Selama hampir 30 tahun, Mazda telah memproduksi salah satu mobil sport terbaik di planet ini, The MX-5. Meskipun menggunakan resep yang sangat tua dalam dunia otomotif, Mazda tidak pernah membuang filosofi asli dan terus membangun mobil dengan penggerak roda belakang, atap convertible, mesin kecil dan dua kursi.
Oleh karena itu, cukup aman untuk mengatakan bahwa perusahaan Jepang tersebut telah benar-benar memahami rumus mobil sport dengan sempurna.
Dengan pemikiran ini, seorang desainer otomotif, Stefano Airoldi baru-baru ini memutuskan untuk membayangkan seperti apa wujud mobil sport single-seater jika Mazda memutuskan untuk membuatnya, yang ditujukan untuk menyaingi mobil seperti Ariel Atom, Caterham Seven dan BAC Mono.
Dibandingkan dengan MX-5, kendaraan yang disebut Mazda Formula Rotary eXperiment (FRX) ini secara signifikan lebih pendek, lebih rendah dan menggunakan carbon fiber honeycomb tub dan mesin 3 rotor yang dipasang ditengah.
Sesuai dengan etos ringan MX-5, mobil ini memiliki berbagai macam part carbon fiber yang berserakan di eksterior, termasuk pada cover mesin, splitter depan/bumper, fasia belakang dan diffuser. Seperti BAC Mono, pengemudi duduk tepat di tengah. Terlebih lagi, FRX bahkan memiliki flap aerodinamis di bagian depan dan belakang, sama seperti Pagani Huayra. (carscoops 4/4/2017)
![]()