[WTA] Bedanya Supercharger sama Turbocharger
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 49
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/6372
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Kolonel
    Location
    Karawaci, Pluit, Di telapak kaki ibuuuuu
    Posts
    6,203
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 32 Mins 24 Secs

    [WTA] Bedanya Supercharger sama Turbocharger

    sorry neh kalo dah pernah ada threadnya.. tp gw bingung bedanya supercharger n turbocharger... trus knp kalo turbocharge itu bisa pake Blowoff, sedangakan kalo supercharge gak bisa pake blow off.. thx all mbah mbah mesin di modcom.. hehehe..

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kopral Satu
    Posts
    58
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Klo scr sederhana c bedanya supercharger pk udara bersih n tubocharger pk gas sisa pembakaran bwt muter turbinnya.
    Tp selaen itu:
    - SC lbh membebani kerja mesin dibading turbo krn SC digerakkan oleh crankshaft.
    - SC sdh bekerja mulai dari putaran bwh sedangkan turbo mulai bekerja di putaran atas [high rev]. tp tergantung jg nyetingnya d rpm brp.

    Xorry klo ad yg slh n msh krg.. Maklumlah msh noobs! he2..

    Mohon pnjlsnny dr yg lain.

  4. #3
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    kalo mau sc saran lepas smua ac biar mesin gak terbeban 2 x huehue j/k

    thx

  5. #4
    Sersan Dua
    Posts
    205
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 7 Hrs 15 Mins 57 Secs
    Supercharger 'n Turbocharge sama sama ibarat kipas buat nyedot udara dan memberi tekanan udara lebih padat untuk pembakaran... bedanya...

    Supercharger: kipas ini digerakkan oleh putaran mesin, maka orang bilang membebani mesin.

    Turbocharger: kipas digerakan oleh gas buang pembakaran, simpelnya ditiup oleh asap knalpot trus kipasnya muter. maka ini perlu rpm tinggi dimana kipas berputar makin kencang dan baru ada tekanan... jadi turbocharger ada yg namanya turbo lag, karena harus masuk rpm tertentu untuk membangun tekanan cukup.

    perasaan supercharger dan turbocharger dua duanya bisa pake blow-off...

  6. #5
    Mayor
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,559
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    nih deh gw kasih gambaran salah 1 mesin supercharger:


    ini salah 1 mesin honda fit L15a vtec tuned by mugen.
    Mugen fit spec-D supercharge 145 hp


    thx

  7. #6
    Sugi'z
    Guest
    ehm,....kalo Innova diesel bisa pasang blowoff ngak? khan pake turbocharger juga tuh,...

  8. #7
    Letnan Kolonel
    Location
    Karawaci, Pluit, Di telapak kaki ibuuuuu
    Posts
    6,203
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 32 Mins 24 Secs
    oh begitu tohhh,,, kalo masalah harga itu lebih mahal turbo ato sc? thx semua...

  9. #8
    Mayor Jendral
    Location
    In your dreams...
    Posts
    15,312
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 28 Mins 49 Secs
    ini udh ada di thread sblmnya...

    klo SC (supercharger)... turbin digerakkan secara mekanis. jadi pulley SC digerakan dari poros krukas. sehingga SC itu jalan tipa mobil itu dinyalakan...

    positifnya:
    - torsi melimpah dari rpm awal
    - lebih murah
    - mudah diaplikasi
    - gak butuh perhitungan yg rumit
    - gak butuh intercooler (>10psi)
    - awet

    negatifnya:
    - brisik
    - lemah di rpm atas
    - putaran terbatas
    - boros

    TC (turbcocharger). turbin degerakkan via tekanan exhaust. jadi penggerakannya gak memakan kinerja mesin. ngeboost hanya pada saat turbin spool pada rpm tertentu yg dapat diset via wastegate atau controller.

    postitifnya:
    - efisien
    - boost yang hampir tiada batas (150.000rpm)
    - kalem, gak brisik

    negatifnya:
    - mahal
    - butuh intercooler karena udara lebih panas
    - sulit utk diset dibanding SC
    - rumit pemasangannya
    - turbo lag

  10. #9
    Mayor
    Location
    Jakarta , Kuburan tepatnya....
    Posts
    4,520
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 3 Days 17 Hrs 19 Mins 47 Secs
    Gw dah tau pasti ada yang nanya lagi soal ini..
    so postingan lama gw pasti gw save..
    sekarang gw tinggal paste ajah deh..

    Turbocharger (TC) dan Supercharger (SC) sama-sama erat hubungannya dengan penambahan tenaga. Tetapi sebenarnya ada perbedaan orinsip pada kedua peranti ini.

    Untuk meningkatkan tenaga mesin .TC dan SC adalah dua system yang seringkali di pakai. Meskipun sering di sebut,tak urung muncul keracunan mengartikan keduanya .
    Menurut Society of Automotive Engineers (SAE), TC berfungsi menambah tekanan dan keperekatan dari cairan – dalam hal ini campuran udara dan bensin – yang masuk ke ruang baker mesin bensin. Untuk itu digunakan kompresor yang digerakan turbin melalui pemanfaatan tenaga dan tekanan gas sisa pembakaran. Bila mengacu pada kamus bahasa otomotif, supercharger adalah sebuah kompresor yang bekerja secara mekanis, digerakan puli crankshaft dengan bantuan tali pengerak (belt driven).

    Di sisi lain, ada kesamaan dalam prinsip dasar unjuk kerjanya. Turbocharger (dan Supercharger) berfungsi seperti pompa uang menambah tenaga mesin piston dengan cara memberi tekanan kebih besar pada udara tambahan ke dalam stiap silinder. TEkanan yang di hasilkan kompresor di peroleh berkat bantuan sepasang gigi nanas dengan putaran berlawanan arah. Penambahan tekanan udara tadi berhubungan langsung dengan peningkatan perbandingan kompresi. Pemasangan turbo atau super charger pada mesin standar bias meningkatkan performa hingga 50% tanpa perlu menambah kapasitasnya.

    Kelebihan supercharger ialah tersedianya tenaga seketika (instant power) pada putaran mesin rendah. Sehingga tidak terjadi kesenjangan waktu antara tekanan pedal gas dan reaksi mesin seperti pada Turbocharger. Soalnya, supercharger langsung menghasilkan tekanan ketika mesin dihidupkan.

    Sayangnya,selian berat bentuknya pun banyak menyita kompartemen mesin. Peranti ini juga akan terus berfungsi walaupun pengemudi tidak memerlukan tenaga tambahan sehingga pemakaian bahan baker lebih boros. Untuk mengatasi kekurangan tersebut saat ini di temukan jalan keluarnya dengan memasang kopling elektronik yang akan mengerakan supercharger pada putaran tertentu. Supercharger terbaru ini sudah di gunakan Mercedes SLK.

    Dalam pengukuran kekuatan tekananya. Supercharger memilii satuan berbeda walau ada kesepakatan mengacu pada Pounds-persquare-inch (Psi), tapi di eropa umumnya ukuran tekanan supercharger memakai satuan Bar, Sementara di arena Indycar dikenal istilah iches of boost, kependekan dari Inches of mercury manifold boost pressure.

    Turbocharger sendiri memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger berbentuk mirip sudut (keong). Oleh sebuah poros, kipas atau turbin di hubungkan ke kipas atau turbin dihubungkan ke kipas kompresor yang di pasang di sebelah lain dari rumah turbo charger. Beberapa kelebihan turbocharger disbanding supercharger antara lain bobotnya ringan, dimensinya kecil sehingga memudahkan penempatanya. Turbo juga tidak membutuhkan suplai bahan baker lebih banyak dalam pemakaian normal, karena hanya memanfaatkan gas buang.

    Dibalik keunggulanya turbocharger pun memiliki kekurangan yang kerap dijumpai, turbo-lag. Yakni, keterlambatan reaksi karena ada jeda waktu ketika pedal gas di tekan sampai tercapainya tekanan gas buang yang cukup memutar turbin. Untuk menghindari kelemahan ini, banyak pabrikan memilih memasang dua unit turbo kecil yang tidak membutuhkan tekanan tinggi dan dapat bereaksi lebih cepat sekaligus mampu memompa udara lebih banyak sehingga meperbaiki daya akselerasi. Tapi cara tersebut tidak selalu menjadi pilihan utama. Toyota misalnya, memasang dua turbo yang berbeda kemampuanya. Sebuah turbocharger kecil berfungsi sebagai pemicu akselerasi pada putaran rendah. Lalu saat mesin mencapai putaran tinggi, Fungsi turbo kecil tadi diambil alih turbo yang lebih besar. Sistem ini dikenal dengan nama sequential turbocharger . Yang perlu menjadi perhatian suhu pelumas mesin turbo umumnya lebih tinggi sehingga pemakaian oli perlu di jaga secara teratur.

    Karena itu ,dalam perkembangan fungsi dan kebutuhanya, turbo dan supercharger modern di lengkapi intercooler yang biasanya di pasang pada posisi yang berhubungan langsung dengan aliran udara dari luar di bawah bemper atau tepat di balik kap mesin. Udara yang di keluarkan dari saluran buang mesin menuju ke saluran masuk turbo atau supercharger, mempunyai suhu tinggi yang akan terus menghasilkan tenaga maksimal termperatur udara yang amat tinggi sering membuat kipas, turbin dan rumah turbo jadi membara.
    Itu sebabnya udara panas tadi dialirkan lebih dahulu ke intercooler. Disini, udara panas tadi dialirkan melewati kisi-kisi intercoler yang dilapisi water jacket untuk didinginkan .

    Sekarang, pilih mana dari kedua piranti ini agar sesuai dengan kebutuhan?

  11. #10
    Letnan Kolonel
    Location
    Karawaci, Pluit, Di telapak kaki ibuuuuu
    Posts
    6,203
    Power
    17 
    M-Store Point
    0
    Online
    10 Hrs 32 Mins 24 Secs
    waduh bos takumii... lengkap abis tuh..... thx alot bos... skrg gini bos.. kalo misalnya mesin itu dah dipasangin SC... lalu ketika suatu saat mau di rubah sistem boostnya dari SC menjadi TC bisa atau tidak? thx skali lagi bos

 

 
Page 1 of 5 12345 LastLast
Mega Glodok Kemayoran GT Radial

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. SuperCharger & TurboCharger
    By B460R in forum Diskusi Mesin
    Replies: 133
    Last Post: 2nd April 2013, 16:50
  2. Supercharger or Turbocharger... which one ?
    By s515i in forum Diskusi Mesin
    Replies: 24
    Last Post: 25th August 2012, 13:12
  3. TURBOCHARGER VS SUPERCHARGER
    By Mas Seto in forum Diskusi Mesin
    Replies: 60
    Last Post: 4th November 2011, 00:17
  4. Seputar TURBOCHARGER dan SUPERCHARGER
    By theansoracing in forum Diskusi Mesin
    Replies: 8
    Last Post: 20th July 2007, 12:24
Back to top