MODCOM, Yokohama – Nissan Motor Co., Ltd. baru-baru ini mendapat predikat merek ‘Nadeshiko’ oleh Bursa Efek Tokyo berkat upayanya mendukung perempuan di tempat kerja, yang hingga kini telah berhasil meningkatkan jumlah jajaran manajer perempuan di perusahaan.

Pengakuan ini merupakan yang kelima secara berturut-turut yang diterima Nissan Motor Co., Ltd. Di April 2016, tercatat 9,1% karyawan perempuan Nissan Jepang berada di level manajer, naik dari 1,6% pada tahun 2004; ketika itu, Nissan baru saja membuka Diversity Development Office. Rasio ini diperkirakan akan meningkat menjadi 10% pada April 2017.



Penghargaan ‘Nadeshiko’ berasal dari bunga yang melambangkan kekuatan dan pemberdayaan perempuan di Jepang.

Bursa Efek Tokyo menyebutkan, Nissan mempromosikan partisipasi aktif karyawan perempuan sebagai bagian dari strategi manajemen perusahaan. Upaya ini mencakup lokakarya pengembangan karir, pelatihan pengembangan keterampilan dan program mentoring bagi karyawan perempuan.

Sebagai pelopor reformasi lingkungan kerja di industri otomotif, Nissan juga membantu karyawan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan di kantor dan di rumah.



Pada tahun 2015, Nissan Motor Co., Ltd memulai program “Happy 8”, yang mendorong karyawan Nissan di Jepang untuk bekerja delapan jam sehari, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan karyawan dan kualitas waktu di tempat kerja ataupun di rumah. Lima ribu karyawan juga berpartisipasi dalam program Nissan “Work at Home” di tahun fiskal 2016 yang dicanangkan untuk karyawan non-pabrik. Jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai 6.000 karyawan pada tahun fiskal 2017.

Pada Februari, Nissan Motor Co., Ltd. juga turut serta dalam inisiatif “Happy Friday” di Jepang, yang mendorong semua karyawan non-pabrik untuk pulang pada pukul 3 sore di hari Jumat terakhir setiap bulan.