Presiden Jokowi Pertanyakan Kenaikan Tarif STNK Tiga Kali Lipat

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 25
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/639181
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Posts
    2,821
    Power
    10 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 4 Days 4 Hrs 42 Mins 2 Secs

    Presiden Jokowi Pertanyakan Kenaikan Tarif STNK Tiga Kali Lipat

    Presiden Joko Widodo mempertanyakan kenaikkan signifikan pada tarif penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang mulai berlaku 6 januari mendatang. Menurut Jokowi kenaikan tarif hingga tiga kali lipat dianggap membebani masyarakat.



    Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution setelah menerima arahan dalam rapat Sidang Kabinet di Istana Bogor, Rabu (4/1) kemarin.

    "Tadi sebenarnya Presiden mengingatkan waktu di Bogor, kalau tarif PNBP untuk pelayanan masyarakat janganlah naik tinggi-tinggi," ujar Darmin ditemui di kantornya, Rabu (4/1) malam.

    Darmin menyampaikan, pada prinsipnya Jokowi menyebut pengenaan tarif tinggi untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dipungut oleh Kementerian dan Lembaga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan operasional. Namun Darmin mengatakan, penetapan tarif merupakan kewenangan Kementerian Keuangan sebagai perumus serta Polri sebagai pemungut tarif.

    Jikapun nanti tarifnya tetap naik, Mantan Dirjen Pajak itu berharap kenaikkan tarif tersebut benar-benar mencerminkan kondisi inflasi yang terjadi di Indonesia.

    Sebagai informasi, tarif PNBP yang dipungut oleh Polri tidak mengalami perubahan selama tujuh tahun. Hal ini yang memicu Kementerian Keuangan secara drastis mengerek tarif PNBP di lingkungan Polri meroket tajam.

    "Itu memang betul [sudah lama tidak diperbarui]. Tapi apakah harus langsung 300 persen?" tanya Darmin.

    "Kalau itu menyangkut pelayanan orang banyak tidak apa, kalau yang bukan ya enggak apa-apa juga asal hitung-hitungannya sudah betul," lanjutnya.

    Kenaikan tarif tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), tertanggal terbit 6 Desember 2016 dan berlaku 30 hari setelah diterbitkan,

    Tidak tanggung, kenaikan itu ada di kisaran tiga kali lipat dari tarif lama. Biaya penerbitan STNK roda dua dan roda tiga naik menjadi Rp100 ribu yang sebelumnya Rp50 ribu. Roda empat atau lebih dari sebelumnya Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu.

    Untuk pengesahan STNK, yang sebelumnya gratis, dengan disahkan PP ini maka akan berbayar Rp25 ribu untuk roda dua dan empat, dan Rp50 ribu bagi roda empat atau lebih.

    Pengurusan dan penerbitan BPKB mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Roda dua dan roda tiga yang sebelumnya ditarif sebesar Rp80 ribu, kini diwajibkan membayar Rp225 ribu dan roda empat atau lebih sebesar Rp375 ribu dari sebelumnya Rp100 ribu.

    Selain itu, biaya baru Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua dan roda tiga dari Rp30 ribu menjadi Rp60 ribu, dan Roda empat atau lebih dari Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu.

    Kenaikan tarif masih dikenakan pada tarif Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan untuk roda dua atau roda tiga dari Rp75 ribu menjadi Rp150 ribu, dan roda empat atau lebih dari Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.

    Tarif PNBP yang dikelola oleh Polri dengan aturan Kementerian keuangan ini tidak dikenakan pada Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK).

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    Teloletnya Si Om
    Posts
    1,367
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 10 Hrs 4 Mins 32 Secs
    Bisa jadi nanti banyaknya kendaraan-kendaraan bodong adalah dampak negatif dari kenaikan tarif ini

  4. #3
    Letnan Satu
    Posts
    1,789
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 2 Hrs 27 Mins 52 Secs
    Gaji naik 300% nggak ya ? ha...ha....

  5. #4
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta - Bogor
    Posts
    7,351
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 3 Days 3 Hrs 41 Mins 33 Secs
    Gaji pegawai negri naikin juga dong om..masa pajaknya naik gajinya ngga, trus mau bayar pake apa...

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    Jakarta
    Posts
    6,282
    Power
    18 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 5 Days 1 Hr 31 Mins 17 Secs
    Semoga gak jadi..... hehe OTR blm naik customer banyak yg ga mau nambah...... dealer yg pusing

  7. #6
    Sersan Mayor
    Posts
    995
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 6 Days 18 Hrs 53 Mins 6 Secs
    Quote Originally Posted by ranggauntara View Post
    Gaji pegawai negri naikin juga dong om..masa pajaknya naik gajinya ngga, trus mau bayar pake apa...
    gaji pns bukannya sudah tinggi.....rata-rata mampu buat bayar cicilan motor+mobil+rumah plus liburan akhir pekan

  8. #7
    Sersan Kepala
    Posts
    550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 3 Wks 6 Days 22 Hrs 11 Mins
    bisa gatau gitu ya? apa kejadianlagi i dont read what i sign

  9. #8
    Letnan Satu
    Location
    Surabaya AIC300
    Posts
    1,941
    Power
    15 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 21 Hrs 17 Mins 58 Secs
    Quote Originally Posted by ghazalah View Post
    gaji pns bukannya sudah tinggi.....rata-rata mampu buat bayar cicilan motor+mobil+rumah plus liburan akhir pekan
    hahaha betul....
    negri sih udah enak... yg kasian buruh2 pabrik tuh... apa2 naik, produksi jg pada naik trus penjualan menurun... yg ada di phk buruh2nya.

  10. #9
    Letnan Dua
    Posts
    1,176
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 10 Hrs 22 Mins 32 Secs
    ya neh bisa makin banyak kendaraan bodong yang ga bayar pajak

  11. #10
    Mayor Jendral
    Posts
    18,494
    Power
    203 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 6 Days 7 Hrs 21 Mins 25 Secs
    pak joko ini juga dah diskon pak tadi nya mau lima belas x ahir nya cuma tiga x n kita ini ga ambil untung pak dah mepet banget

    istri istri kita tiga mau di kasih apa pak

    ah pak ini nanya nanya

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
MBtech NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 24
    Last Post: 10th January 2017, 09:53
  2. Replies: 57
    Last Post: 21st November 2014, 13:44
  3. Kenaikan Tarif Tol per 11 Oktober 2013
    By RiaTredici in forum Politik
    Replies: 50
    Last Post: 28th October 2013, 21:56
  4. Replies: 62
    Last Post: 16th July 2013, 16:24
  5. Panggilan Itu Hanya Datang Tiga Kali
    By E200K in forum Automotive
    Replies: 8
    Last Post: 19th October 2008, 11:31
Back to top