Setelah rumor tentang produsen mobil terbesar di dunia - Volkswagen - dan produsen mobil terkemuka India - Tata - memasuki sebuah perjanjian, kedua perusahaan baru-baru ini mengumumkan dimulainya kolaborasi resmi mereka.



VW dan Tata Motors telah menandatangani nota kesepahaman (MoU), yang seharusnya akan menyediakan "kerjasama strategis jangka panjang dalam bidang yang sangat jelas." Kemitraan itu ditandatangani bersama oleh Matthias Müller, CEO Volkswagen AG, Bernhard Maier, CEO Skoda, dan Günther Butschek, CEO dan Managing Director Tata Motors.

Untuk VW Group, perusahaan pertama yang akan menerapkan kolaborasi ini adalah Skoda dan mereka akan memasuki daerah-daerah seperti "penerapan pengetahuan pasar tertentu serta keahlian lokal untuk pembangunan daerah" pada awalnya, diikuti dengan harapan bahwa mereka dapat "memperluas portofolio produknya di pasar yang tumbuh dengan cepat."

Volkswagen telah berjuang hingga saat ini untuk memperkenalkan merek entry-level yang akan duduk di bawah Skoda dan Seat dalam portofolio kelompok manufaktur otomotif terbesar di dunia. Mendapatkan akses ke Tata Advanced Modular Platform (AMP) baru akan menjadi awal yang baik untuk mencapai tujuan tersebut dengan biaya yang sangat rendah.

Untuk Tata, kemitraan ini akan berarti akses ke teknologi baru, yang dikembangkan oleh Volkswagen dan merek lain dari VAG. "Kami senang mengumumkan kerjasama potensial kita dengan Volkswagen Group dan Skoda," komentar Günter Butschek. (inautonews 14/3/2017)