Apa Itu Camshaft Racing Dan Fungsi Di Dalam Mesin Mobil
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 5 of 5
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/640685
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Location
    Bantul
    Posts
    3
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 11 Mins 17 Secs

    Apa Itu Camshaft Racing Dan Fungsi Di Dalam Mesin Mobil

    Apa Itu Camshaft Racing Dan Fungsi Di Dalam Mesin Mobil - Jika ditanya apa yang membuat valve engine dapat terbuka dan tertutup maka jawabannya camshaft.

    Camshaft adalah peralatan yang digunakan pada engine berpiston guna mengatur bukaan valve. Terdiri dari batang silindrikal melintang sepanjang cam dari setiap valve berada. Valve akan terbuka karena dorongan camatau dengan mekanisme tertentu lainnya. Timing Hal yang penting dalam hal ini sebenarnya adalah korelasi gerak rotasi camshaft dengan gerak rotasi crankshaft.

    Valve penting untuk mengatur masukan campuran fluida baik ketika intake atau exhaust sehingga harus membuka dan menutup di saat yang tepat saat piston bergerak. Untuk alasan ini, camshaft dan crankshaftdihubungkan baik dengan mekanisme roda gigi, sabuk (timing belt)atau rantai (timing chain).

    Pada desain-desain kendaraan tertentu, camshaft juga berperan dalam distribusi dan pompa oli mesin dan bahan bakar. Pada suatu sistem injeksi bahan bakar baru-baru ini, cams berperan juga pada fuel injector. Pada two stroke engine, tiap valve terbuka setiap rotasi crankshaft. Camshaft berotasi dengan kecepatan yang sama dengan crankshaft. Sedangkan pada four stroke engine, valve terbuka dua kali setiap dua kali putaran crankshaft, satu kali pada saatintake dan yang lain saat exhaust. Dua rotasi penuh crankshaft untuk tiap putaran camshaft.



    Letak Camshaft Letak camshaft tergantung dari pengoperasiannya terhadap valve, secara langsung atau menggunakan mekanisme tambahan seperti batang pendorong dan rockers. Pada model operasi langsung membuka valve, camshaft berada di posisi atas dari silinder pembakaran. Pada gasoline engine saat ini, banyak digunakan sistemoverhead cam.

    Beberapa engine menggunakan satu camshaft yang dihubungkan dan untuk menggerakkan intake valve dan exhaust valve, yang sering kita sebut SOHC (Single Overhead Cam). Sedang beberapa engine yang lain menggunakan duacamshaft, satu dihubungkan ke intakevalve dan yang lain ke exhaust valve, yang kita sebut DOHC (Dual Overhead Cam). Mekanisme Lobe atau bagian yang menonjol dari camshaft memegang peranan penting dalam membuka dan menutupnya valve.

    Seiring pergerakan camshaft, lobe akan membuka dan menutup valve sesuai dengan pergerakan piston pada mekanisme intake danexhaust yang diperlukan. Mesin four stroke cycle. Pada keadaan “titik mati atas”, intake valve akan mulai membuka seiring keadaan piston yang bergerak ke bawah. Kemudian intake valvemenutup saat piston sudah mencapai posisi paling bawah. Piston kembali bergerak ke atas dan terjadi “pematikan” yang membuat piston terdorong ke bawah.

    Pada “titik mati bawah” ini, exhaust valve mulai membuka seiring pergerakan piston ke atas dan menutup saat piston sudah kembali ke posisinya yang paling atas. Mekanisme inilah yang harus diatasi oleh pergerakan camshaft yang disesuaikan dengan rotasicrankshaft. Semakin cepat mesin bekerja, semakin cepat pergerakan aliran fluida bahan bakar sedangkan kita menginginkan bahan bakar yang dimasukan ke dalam ruang pembakaran tetap banyak.

    Hal ini memerlukan waktu buka intake valve yang lebih lama. Untuk itu, kita memerlukan parameter valve lift atau angkatan katup dengan mendesain profil lobe pada camshaft.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kapten
    Location
    anfield
    Posts
    2,252
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 15 Hrs 32 Mins 50 Secs
    noken as ya..

  4. #3
    Letnan Dua
    Location
    Nagoya, Japan
    Posts
    1,027
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 8 Hrs 54 Mins 19 Secs
    Noken As


    dcsdcedcsed


    TRIBUANA CHANDRACA SATYA DHARMA - EKA WASTU BALADIKA - DWI DHARMA BHIRAWA YUDHA - CATUR KOTTAMAN WIRA NARACA BYUHA

  5. #4
    Prajurit
    Posts
    14
    Power
    -2 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 15 Mins 46 Secs
    masih dalam tahap belajar

  6. #5
    Prajurit
    Posts
    15
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 50 Mins 42 Secs
    gak dimotor gak dimobil fungsinya sama aja ya om hehe ,nice inpoh om

 

 
Venom 300x250 MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. apa perbedaan oli racing dan oli full sintetik biasa?
    By renoturbo in forum Diskusi Mesin
    Replies: 2
    Last Post: 24th June 2015, 21:07
  2. Inilah "Otak Dan Jiwa" Di Dalam Sebuah Koenigsegg
    By H_Inside in forum Berita Otomotif Mobil
    Replies: 31
    Last Post: 10th May 2013, 22:51
  3. KEJAMNYA AIR DI DALAM MESIN MERCEDES
    By d111ms in forum Mercedes-Benz
    Replies: 7
    Last Post: 26th February 2013, 23:26
  4. Antena radio di dalam kabin mobil
    By zaiko_dozahoragisu in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 12th June 2012, 17:46
  5. apa yg kmu lihat dan berkessan di hari ini ..
    By AndreBuana in forum Merk Lainnya
    Replies: 7
    Last Post: 10th December 2010, 15:05
Back to top