The Automatic Transmission!
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 17
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/6375
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Location
    -classified-
    Posts
    60
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    The Automatic Transmission!

    Eh teman-teman bermobil dan berpengetahuan tentang mobil automatic, sharing dong tentang apapun yang berhubungan dengan mobil automatic.

    1. Mitosnya, matic itu gampang rusak haha padahal syukur alhamdulilah mobil matic gw sejak 1992 ga pernah ada kerusakan sekitar transmisi. Ini salah satu yang bikin harganya anjlok ya di pasaran?
    2. Mobil apa aja yang seri maticnya lebih kenceng (akselerasi/top speed) daripada manualnya?
    3. Ada tips-trik buat mobil matic gak?
    4. Ganti oli transmisi bagusnya setiap berapa km?
    5. Mobil gw ganti gigi ada suara hidrolik ngik ngik yg kesannya canggih gitu deh haha tapi kok belakangan ini agak keras ya suaranya, tapi seinget gw dari dulu juga ada suara ngiii nguu!
    6. Kenapa Kijang LGX gw lebih pinter milih giginya ya, kurang tenaga dikit dia turun ke gigi 2, lepas gas trus naik ke 3 lagi--kadang digas banyak pas baru jalan, sampe 4000 rpm juga blom ganti, harus dilepas dulu pedalnya biar tau, corolla gw pas nanjak aja dia malah naik ke gigi 2... trus 3.. (gak 4 sih) trus ngelitik.. jadi ya harus turun ke 2 sendiri.
    7. Eh Kijang LGX di engine brake ke L dari kecepatan 30 km/h halus yah, karena lebih modern ya? corolla great gw ada jedugnya gitu.
    8. Nyokap gw pernah pas mobil berhenti, gigi masih di D, trus dimatiin.. dulunya gw kira kaya manual gitu, giginya blom netral haha.. apa sih yang terjadi? pas mobil mati emang netral sendiri?
    9. Hmm kalo dipikir2 matic jarang mesinnya di putaran tinggi ya, kalau jalan juga langsung jalan ga kaya manual--kebanyakan di gas banyak trus dilepas koplingnya. Apa artinya mesinnya jadi lebih awet yah. ganti gigi aja seringnya di 2000 doang.

    Gw mo sharing gaya nyetir gw nih, nasehatin dong:
    1. Berhubung corolla gw ganti giginya kecepetan dan sekarang lagi pake bensin premium (ga ada tenaga) jadi seringkali kalau baru jalan gigi 2 nya dihabiskan sampai ke.. biasanya 40 km/h padahal normalnya dengan injekkan pedal yang biasa, 20 sudah ganti (kalau agak2 dibejek emang sampe 30 pun juga blom ganti). u know lah 20 km/h pake gigi 3 ngelitik terus.
    2. Pas ada tikungan tajam di jalanan yang agak luas, jalan di 50-60 km/h, gw pindah gigi ke 2 dan sambil ngerem sampai 30 trus belok, jadi pas udah belok, digas lagi ga ngelitik.
    3. Mirip no.2, pas lagi lurus di jalan raya, 60 km/h kalo ada mobil nyebrang kan ngerem, kira2 sampe 30 km/h, pas mobilnya udah lewat, digas lagi dia ngelitik (ga turun ke 2 kek gitu kaya kijang), jadi gw turunin ke 2.
    4. Kadang kalo lagi mau kenceng gw pake gigi 2 sampe 60 km/h.
    5. Kalau lampu merah atau mau nurunin orang, dsb, gw langsung ganti ke N pas udah bener2 berhenti, kecuali kalau cuma sebentar banget, gw tahan aja. Tapi seringkali liat orang lain nahan rem terus, 1 menitan ada tuh, abis itu baru pindah N.
    6. Gw pernah iseng pas di jalan basah, mobil lagi berhenti, gw rem tangan sambil gigi D trus digas, haha mau sok ngespin gitu. Trus pernah mau iseng gitu lagi, tapi ga ngespin, malah brebet2, mungkin jalanannya kurang licin kali ya. haha parah.

    thanks atas perhatiannya.

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    1,271
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 1 Hr 32 Mins 20 Secs

    Re: The Automatic Transmission!

    1. Mitosnya, matic itu gampang rusak haha padahal syukur alhamdulilah mobil matic gw sejak 1992 ga pernah ada kerusakan sekitar transmisi. Ini salah satu yang bikin harganya anjlok ya di pasaran?
    >> ga juga koq, tergantung perawatannya aja

    2. Mobil apa aja yang seri maticnya lebih kenceng (akselerasi/top speed) daripada manualnya?
    >> vw golf GTi..

    3. Ada tips-trik buat mobil matic gak?
    >> ya ganti ATF sesuai pd rekomendasi pabrik, lebih awal lebih baik, trus.. jangan sekali2 neutral drop/bomb.. alias pas gigi masih di N, digeber2 trus pindah ke D.. wah bisa meledak tuh torque converter. Klo mo pindah N-D-R harus pas mesin idle

    4. Ganti oli transmisi bagusnya setiap berapa km?
    >> klo gw sih tiap 40 ribu km

    5. Mobil gw ganti gigi ada suara hidrolik ngik ngik yg kesannya canggih gitu deh haha tapi kok belakangan ini agak keras ya suaranya, tapi seinget gw dari dulu juga ada suara ngiii nguu!
    >> wa klo ini gw ga tau deh, mobil a/t yg gw cobain ga ada bunyi2 aneh..

    6. Kenapa Kijang LGX gw lebih pinter milih giginya ya, kurang tenaga dikit dia turun ke gigi 2, lepas gas trus naik ke 3 lagi--kadang digas banyak pas baru jalan, sampe 4000 rpm juga blom ganti, harus dilepas dulu pedalnya biar tau, corolla gw pas nanjak aja dia malah naik ke gigi 2... trus 3.. (gak 4 sih) trus ngelitik.. jadi ya harus turun ke 2 sendiri.
    >> mungkin transmisi a/t kijang dah lebih pinter?? (gw jg kaget koq kijang lebih pinter) hehehe

    7. Eh Kijang LGX di engine brake ke L dari kecepatan 30 km/h halus yah, karena lebih modern ya? corolla great gw ada jedugnya gitu.
    >> bisa jadi..

    8. Nyokap gw pernah pas mobil berhenti, gigi masih di D, trus dimatiin.. dulunya gw kira kaya manual gitu, giginya blom netral haha.. apa sih yang terjadi? pas mobil mati emang netral sendiri?
    >> kan torque converter itu bekerja pake tekanan oli/hydraulic pressure, pas mesin mati otomatis tekanannya ilang.. ya otomatis torque converternya disengaged/netral.

    9. Hmm kalo dipikir2 matic jarang mesinnya di putaran tinggi ya, kalau jalan juga langsung jalan ga kaya manual--kebanyakan di gas banyak trus dilepas koplingnya. Apa artinya mesinnya jadi lebih awet yah. ganti gigi aja seringnya di 2000 doang.
    >> menurut gw sih sama aja.. asal mesin di rawat ajah en makenya alus..

    Gw mo sharing gaya nyetir gw nih, nasehatin dong:
    1. Berhubung corolla gw ganti giginya kecepetan dan sekarang lagi pake bensin premium (ga ada tenaga) jadi seringkali kalau baru jalan gigi 2 nya dihabiskan sampai ke.. biasanya 40 km/h padahal normalnya dengan injekkan pedal yang biasa, 20 sudah ganti (kalau agak2 dibejek emang sampe 30 pun juga blom ganti). u know lah 20 km/h pake gigi 3 ngelitik terus.
    >> dulu bgt gw pernah pake greco, tp m/t sih.. pake premium masih enak2 aja koq.. mungkin mesinnya butuh penyegaran? tune up? skir klep? pnp sekalian? hehehe

    2. Pas ada tikungan tajam di jalanan yang agak luas, jalan di 50-60 km/h, gw pindah gigi ke 2 dan sambil ngerem sampai 30 trus belok, jadi pas udah belok, digas lagi ga ngelitik.
    >> hrsnya ga knp2..
    3. Mirip no.2, pas lagi lurus di jalan raya, 60 km/h kalo ada mobil nyebrang kan ngerem, kira2 sampe 30 km/h, pas mobilnya udah lewat, digas lagi dia ngelitik (ga turun ke 2 kek gitu kaya kijang), jadi gw turunin ke 2.
    >> wah a/t nya dodol bgt yah.. masa smp ngelitik dia ga ganti gigi.. yah boleh2 aja ganti.. asal gantinya ga extreme aja.. hihihi. .misalnya lari 100 trus pindah ke L

    4. Kadang kalo lagi mau kenceng gw pake gigi 2 sampe 60 km/h.
    >> masih dibawah redline kan? hrsnya sih gpp.. gw jg pake mobil a/t klo gw lg pengen ngebut2 di tol gw pake gigi 3 doang.. sampe 190kph.

    5. Kalau lampu merah atau mau nurunin orang, dsb, gw langsung ganti ke N pas udah bener2 berhenti, kecuali kalau cuma sebentar banget, gw tahan aja. Tapi seringkali liat orang lain nahan rem terus, 1 menitan ada tuh, abis itu baru pindah N.
    >> klo berentinya lama sih gpp pindah ke N, tp klo cuman 5-10 detik gonta ganti terus.. gw denger2 bisa bikin transmisi cepet rusak tuh?

    6. Gw pernah iseng pas di jalan basah, mobil lagi berhenti, gw rem tangan sambil gigi D trus digas, haha mau sok ngespin gitu. Trus pernah mau iseng gitu lagi, tapi ga ngespin, malah brebet2, mungkin jalanannya kurang licin kali ya. haha parah.
    >> hihihi.. mesinnya kurang bertenaga.. tp jgn sering2 jg kali ya.. itu kan jg naro beban di torque converternya.. gw jg kadang2 suka spin bannya, tp ga sengaja. Biasanya klo abis gerbang tol, trus pas baru jalan klo gw gas diatas 70%, pas di setelah gerbang ada genangan air.. pasti spin2 deh.. pdhl ban gw masih tebel.. aneh..


    thanks atas perhatiannya.

  4. #3
    Kopral Satu
    Location
    -classified-
    Posts
    60
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    6. Gw pernah iseng pas di jalan basah, mobil lagi berhenti, gw rem tangan sambil gigi D trus digas, haha mau sok ngespin gitu. Trus pernah mau iseng gitu lagi, tapi ga ngespin, malah brebet2, mungkin jalanannya kurang licin kali ya. haha parah.
    >> hihihi.. mesinnya kurang bertenaga.. tp jgn sering2 jg kali ya.. itu kan jg naro beban di torque converternya.. gw jg kadang2 suka spin bannya, tp ga sengaja. Biasanya klo abis gerbang tol, trus pas baru jalan klo gw gas diatas 70%, pas di setelah gerbang ada genangan air.. pasti spin2 deh.. pdhl ban gw masih tebel.. aneh..

    eh bukan kurang bertenaga, maksud gw, dulu pas garasi basah iseng2 ngespin2 gitu (mumpung ga ketauan ortu), tapi pernah mau nunjukkin ke kk gw (nyalain keran dulu, basahin dulu) ehh ga ngespin, kayanya kurang basah yah =p

    beban di torque converter itu berupa apa? perlawanan ke tekanan hidrolik? kalau manual bebannya di gesekan kopling kan? torque converter setau gw terpisah dari transmisi ya?

  5. #4
    Letnan Dua
    Location
    --
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    20 Hrs 28 Mins 17 Secs
    bosss kalo mao ngespin gt ke ta aja ato parkiran senayan gt licin... spin aja dsana bos tapi cari tempat yg sepi yah... n jgn terlalu extreme... we do it just for fun

  6. #5
    Letnan Dua
    Location
    --
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    20 Hrs 28 Mins 17 Secs
    bosss kalo mao ngespin gt ke ta aja ato parkiran senayan gt licin... spin aja dsana bos tapi cari tempat yg sepi yah... n jgn terlalu extreme... we do it just for fun

  7. #6
    Letnan Dua
    Location
    --
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    20 Hrs 28 Mins 17 Secs
    bosss kalo mao ngespin gt ke ta aja ato parkiran senayan gt licin... spin aja dsana bos tapi cari tempat yg sepi yah... n jgn terlalu extreme... we do it just for fun

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    --
    Posts
    1,442
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    20 Hrs 28 Mins 17 Secs
    bosss kalo mao ngespin gt ke ta aja ato parkiran senayan gt licin... spin aja dsana bos tapi cari tempat yg sepi yah... n jgn terlalu extreme... we do it just for fun

  9. #8
    Kopral Satu
    Location
    -classified-
    Posts
    60
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    iya iya oke gw ngerti kok hehe .. thanks, thanks, thanks =D (abis messagenya 3 kali sih) just kidding

  10. #9
    Mayor
    Location
    bdg
    Posts
    3,762
    Power
    10 
    M-Store Point
    1
    Online
    1 Mth 1 Wk 1 Day 18 Hrs 2 Mins 11 Secs
    wah2 om tesna rajin skale tiap pertanyaan dijawab baek2 ahahah...cm mo nambahin yg gaya nyetir no 1 kayanya gara2 perbedaan rasio tiap gigi gt hehehe

  11. #10
    genkai
    Guest
    Quote Originally Posted by EgaFX
    iya iya oke gw ngerti kok hehe .. thanks, thanks, thanks =D (abis messagenya 3 kali sih) just kidding
    iya bayak amat 3 eh 4 kali

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Venom 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Help: about Automatic Transmission
    By edra.putra in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 1st April 2011, 22:55
  2. WTB : Automatic transmission for.....
    By Volksrod in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 17th December 2010, 13:00
  3. WTS:Mercedes Benz 230 E th '86 Automatic Transmission
    By rondhul in forum Mercedes-Benz
    Replies: 49
    Last Post: 7th December 2010, 08:24
  4. [ W T S ] Automatic Oil Transmission Cooler
    By Jagong in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 90
    Last Post: 28th September 2010, 23:16
Back to top