Truk besar bisa menjadi jauh lebih bersih dalam waktu dekat jika Volvo Concept Truck akhirnya masuk ke dalam produksi. Dengan menggabungkan model D13 diesel 6 silinder segaris 12.8 liter dengan bantuan listrik, Volvo memperkirakan powertrain baru ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 gabungan sekitar 30 persen.





Setup hybrid mendapatkan energi untuk baterai saat berkendara menuruni bukit dan saat pengereman. Sistem manajemen I-See milik Volvo kemudian menggunakan data navigasi untuk merencanakan apa kombinasi pembakaran internal dan listrik yang paling efisien selama rute 5 Km berikutnya.

Volvo Concept Truck juga dapat melaju hingga 10 Km dalam mode listrik saja. Regenerasi energi juga memungkinkan mematikan mesin hingga sepertiga jarak jelajah, dan kemampuan ini saja diperkirakan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 5 sampai 10 persen.

Volvo pertama kali menunjukkan Concept Truck pada bulan Mei 2016. Selain sistem canggih, engineer perusahaan juga mengambil kesempatan untuk memperbarui aerodinamis dan rolling resistance model eksperimental ini.

"Beberapa dari perkembangan ini telah diperkenalkan ke truk kami, dan beberapa akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Powertrain hybrid sebagian didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman dari bus hybrid dan listrik milik Volvo Buses," ujar ke Othzn, Kepala Project Manager dari Volvo Trucks dalam siaran persnya. (motor1 1/3/2017)