EP TUne - Custom ECU Remapping
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 30
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/631029
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs

    EP TUne - Custom ECU Remapping

    Apa itu ECU Tuning?

    Remapping / Tuning ECU (Engine Control Unit) adalah sebuah proses melakukan kalibrasi ulang/ perubahan data pada ECU standar mobil , dengan tujuan untuk mengoptimalkan tenaga, torsi , dan efisiensi bahan bakar. Ketika mobil diciptakan oleh pabrikan, ECU standar sebetulnya sudah menyimpan “potensi tersembunyi” yang kemudian disembunyikan sehingga tenaga yang keluar dari mesin itu belum 100%, hanya sekitar 70-80%, bahkan ada yang memiliki mesin sama, body sama, tapi berbeda tenaga yang dihasilkan.

    Kita bisa melihat beberapa contoh pada mobil seperti BMW & Mercedes Benz, dalam 3 Series & C Class W205. Seri BMW F30 320 (180hp) & 328 (240hp) ,memiliki engine yang sama persis, namun tenaga nya berbeda 60 Hp , C Class W205, C200 memiliki 184hp & C250 211 hp. Lagi lagi memiliki engine yang sama persis namun memiliki tenaga yang berbeda.

    Kok pabrikan tidak langsung melakukan hal ini?
    Percaya tidak percaya, hal ini dilakukan pabrikan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih. Biasanya ketika mereka melakukan Facelift (pembaruan ringan) setiap 3-4 tahun, mereka menjual tipe baru, biasanya ditambahkan kata kata Sport/Performance, dengan tenaga & torsi yang lebih tinggi dari versi sebelumnya, dan dijual dengan harga yang lebih mahal , padahal masih menggunakan mesin yang sama. Sebagai manusia, pastilah kita mencari sesuatu yang lebih. Dan beberapa dari kita pun rela membayar lebih demi mendapatkan power & torsi yang lebih besar dari mobil yang kita punya sekarang. Betul apa tidak? Silakan tanya diri anda sendiri.

    Ketika pabrikan meriset sebuah mesin, tentunya mereka tidak akan hanya menggunakan mesin tersebut di 1 jenis varian mobilnya. Seperti contohnya, mesin BMW 3 Series bisa ditemukan juga di 5 Series , X3 , X4, X5 . Mesin nya sama persis, tapi power berbeda beda. Semua ini hanyalah perbedaan pada map ECU nya.

    Dan juga ketika mereka menciptakan mesin, tentunya mereka tidak mau kalau kalau setiap beberapa bulan sekali, parts partsnya habis karena tenaga yang dihasilkan terlalu besar. Karena di jaman sekarang ini banyak ATPM yang menawarkan sistem Free Parts sampai 3 tahun. Bayangkan kalau semua orang mengganti kampas rem & piringan rem nya setiap 3 bulan sekali akibat power mobilnya terlalu besar. Dan juga ada yang mencari kenyamanan, tapi malah mendapatkan sebuah mobil bertenaga monster.
    Hal ini tentunya menjadi alasan mengapa pabrikan menurunkan setelan pada ECU standar, sehingga apa yang ada pada mobil anda, masih jauh dari apa yang bisa dilakukan mesin.

    Amankah ECU tuning itu untuk mobil saya?
    ECU tuning itu tidaklah semudah mencabut ECU, menyetelnya ke setelan maksimum dan memasangnya kembali ke mobil. Selama ini banyak sekali para workshop yang menawarkan ECU Remapping yang hasil dynotestnya fantastis di luar negeri. Namun perlu diingat kondisi di luar negeri seperti contohnya di benua Eropa, sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia. Di sana menggunakan oktan 98 ke atas, sedangkan kita hanya memiliki oktan 95, yang mungkin hanya setara dengan kualitas oktan 92 di Eropa. Lalu tidak lupa juga dengan suhu udara yang sangat berpengaruh pada kinerja mesin! Di eropa , rata rata temperatur adalah 20-30 derajat Celcius pada musim panas. Di Indonesia, dimana kita tidak pernah punya musim dingin, suhu rata rata adalah 35 - 40 derajat Celcius. Jadi kalau melihat hasil dyno, janganlah lihat hasil yang dilakukan di luar negeri! Buktikan dulu di Indonesia!

    Dalam melakukan ECU Remapping, perlu pengertian khusus mengenai parameter parameter ECU, efeknya terhadap mesin mobil , R&D dan juga tentunya alat khusus (software & hardware) yang sudah benar benar teruji & aman untuk digunakan sehingga tidak merusak ECU mobil.
    Segala jenis ECU tuning membutuhkan riset untuk menyesuaikan dengan kualitas bahan bakar, cuaca, spesifikasi mesin di Indonesia. Riset tersebut berguna agar kenaikan tenaga yang didapat lebih optimal serta resiko error pada settingan ECU atau kerusakan mobil dapat diminimalisir.
    Apabila anda mencari performa lebih pada mobil anda, ingin konsumsi bahan bakar yang lebih irit, atau juga kedua duanya? EP Tune adalah solusinya! Kami adalah tuning company yang berlokasi di Jakarta, Indonesia yang menawarkan customised ECU remapping. Professional tuner kami, Davin Elika telah dilatih secara professional di Inggris & Italy. Dengan peralatan teknologi teranyar, dipastikan tuning yang dilakukan berstandar international , sehingga terjamin hasilnya!
    Kami percaya bahwa tidak ada pengemudi yang sama! Oleh karena itu kami menawarkan Custom Tune sehingga anda benar benar mendapatkan mobil sesuai dengan keinginan anda.





    Professional tuner kami ketika melakukan training di Inggris :




    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs


    Remapping ECU pada ford fiesta ecoboost 1.0 turbo, automatic transmission. Mobil ini kecil kecil cabe rawit juga lho! Standarnya terukur 125 hp di mesin dyno. Setelah melakukan remapping ecu , didapatkan hasil 155hp. Kenaikan 30 hp, sangat drastis rasanya kalau mengingat mobil ini hanya memiliki 3 silinder.

    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

  4. #3
    Prajurit
    Posts
    21
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 12 Hrs 9 Mins 40 Secs
    utk diesel seperti innova/fortuner bisa di remap juga?

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    jakarta dan sekitarnya...
    Posts
    1,952
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Mths 2 Days 3 Hrs 42 Mins 32 Secs
    tanya dong kl untuk honda accord cm5 vtil 2400cc 2005 apakah bisa EP-Tune juga? harganya berapa yah? thanks...

  6. #5
    Kolonel
    Posts
    8,906
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Mths 1 Wk 2 Days 18 Hrs 11 Mins 46 Secs
    Quote Originally Posted by tigalima View Post
    utk diesel seperti innova/fortuner bisa di remap juga?
    Yang tahun berapa pak mobilnya?

    - - - - - - - - - -

    Kalau utk honda accord gitu bisa saja, mampir dulu saja ke tempat kami. Yang pasti kenaikannya tidak akan sebesar mobil turbo yah.. karena mobil NA paling naik nya 5-10 hp
    Simota Racing Sport / Elika Automotive Performance
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97 CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ; 0811188620 (Tony)

  7. #6
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs
    BMW F10 520Diesel

    Mobil yang menurut bawaan pabriknya bertenaga 184 hp &380nm torque ini pun kami optimalkan dengan EP Tune,
    Beberapa parts pendukung kami install untuk membantu meningkatkan performa:
    1. Filter Replacement Simota
    2. Downpipe Supersprint + Rear Muffler Eisenmann
    3. Intercooler Wagner Tuning

    Sebelum melakukan tuning, kami melakukan base dynotest, dan mendapatkan hasil 199 hp & 376 nm! Artinya dengan 3 alat tersebut, mesin mendapatkan extra power hampir 15 hp! Dan torsi tercatat lebih rendah sedikit dari spek pabrik, tapi mengingat pelek yang digunakan juga 20", lebih besar 2 inci dari standarnya, hal ini bukan menjadi masalah.
    Kami pun melakukan pemograman ulang pada ECU bmw ini!





    Setelah itu kami pun melakukan fine tuning di atas dyno sehingga bisa didapatkan hasil yang optimal




    Dan berikut adalah hasil akhir yang kami dapatkan
    236 hp & 430 nm.




    Disini kami tidak memaksakan kerja mesin dan tidak mau membuat mobil ini berasap sangat hitam, sehingga mengurangi faktor kenyamanan & umur mesin.
    Pada mobil diesel yang sudah di tuning, biasa sering kita lihat mobilnya berasap sangat hitam seperti lokomotif ketika melakukan akselerasi. Sebetulnya ini adalah pemborosan solar, dan berarti pembakaran tidak maksimal. Memang betul pada diesel, makin berasap, makin banyak tenaga yang dihasilkan. Namun ini juga berarti EGT (exhaust gas temperature) juga makin tinggi, sehingga bisa berakibat penurunan daya tahan mesin (engine gasket bisa rusak karena suhu gas buang yang terlalu tinggi)
    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

  8. #7
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs
    Remapping stage 2 di mobil Mini Cooper S R56!

    Mobil yang bawaan pabriknya mempunyai power 184 hp dan torsi 240 nm ini rupanya belum cukup memuaskan buat sang pemiliknya.
    Bro K yang dulunya sudah merasakan reflash ecu di mobil VW scirocco nya ini, kembali ingin merasakan kenaikan performa yang signifikan.
    Oleh karena itu dilakukan beberapa modifikasi parts mesin seperti:
    -Air intake Forge
    -Diverter Valve GFB
    -Full exhaust custom (dari downpipe ke belakang)
    Oh ya, pada mobil mini cooper , biasanya kalau anda mengganti downpipe nya dengan tipe catless (tanpa katalis), biasanya engine check akan menyala. Hal ini bukan masalah bagi kami, dengan EP tune, hal ini bisa diatasi.

    Dan kami pun melakukan EP TUne remap stage 2, estimasi output power setelah remap stage 2 ini adalah sekitar 230 hp & 350 nm! Artinya kenaikan hp sekitar 46 hp dan torsi sekitar 110 nm!
    Bisa dibayangkan pada body mobil yang kecil gini, kenaikan power dan torsi segitu pasti bikin mobil mini cooper ini ngacirrr abis!
    Hati hati kalau ketemu mobil ini dijalan ya! Kecil kecil cabe rawit nih





    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

  9. #8
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs
    EP Tune stage 1 pada mobil Chevrolet Captiva Facelift.

    Tanpa penambahan alat di ruang mesin, tanpa pemotongan kabel ataupun bongkar komputer! semua bisa dilakukan dalam waktu 1 jam an, power standar 163 hp & torsi 360 nm bisa meningkat sampai 200 hp & torsi 430 nm! Dijamin tarikan lemot & kurang power nggak ada lagi deh! Cocok nih buat persiapan lebaran bentar lagi!






    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

  10. #9
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs




    Audi A4 B8.5 1800 cc. Anda punya mobil ini? Pasti merasakan hal yang sama dengan mr N! Power bawaan mobil yang di claim pabrikan 170 hp ini tidaklah terasa ketika dipakai di jalanan ibukota. Akselerasi awal dirasa kurang spontan, dan ketika sudah gaspoll, power dirasa biasa saja.

    Mr N pun melakukan beberapa modifikasi, seperti penggantian Air filter replacement, Exhaust AWE Tuning, dan kami menyarankan untuk mengganti Diverter valve standar dengan GFB DV+, yang berguna untuk menahan boost lebih lama dan juga membantu throttle response ketika akselerasi. Banyak di luar sana yang menggunakan BOV (blow off valve) pada mobil eropa nya. Padahal sebetulnya menggunakan BOV akan mengurangi respon mobil ketika ganti gigi. Karena udara yang seharusnya dikembalikan ke intake untuk boost recovery, malah dibuang keluar. Kami menyarankan menggunakan DV saja!
    Lalu EP tune remapping pun kami lakukan untuk mengeluarkan potensi tersembunyi si Audi 1.800 cc Turbo ini!

    Bisa dilihat pada dyno chart di bawah, Power meningkat jauh menjadi 230 hp! Dan juga torsi tertinggi di rpm 4500 bisa dilihat menjadi 338 Nm, dimana sebelumnya hanya 286 Nm! Sungguh improvement yang signifikan. Disini kami pun tidak memaksakan mesin , hanya mengoptimalkan map yang sesungguhnya memang terdapat pada komputer mobil.


    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

  11. #10
    Represented Member
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,434
    Power
    12 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 12 Hrs 43 Mins 28 Secs














    Racechip Indonesia / Elika Automotive Performance / Simota Racing Sport/ EP Tune
    Jalan Taman Sari raya, komplek ruko 56 blok B no 97
    CP=081932574323 / 081287678888 (Davin) ;
    Email & YM = simota_indonesia@yahoo.com


    http://www.facebook.com/elikaautomotive

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 34
    Last Post: 30th January 2016, 23:49
  2. Replies: 160
    Last Post: 3rd August 2015, 20:27
  3. ECU Remapped for avanza, xenia 1.0 , 1.3, 1.5 VVTI
    By ku8o in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 296
    Last Post: 9th January 2012, 10:52
  4. ECU remap Genio/estilo
    By esti_biru in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 4
    Last Post: 24th August 2009, 14:26
  5. Nanya soal Ecu remapping
    By rudydoank in forum Diskusi Mesin
    Replies: 4
    Last Post: 28th March 2008, 23:21
Back to top