Inilah Tips Untuk Deteksi Kondisi Transmisi Matic Mobil Bekas
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Results 1 to 9 of 9
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/640328
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Posts
    7
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 4 Hrs 55 Mins 28 Secs

    Inilah Tips Untuk Deteksi Kondisi Transmisi Matic Mobil Bekas

    Mobil baru maupun bekas bertransmisi otomatis semakin populer di Tanah Air. Terutama kota besar yang lalu lintasnya padat. Namun banyak konsumen masih awam dengan kecanggihan spesifikasinya.

    Nah, Anda yang berniat membeli mobil bekas bertransmisi pintar ini tak usah ragu. Selain lebih nyaman, reaksi transmisi ini lebih cepat dari girboks manual, utamanya saat menyalip.

    Memang butuh ketelitian untuk memilih mobkas ini. Pada beberapa merek, sulit mengetahui kondisinya tanpa pembedahan atau analisa komputer.



    Berikut tips sederhana mengenali kondisi mobkas bertransmisi otomatis dengan bantuan indera penglihatan, pendengaran, penciuman dan sentuhan.

    Cek volume fluida Automatic Transmision Fluid (ATF)
    Posisikan shifter di P lalu nyalakan mesin dan parkir di tempat datar selama kurang lebih 1,5 menit. Cabut dipstick transmisi, bersihkan oli di batang pengukur lalu masukan kembali. Tarik dan perhatikan jejak olinya.

    Pada dipstick transmisi terdapat 2 batas oli: untuk keadaan panas dan dingin. Saat temperatur dingin, ketinggian oli harus mendekati batas atas parameter dingin. Begitu pun kala mesin panas, ada di batas atas tanda panas.

    Bila ternyata jumlah oli kurang, periksa lebih teliti apakah ada kebocoran dengan melongok ke kolong mobil. Hal ini bisa ditandai dengan adanya deposit oli di bagian transmisi. Bila iya, lupakan mobil itu.

    Cek kondisi fluida
    Perhatikan warna oli, yang normalnya harus transparan (umumnya ATF yang dijual berwarna merah). Walau sudah memudar, warna oli harus tetap transparan alias tembus pandang.

    Cium aromanya, bila terendus bau hangus atau terbakar, berarti harus segera diganti kecuali Anda berniat mengeluarkan biaya besar. Lap oli di dipstick dan perhatikan bekasnya. Normalnya tak ada partikel hitam, serpihan metal (gram) atau kotoran.

    Test drive
    Selain fluida, kesehatan mobkas otomatis bisa dibuktikan lewat test drive. Masukan tuas di P dan nyalakan mesin hingga putaran normal (temperatur kerja mesin). Setelah itu injak rem, oper tuas ke R (mundur).

    Normalnya, setelah delay pendek (tak lebih dari 0,8 detik), gigi akan masuk (engage) tanpa entakan keras. Lalu pindahkan tuas ke N, hingga posisinya bebas.

    Kemudian pindah ke tuas ke posisi D sambil masih menginjak rem. Setelah delay pendek yang sama, mobil akan melaju ke depan dengan halus tanpa entakan. Munculnya suara saat pengoperan gigi, berarti pertanda buruk. Delay lebih dari satu detik, juga menunjukkan ada masalah.

    Jalankan mobil. Saat mencapai kecepatan 50-60 km/jam, normalnya sudah terasa 2 kali perpindahan gigi dan pastikan tak ada suara kasar. Teruskan hingga kecepatan agak tinggi sambil perhatikan apakah ada suara kasar dari transmisi.

    Lakukan ini dalam suasana kabin mobil tenang, tanpa suara dari luar dan audio. Tujuannya agar suara transmisi tertangkap dengan baik oleh indera pendengaran Anda. Makin bagus bila dilakukan dalam kondisi beban variatif, hingga performa sebenarnya bisa teruji.

    Pada mobil keluaran di atas 1987, transmisi otomatis dilengkapi sistem overdrive untuk mengurangi putaran mesin saat kecepatan tinggi (sama seperti top gear pada transmisi manual). Pengoperasiannya lewat tombol pada tuas transmisi.

    Cara mengetesnya, aktifkan overdrive sambil melaju di kecepatan tinggi. Normalnya, saat aktif, gigi transmisi akan naik (upshift), hingga putaran mesin turun.

    Dengan kecepatan sama, matikan sistem ini, gigi pun akan turun (downshift) dan rpm naik, siap buat akselerasi. Overdrive idealnya dipakai hanya saat cruising, bukan untuk menyalip.

    Semua transmisi otomatis juga dilengkapi sistem kickdown. Sistem ini adalah pengganti gerakan downshift pada transmisi manual.

    Untuk mengetesnya, sambil mobil berjalan, tekan dalam pedal gas. Bila kondisinya sehat, transmisi akan melakukan downshift dan putaran mesin naik, sehingga bisa berakselerasi lebih panjang.

    Bila butuh tarikan panjang, bisa memaksa kickdown terus dengan menginjak pedal gas hingga upshifting-nya lebih lama. Misalnya operan gigi pada keadaan normal terjadi di 2.000 rpm, dengan kickdown pastinya lebih tinggi lagi.

    Inilah yang dimaksud respons matik yang cepat. Di transmisi manual, Anda harus menginjak kopling serta melakukan downshift untuk menyalip atau menambah tenaga, sedangkan di mobil matik, tinggal injak kickdown saja.

    Satu hal yang perlu dideteksi saat test drive adalah gejala kopling selip. Tandanya saat pedal gas diinjak (posisi D), putaran mesin naik tapi tak dibarengi laju mobil. Gejala serupa juga terjadi di transmisi manual bila koplingnya selip.

    Lakukan test drive jarak agak jauh agar mendapat simulasi panas siang hari plus kemacetan lalu-lintas yang sebenarnya. Hal ini berguna untuk agar mengetahui kinerja matik kala mesin mencapai panas ideal.

    Kerap ada transmisi otomatis tak sehat yang masih berfungsi normal saat kondisi dingin, namun loyo ketika panas. Setelah test drive, ulangi lagi pengecekan volume oli transmisi. Bila berkurang banyak, berarti ada kebocoran.

    Jika Anda berhasil mendapatkan mobkas matik dengan kondisi mesin dan transmisi yang bagus. Hampir pasti tak pernah memikirkan mengemudi mobil manual lagi. Faktanya konsumsi bbm mobil matik untuk dalam kota memang sedikit lebih boros, namun terbayar dengan kenyamanan serta kemudahan berkendara yang diberikan.

    Jangan salah ganti oli
    Selain spesifikasi oli yang sesuai rekomendasi, penggantian oli tranmsisi otomatis pun harus benar. Jangan hanya mengganti oli dengan membuka lubang pembuangan di dasar girboks. Karena sebagian besar oli masih berada di dalam transmisi.

    Kebanyakan, bengkel-bengkel umum sudah menggunakan mesin penguras, mirip mesin pencuci darah. Yang jelas, penggantian oli transmisi otomatis butuh jauh lebih banyak dari transmisi manual. Pastinya tak pernah kurang dari 5 liter, lantaran volumenya di dalam torque converter amatlah banyak. (detik)


  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Prajurit
    Posts
    6
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 1 Hr 23 Mins 19 Secs
    bukmak dulu gan..

  4. #3
    Kapten
    Posts
    2,001
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 5 Days 8 Hrs 54 Mins 30 Secs
    Wah tips bagus nih
    Ane baca dulu gan, kebetulan lagi nyari mobkas

  5. #4
    Kopral Kepala
    Location
    ciputat - batavia
    Posts
    180
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 9 Hrs 3 Mins 17 Secs
    Itu ilustrasinya pakai gambar matic dari mobil chevrolet zafira tahun 2000-2006

  6. #5
    Sersan Dua
    Posts
    234
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 18 Hrs 30 Mins 53 Secs
    ganti oil rutin yg jelas harus sesuai....

  7. #6
    Mayor
    Location
    Banten-Jakarta-Bandung
    Posts
    3,056
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 13 Hrs 27 Mins 42 Secs
    naiz info......

  8. #7
    Sersan Kepala
    Posts
    588
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 1 Day 5 Hrs 54 Mins 24 Secs
    info yang sangat berguna

  9. #8
    Prajurit
    Posts
    3
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 8 Hrs 38 Mins 14 Secs
    Mantab nih...nambah wawasan buat yg masih awam seperti saya...

  10. #9
    Prajurit
    Posts
    10
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    20 Hrs 7 Mins 48 Secs
    Nice share gan
    Kalau boleh ane tambahin, bawa aja ke bengkel Matic r BeRes .. minta di-scan, dengan persetujuan owner, agar kelihatan semua trouble yang ada di mobilnya.
    Atau, bisa minta tolong rekan dari komunitas mobil matic tertentu untuk 'hunting' mobilnya

 

 
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. BEKAS jual : oilcooler untuk mobil diesel!! bekas pajero sport
    By vikaruz in forum Engine & Parts
    Replies: 4
    Last Post: 30th September 2015, 22:02
  2. BEKAS WTS Resonator Khusus Mobil Matic
    By Leggera in forum Jual Beli Knalpot
    Replies: 1
    Last Post: 21st April 2015, 14:10
  3. BEKAS TRANSMISI MATIC BEKAS COPOTAN MERCEDES C-CLASS W202/C200
    By ogeekusuma in forum Engine & Parts
    Replies: 0
    Last Post: 19th September 2013, 21:54
  4. Boosting performance pada mobil matic transmisi?
    By alz in forum Diskusi Mesin
    Replies: 24
    Last Post: 24th November 2006, 07:35
  5. pengaruh piggyback di mobil matic trans.
    By revolute in forum Diskusi Mesin
    Replies: 13
    Last Post: 28th September 2006, 12:36
Back to top