Sebaiknya Ban Diganti Saat Mencapai Jarak 20 Ribu KM
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 30
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/633156
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kapten
    Posts
    2,665
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Days 16 Hrs 17 Mins 51 Secs

    Sebaiknya Ban Diganti Saat Mencapai Jarak 20 Ribu KM

    Sistem penggerak yang diaplikasikan pada kendaraan roda empat ada dua jenis, yaitu Front Wheel Drive (FWD) dan Rear Wheel Drive (RWD) yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil dunia. Penggunaan pada salah satu sistem ini tidak ada permasalahan, hanya saja pemakaian ban yang tepat harus lebih diperhatikan.



    Menurut Handi Gunawan, praktisi dan juga pemilik bengkel D2 Concept, penggunaan jenis ban apa saja untuk salah satu sistem penggerak tersebut, ketahanannya pasti akan lebih cepat habis dari ban yang tidak dipakai pada salah salah satu sistem penggerak tersebut.



    "Untuk ban standar biasanya akan bertahan untuk jarak 20 ribu km sudah wajib diganti. Namun, untuk ban yang dipasang pada FWD ataupun RWD ketahanan akan lebih cepat habis sekitar 10% atau untuk jarak 17 - 18 ribu km," tukas Handi.

    Lebih lanjut Handi menyarankan, untuk kondisi jalanan di kota Jakarta ini, mobil yang dipakai sebagai kendaraan harian, sebaiknya memakai ban jenis soft compound karena akan terasa lebih nyaman. Ban lebih nge-grip atau lebih lengket dengan aspal, terlebih lagi bila suhu ban sudah panas dibandingkan hard compound. Namun kelemahannya, ban akan lebih cepat habis atau aus.

    Jenis ban soft compound


    Handi juga tidak memungkiri, bila sebagian masyarakat Indonesia lebih cenderung memasang ban yang lebih tahan lama di mobilnya, karena itu mereka lebih memilih ban dengan jenis medium hard compound. Walaupun gripnya tidak sebaik soft compound, lifetimenya akan jauh lebih panjang.

    Jenis ban medium hard compound


    "Kami hanya memberikan saran, namun semuanya terserah dari konsumen, karena keputusan berada di tangan mereka," tukas Handi. (Foto-foto Google)

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Kopral Kepala
    Posts
    142
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Days 13 Hrs 45 Mins 14 Secs
    Bedain hard & soft compound bagimane nich. Hmmmm

  4. #3
    Brigadir Jendral
    Location
    Jakarta
    Posts
    11,414
    Power
    55 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 6 Days 7 Hrs 11 Mins 22 Secs
    batas pengertian soft compound tu di maximal brapa thredwearnya om?
    (TSC-1IC-DCCI) M'93 - SOLIDARITY FOREVER
    JANGAN BENARKAN YANG 'BIASA-NYA', BIASAKAN YANG BENAR

  5. #4
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,996
    Power
    23 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 2 Wks 5 Days 9 Hrs 39 Mins 17 Secs
    Quote Originally Posted by albany View Post
    batas pengertian soft compound tu di maximal brapa thredwearnya om?
    sempet baca2 di tirerack kl ga salah, tiap produsen beda2.. jd ga bisa dijadikan acuan pasti.
    S.AudioLab / Audio Engineering @ SAE Institute / Female

    Me and my '02 E46, Rei

  6. #5
    Kopral Kepala
    Posts
    195
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 7 Hrs 19 Mins 15 Secs
    Cepet amat kalau 20 ribu km sudah kudu ganti? Kalau saya pakai ban dan sudah habis masa pakai di 20 ribu km, berarti settingan mobil saya salah (spooring, suspensi, etc.). Kalau ban salju walau threadnya masih tebal tapi kalau sudah kemakan setengah gripnya jadi kurang.

    Ban yang selama ini saya pakai ada yang bisa lebih dari 70 ribu km dengan driving style saya. Teman saya juga pakai mobil yang sama tapi 20 ribu sudah ganti karena sudah botak (merk ban dan diameter velg berbeda walau mobil sama, rute beda).

    Faktor lain selain km, di Jakarta lumayan banyak paku ~ jadi ban yang sudah bolak balik kena paku mestinya juga sudah ganti. Ban soft compound thread wearenya kecil ~ sekitar 200 plus minus. Tread wear sekitar 400 itu sudah hard compound. Ban buatan lokal biasanya hard compound, import cenderung masuk soft compound. Ban soft compound di Jakarta banyak yang bilang kurang awet, biasanya setelah 2-3 tahunan karetnya pada bocel-bocel sedangkan yang buatan lokal masih ok.

  7. #6
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    739
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 1 Day 11 Hrs 50 Mins 29 Secs
    Susah pake patokan km... biasanya kita lihat dan rasakan saja... kita bisa lihat dari batasan tire wear bars... selain itu dari fisiknya juga bisa d lihat apakah ban sudah getas... bisa juga di rasakan dengan ride quality... biasanya ban yg sudah harus d ganti pasti ridenya jadi keras... prinsipnya sebagai pemilik dan pengemudi mobil harus bisa jadi satu dengan mobilnya... jadi bisa tahu gejala penyakit sebelum bermasalah...
    ABYSS | DLS | HELIX

    ALPINE | FOCAL | DLS

    AUDIO FOR SALE, PLEASE CLICK HERE

  8. #7
    Kopral Satu
    Posts
    52
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 9 Hrs 21 Mins 10 Secs
    Gile tiap 20000 km ganti ban. Saran macam apa ini?
    Ban saya jalan 20000 km kembangnya masih 70%, masak harus diganti. Buang-buang uang.
    Readers beware. Harus dipertanyakan lebih lanjut pernyataan ts.

  9. #8
    Kapten
    Posts
    2,260
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 7 Hrs 37 Mins 44 Secs
    Mungkin nara sumbernya berkepentingan dengan penjualan ban he3...

    Kalau saya sih patokannya twi sama usia pakai ban...sy pakai ban sudah sktr 20rb km untuk ban depan memang sudah tipis tapi masih diatas twinya masih aman...
    Kl usia ban udah 5 tahun keatas sebaiknya ganti karena biasanya sudah mulai getas...

    Kl ban soft compound,kalau memang bisa awet selama 3-5 tahun ya ga apa2...
    Kalau ga,buat apa?ga butuh traksi lebih di dalam kota he3...

  10. #9
    Letnan Dua
    Posts
    1,036
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 2 Days 23 Hrs 5 Mins 57 Secs
    20rb ganti ban??

    yg trakir sy pake aja masuk 65rb aja blm kena TWI

  11. #10
    Sersan Kepala
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    739
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Wks 1 Day 11 Hrs 50 Mins 29 Secs
    Quote Originally Posted by TrainFit View Post
    Gile tiap 20000 km ganti ban. Saran macam apa ini?
    Ban saya jalan 20000 km kembangnya masih 70%, masak harus diganti. Buang-buang uang.
    Readers beware. Harus dipertanyakan lebih lanjut pernyataan ts.
    mungkin beliau jualan ban...
    ABYSS | DLS | HELIX

    ALPINE | FOCAL | DLS

    AUDIO FOR SALE, PLEASE CLICK HERE

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
GT Radial Wuling

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Kenali Kaki-kaki Mobil (Sistem Penggerak)
    By theansoracing in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 14
    Last Post: 5th January 2012, 16:23
  2. Replies: 6
    Last Post: 19th October 2010, 13:24
  3. WTS 16"+ ban tebal 2,5jt negoo BU cepat
    By fandy joe in forum Ragam Ukuran
    Replies: 74
    Last Post: 20th September 2010, 20:45
  4. Replies: 18
    Last Post: 9th September 2010, 21:43
  5. bunyi ses pada sistem
    By hulaboy88 in forum Diskusi Instalasi
    Replies: 8
    Last Post: 3rd December 2008, 17:18
Back to top