Baru beberapa hari yang lalu, terungkap kalo produksi Lamborghini Urus akan dimulai pada bulan April. Waktu debut resmi mobil ini masih belum diketahui. Geneva Motor Show dianggap ajang yang tepat untuk debut mobil ini, tapi sungguh mengejutkan ketika GTSpirit melaporkan kalo SUV terbaru ini akan menjalani debutnya di Shanghai Auto Show.

Situs itu memang tidak memberikan sumber beritanya itu, hanya menegaskan kalo mereka mempunyai sumber yang bisa dipercaya untuk info berharga ini. Sebelum debut resminya itu, Urus akan ditunjukkan pada customernya di event privat di Sant’Agata Bolognese, kota asal Lamborghini.



Walaupun Geneva terasa lokasi yang cocok buat kami, GTSpirit menunjukkan kalo Urus konsep menjalani debutnya di Beijing Auto Show 2012. Kembali ke China setelah 5 tahun terasa sangat pas. Waktunya juga pas, karena Shanghai Auto Show diadakan pada akhir April, sedangkan produksinya sudah dimulai pada bulan April.

China Auto Show memang bukan acara yang buruk, tapi mereka akan kehilangan prestise acara-acara besar Eropa dan sulit untuk berkompetisi dengan mobil-mobil yang diungkapkan pada acara auto show di Amerika.

Jika berita ini benar, maka acara ini akan mendapatkan publikasi yang sangat besar, dan mobil ini menjadi debut terbesar kedua setelah Volvo XC40 terbaru. XC40 sendiri memang dibuat berdasarkan CUV China jadi sangat wajar kalo melakukan debutnya di Shanghai.

Faktor lainnya yang harus diperhitungkan adalah besarnya pasar automotif di China. Mereka sangat lapar dengan mobil-mobil mewah, supercar dan SUV. Lamborghini sendiri telah memasang target dapat menjual Urus sebanyak 3.500 unit per tahun.