Taukah anda apa itu “Product Recall” Pada Kendaraan?
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 4 of 4
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/640705
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    8
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    21 Hrs 40 Mins 39 Secs

    Taukah anda apa itu “Product Recall” Pada Kendaraan?

    Tujuan membeli produk adalah untuk melengkapi kebutuhan sehari – hari atau juga untuk mempermudah pekerjaan. Mendapatkan produk yang layak, aman dan tidak bermasalah untuk dikendarai adalah dambaan setiap konsumen dan pelaku usaha ketika memproduksi produknya yang selanjutnya akan dijual ke pasar. Namun tidak semua produk akan sempurna seperti yang didambakan pasti ada satu atau dua ditemukan cacat dan bermasalah sehingga dapat membahayakan keamanan dan keselamatan konsumen.



    Tak jarang orang masih belum mengerti apa itu Product recall. Product Recall atau yang juga bisa disebut dengan Recall Produk adalah kegiatan atau proses dari produsen atau pihak lain yang melakukan suatu langkah berani guna bertanggungjawab terhadap peredaran produk yang berupa pengambilan barang yang cacat dari konsumen dan sebagai gantinya akan memberikan konsumen kompensasi.

    Product recall ini tak jarang sekali terjadi di dunia otomotif, seperti terjadinya masalah keamanan atas cacat manufaktur pada produk yang bisa membahayakan pengguna kendaraan. Anda tak perlu khawatir dengan ini karena ini juga merupakan sebuah langkah komitmen pabrikan dalam memuaskan pelanggannya. Perlu anda ketahui bahwa sebelum produk diedarkan produk akan diuji, kegiatan pengujian ini tidak terjadi hanya di dalam pabrik, tetapi juga monitoring tetap dilaksanakan setelah produk beredar dan dipergunakan oleh konsumen. Dengan ini perusahaan dapat mencermati dan menganalisis dengan baik apa saja keluhan yang dirasakan oleh konsumen. Tak hanya mencermati dan menganalisis, namun juga ditindak lanjuti dan ditelusuri apa saja kemungkinan sebab – akibatnya. Dengan melakukan hal tersebut, tidak sampai ada korban atau kerugian kerugian lain yang lebih besar.

    Proses dari Product Recall ini sangat bervariasi tergantung pada undang-undang lokal (suatu negara: undang-undang perlindungan konsumen, undang-undang khusus yang mengatur perdagangan) dan penyebab product recall. Lamanya tidak hanya berjalan satu hari, satu minggu, atau satu bulan saja, ada juga yang berjalan selama setahun, bahkan lebih dari satu tahun tergantung banyaknya produk dan alasan recall tersebut.

    Salah satu contoh umum yang biasa terjadi adalah saat produsen mengeluarkan produk yang ternyata dapat membahayakan konsumen maka pihak perusahaan akan memberitahu kepada khalayak bahwa produk tersebut belum layak dan produsen akan meminta konsumen untuk mengembalikan ke perusahaan karena produk tersebut ada yang harus diperbaiki. Tak hanya itu perusahaan akan mengembalikan produknya kepada konsumen, namun ada juga yang memberi penggantian produk dengan yang baru.

    Ada beberapa istilah dalam product recall yang harus anda ketahui seperti defect minor dan major, minor merupakan cacat produk yang tidak dapat berakibat bahaya bagi konsumen. Sedangkan untuk defect major merupakan cacat produk yang dapat membahayakan konsumennya. Penanganan dari defect minor dan defect major ini pun berbeda – beda. Apabila minor dan jumlahnya tidak banyak, maka prosesnya akan lebih mudah, bisa hanya dengan diserahkan oleh main dealer untuk mengatasinya. Namun jika defect major, maka prosesnya lebih rumit karena akan melibatkan pabrik pusat.

    Recall product dapat ditanggapi dengan sikap positif ataupun negative seperti di bawah ini :

    - Pertama, sikap positif, dengan adanya sikap berani dari pelaku usaha merupakan nilai positif karena itu merupakan tanggung jawab kepada konsumen. Karena hal ini konsumen juga bisa lebih loyal dan perusahaan tetap bisa mempertahankan citranya terhadap produk.

    - Kedua, sikap negatif dapat memberikan citra dan image negatif. Namun hal ini kemungkinannya sangat kecil karena dengan begitu akan menunjukkan begitu baiknya pelaku usaha.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Prajurit
    Posts
    15
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 30 Mins 19 Secs
    klo bisa ya g usah ada recall2an, semoga pasar indo bebas dr produk2 yg tidak aman dan tidak layak

  4. #3
    Letnan Dua
    Posts
    1,253
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 17 Hrs 33 Mins 47 Secs
    gw bilang mending kena recall sih daripada waktu ke bengkel nanya kok rusak cuma dijawab "iya nih emang banyak yang komplen part ini rusak juga"

  5. #4
    Kapten
    Location
    jakarta-bekasi
    Posts
    2,046
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 6 Hrs 17 Mins 28 Secs
    Pasti orang maunya ga recall.
    Tp kl emg ada recall, atpm wajib ganti part yg bermasalah.

 

 
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 40
    Last Post: 24th November 2014, 06:52
  2. BARU Fix It Pro! Spidol Pembersih Goresan Pada Kendaraan Anda
    By arizogoo in forum Produk Perawatan Mobil
    Replies: 219
    Last Post: 16th June 2014, 08:41
  3. Replies: 171
    Last Post: 20th September 2012, 18:57
  4. apa itu cut frequensi pada speaker split dan sub?
    By si_culun in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 21
    Last Post: 4th March 2010, 22:24
  5. apa itu storing?
    By aoisora in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 26th October 2005, 07:27
Back to top