia
    By Faboy_jakarta in forum Lain-Lainnya
    Replies: 17
    Last Post: 13th February 2013, 19:37
  3. Replies: 26
    Last Post: 17th January 2013, 22:04
  4. Replies: 36
    Last Post: 11th January 2013, 12:00
  5. Replies: 5
    Last Post: 22nd April 2012, 21:58
Back to top