Johnny Lieberman dari Motor Trend mencetuskan ide yang sangat menarik ketika sedang mengendarai Land Rover Range Rover Evoque Convertible bersama dengan Carlos Lago. Dia mengklaim kalo dalam proses evolusi mobil besar secara alami, SUV itu pasti akan kehilangan sisi convertiblenya.

Walaupun agak aneh juga memikirkan SUV sebagai convertible, tapi Jeep original, Land Rover Defender, Ford Bronco dan Chevrolet Blazer semuanya mempunyai fitur removable roof dan mempunyai varian topless sebagai salah satu pilihan modelnya.

Setelah itu pelanggan mulai melihat SUV sebagai perluasan ruang tamu mereka dibandingkan sebagai mesin serba guna. Mereka melakukan itu untuk bisa mendapatkan kenyamanan lebih ketika berada di outdoor. Tapi sebenernya masih tetep ada convertible SUV yang cukup bagus, diantaranya Jeep Wrangler yang paling popular.





Walaupun mobil itu tidak masuk hitungan sebagai convertible, tapi kenyataannya mobil ini memiliki fitur atap yang bisa dibuka dan beberapa hardware untuk menjelajahi medan outdoor. SUV seperti range Rover Evoque Convertible atau Nissan Murano Cross Cabriolet telah merubah trend otomotif dari kendaraan open top yang kasar menjadi mini SUV yang muat di lapangan parkir mall.

Untuk membuktikan hal itu, Lieberman dan Lagos sengaja menguji kemampuan Evoque Convertible ini melintasi jalanan di dalam kota, tempat alami SUV convertible. Walaupun penampilan mobil ini masih kurang cocok dengan SUV convertible biasa, tapi performancenya cukup menjanjikan.