Sepuluh juta adalah angka begitu besar, terlebih jika membicarakan hasil penjualan kendaraan, tapi itulah angka yang Toyota hadirkan kali ini. Produsen mobil Jepang tersebut telah memproduksi dan menjual banyak mobil dan pickup/truk baru setiap tahun selama empat tahun terakhir. Tapi sekarang, mereka mencapai titik yang berbeda.





Sampai dengan akhir bulan lalu, Toyota telah menjual total kumulatif lebih dari 10 juta kendaraan hybrid. Dari mereka, lebih dari 3 juta telah terjual di pasar Amerika Utara saja.

Untuk menempatkan angka-angka tersebut ke dalam perspektif kita, pertimbangkan bahwa Chevy telah menjual "hanya" 134.500 Volt (menjadikannya plug-in hybrid yang paling sukses di dunia), dan Nissan telah menjual lebih dari 230.000 Leaf (EV yang paling produktif di dunia).

Sementara itu, per Desember, Tesla telah menjual 158.159 unit Model S dan 25.524 unit Model X. Tambahkan sekitar 2.500 unit dari Tesla Roadster, jumlah totalnya datang ke lebih dari 186.000 - atau sekitar 50 kali lebih sedikit dari jumlah hybrid yang telah Toyota jual.

Toyota menawarkan 34 kendaraan hybrid secara global. Di Amerika Serikat saja, mereka menjual 4 model Prius bersama dengan versi hybrid dari Camry dan Avalon sedan serta Highlander dan RAV4 crossover. Lalu ada versi hybrid dari Lexus CT, ES, GS, NX, dan model RX - belum lagi LS yang saat ini sedang diganti. Apa yang Anda lihat ini adalah sebuah lineup kendaraan bensin-listrik besar, yang menyebar lebih luas daripada produsen lain dalam bisnis yang sama. (carscoops 16/2/2017)