Sekalipun Dihujat, Dana Aspirasi Rp. 20 Miliar Disahkan DPR
Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 26
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/610285
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Satu
    Posts
    1,552
    Power
    19 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 1 Day 5 Hrs 9 Mins 55 Secs

    Sekalipun Dihujat, Dana Aspirasi Rp. 20 Miliar Disahkan DPR

    Rapat paripurna DPR, pada Selasa, (23/06), mengesahkan Peraturan DPR tentang tata cara pengusulan pembangunan daerah pemilihan (UP2DP) atau dana aspirasi. Interupsi dan kritik dari fraksi PDI Perjuangan, Nasdem, dan Hanura mewarnai rapat tersebut. Salah satu yang keberatan ialah Agun Gunanjar, anggota DPR dari fraksi Golkar.

    Menurutnya, dana aspirasi kepada setiap anggota DPR sebesar Rp. 20 miliar per tahun akan menciptakan ketidakadilan. Dia merujuk fakta bahwa salah satu provinsi, seperti Jawa Barat, diwakili 91 orang dalam DPR. Adapun provinsi seperti Maluku Utara diwakili tiga orang.

    "Pengucuran dana aspirasi menggunakan APBN atas dasar daerah pemilihan sudah nggak benar. Akan terjadi ketidakadilan," ujar Agun. Dia juga menilai dana aspirasi itu berpotensi menimbulkan penyalahgunaan wewenang melalui penyaluran dana atau proyek ke konstituen. "Orang yang punya 'buah-buah' dan 'gula-gula' akan semakin dipilih. Akhirnya ini menjadi sarana pencitraan anggota DPR yang lama untuk terpilih kembali," katanya.

    Ketika ditanya apakah dia akan mengambil bagian jika nanti dana aspirasi mengucur, Agun mengucap lantang. "Tidak akan saya terima! Formulirnya saja tidak akan saya isi!"



    Kekhawatiran mengenai dana aspirasi yang menimbulkan ketimpangan antar daerah dan maraknya praktik jual beli kursi ditanggapi Taufik Kurniawan, wakil ketua DPR sekaligus Ketua tim Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan. Menurutnya, untuk membuat dana aspirasi lebih akuntabel, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    "Setiap usulan program nanti tidak menutup kemungkinan akan ditembuskan ke BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan KPK. Ini agar memenuhi transparansi dan akuntabilitas publik," kata Taufik. Dia juga berharap KPK dan BPK akan memberikan rambu-rambu pada dana aspirasi sehingga anggota DPR tidak melanggarnya.

    Akan tetapi, Ketua KPK Johan Budi mengatakan pihaknya tidak pada posisi untuk mendukung dana aspirasi. Sebab, menurutnya, program dana aspirasi tidak pernah melalui kajian mendalam.

    "Kalau potensi penyalahgunaan dana aspirasi itu besar, sebaiknya jangan," kata Johan kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan. Dasar hukum pelaksanaan dana aspirasi hingga kini belum jelas.

    Namun, sejumlah anggota DPR menyatakan dana itu ialah perwujudan pasal 80 huruf J Undang-Undang No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang berbunyi anggota DPR berhak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan.


  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Sersan Kepala
    Posts
    568
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Hrs 42 Mins 2 Secs
    hahahahaha, itung2 uang tutup mulut yak, susah emang pejabat sama penjahat bedanya tipissss

  4. #3
    Letnan Kolonel
    Posts
    7,497
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    7 Mths 1 Wk 2 Days 6 Hrs 50 Mins 51 Secs
    bagi2 deh sana...

  5. #4
    Kopral Kepala
    Location
    Antara Gresik - Bogor
    Posts
    112
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 1 Wk 5 Days 1 Hr 47 Mins 29 Secs

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    www.accunik.com
    Posts
    5,257
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 2 Days 4 Hrs 25 Mins 5 Secs
    Quote Originally Posted by riisesky View Post
    hahahahaha, itung2 uang tutup mulut yak, susah emang pejabat sama penjahat bedanya tipissss
    saya setuju... kali ini sama agan

  7. #6
    Letnan Kolonel
    Location
    KPAD Cibubur
    Posts
    5,878
    Power
    22 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 4 Wks 1 Day 4 Hrs 12 Mins 1 Sec
    1 orang 20 Milyar pertahun, klo menjabat 5 tahun berarti 20 M x 5 = 100 Milyar.. Amazing

  8. #7
    Sersan Mayor
    Posts
    968
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 22 Hrs 23 Mins 51 Secs
    Saya kok tidak merasa terwakili ya oleh beliau2 itu...

  9. #8
    Kapten
    Posts
    2,186
    Power
    33 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Mths 2 Wks 1 Day 17 Hrs 21 Mins 35 Secs
    Inilah sebabnya gw malesss banget dan amat berat hati untuk bayar Pajak dalam segala hal urusan di negri ini.
    Dimakan lagi deh uang bayar pajak gw sama tikus2 dpr... untuk hal gak jelas!!! Dana Aspirasi 20M ???/ orang/ thn

    "Dammmmm I ***e Indonesia..."

    Btw itu di foto semua anggota dpr muka nya terlihat pada senyum2 cengengesan setan kesenangan mau dapat duit 20m.
    Mau sampai kapan seperti ini...???

    "Namun, sejumlah anggota DPR menyatakan dana itu ialah perwujudan pasal 80 huruf J Undang-Undang No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang berbunyi anggota DPR berhak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan."

    Program pembangunan daerah yang mana??? Selain kota Jakarta tidak ada pembangunah daerah yang signifikan.

  10. #9
    Mayor
    Location
    Bekasi
    Posts
    3,206
    Power
    38 
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 3 Days 18 Hrs 20 Mins 49 Secs
    dasar kampret orang2 ini

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Posts
    12,102
    Power
    41 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 2 Wks 4 Days 18 Hrs 13 Mins 22 Secs
    whatever

 

 
Page 1 of 3 123 LastLast
Rekeningku.com Desktop 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 37
    Last Post: 27th October 2014, 13:46
  2. Replies: 49
    Last Post: 1st October 2014, 12:44
  3. Replies: 13
    Last Post: 4th April 2014, 23:29
  4. Replies: 30
    Last Post: 10th August 2013, 06:27
  5. Replies: 34
    Last Post: 23rd July 2013, 13:43
Back to top