KTM sedang berusaha sangat keras untuk menyiapkan motornya untuk pengujian MotoGP pada bulan November mendatang dan kemudian memulai, akhir tahun penuh pengujian on-track menjelang comebacknya di kelas premier yang dijadwalkan pada 2017.
Namun, Mattighoffen juga mengincar motor produksi yang berdasarkan mesin MotoGP, dan diharapkan tidak akan mengecewakan seperti Honda RC213V-S yang baru-baru ini diluncurkan. Motor balap produksi ini akan mengikuti motor dari kelas utama, dan CEO KTM, Stefan Pierer mengatakan bahwa motor itu akan dikembangkan pada tahun 2017, dengan masukan besar dari program balap.
Pit Beirer, KTM Motorsport Director menambahkan bahwa motor ini sebagian besar didasarkan pada mesin MotoGP, menggunakan chassis baja tubular yang sama. Rupanya, KTM akan menawarkan motor balap 'produksi' ini dengan seamless shifting dan katup pneumatik, dan ia akan lebih dekat dengan motor MotoGP asli ketimbang Honda RC213V-S yang diklaim mengambil basis dari RC213V.
Mattighofen memperkirakan bahwa mereka bisa menjual 150 sampai 200 unit, tetapi Beirer mengatakan bahwa memiliki 'hanya' 100 motor seperti ini di track di seluruh dunia akan menjadi sukses besar. Mengingat harapan itu, KTM bisa menjual motor balap produksi dengan harga 140.000 Euro (157.000 USD), yang secara signifikan lebih rendah dari apa yang Honda minta untuk RC213V-S (188.000 Euro di trim 159 Hp dan ekstra 12 ribu USD lagi untuk race kit).
Dengan paket elektronik MotoGP sedang diuji di bawah kondisi balap, KTM mudah dapat membuat dan merancang pengiriman tenaga untuk motor balap produksi, karena tampaknya otak dari dua sepeda motor ini akan cukup mirip. Ini akan menarik untuk melihat sepowerful apa mesin V4 1 liter baru KTM tersebut, dan berapa banyak power yang akan disediakan untuk versi produksi.
Beirer tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa KTM memberikan motor jalanan yang didasarkan pada motor balap produksi ini. Meskipun Stefan Pierer membantah bahwa KTM tertarik dalam memberikan Superbike kelas 1 liter baru untuk mengikuti tren 200 Hp, Pit Beirer memberikan peluang kecil untuk ide ini.
Bierer mengatakan bahwa prioritas utama adalah motor MotoGP, diikuti oleh motor balap produksi, dan pada akhirnya, mungkin, versi jalanan. Mengetahui berapa kali KTM mengatakan satu hal dan melakukan sebaliknya, kemungkinan besar kita akan melihat Superbike jalanan baru tersebut tiba di masa depan.
Motor balap produksi ini diperkirakan akan tersedia di paruh kedua 2018, sehingga masih banyak waktu untuk melihat bagaimana hal-hal tersebut berkembang. (autoevolution 24/6/2015)
![]()