Ini merupakan langkah besar bagi perusahaan yang memiliki visi membangun mobil fully self driving



Menurut Reuters, Apple telah menerima izin pertama kalinya untuk menguji mobil self-driving pada jalan umum di California. Izin ini memungkinkan Apple untuk test drive tiga kendaraan yang telah didaftarkan yaitu SUV Lexus RX450h yang sudah dilengkapi dengan teknologi Otonom. Rencananya, teknologi otonom ini akan dikembangkannya bersama-sama dengan Bosch.



"Perusahaan ini melakukan investasi besar-besaran dalam studi pembelajaran mesin dan otomatisasi. Serta sangat bersemangat tentang potensi sistem otomatis di banyak daerah, termasuk transportasi,” ujar Direktur Produk Integritas Apple, Steve Kenner dalam surat yang dikirimnya kepada Reuters.



Sedangkan CEO Apple Tim Cook telah mengakui, perusahaan telah mempersiapkan mobil yang dapat bergerak hanya melalui integrasi iPhone di mobil dan berharap untuk menyaingi perusahaan teknologi lain seperti Google, Delphi, dan Uber. Serta pembuat mobil tradisional seperti Tesla, Ford, VW, dalam pertempuran otonom untuk masa depan sepenuhnya.



"Dieksekusi dengan baik dibawah bimbingan NHTSA, kendaraan otomatis ini memiliki potensi untuk lebih meningkatkan pengalaman manusia, mencegah jutaan kecelakaan mobil dan ribuan korban jiwa setiap tahun," kata Kenner.

Kembali pada bulan September tahun lalu, Apple dikabarkan melakukan "repositioned its focus” yang bergeser dari produksi mobil fully autononous menjadi hanya self-driving technology. Pergeseran ini menyebabkan lebih dari selusin karyawan terkena dampak PHK.(Motor1, 18/4/2017)