Beberapa desain mobil BMW yang paling creative dimulai di meja desain para desainer BMW yang berada dipojokan di ruang divisi desain. Sketsa dan renderan dengan gaya bahasa desain mereka telah dikembangkan dari tahun ke tahun.
Andrian Van Hooydong selaku pimpinan divisi desain menjelaskan bahwa semua desain yang mereka buat suatu saat nanti pasti akan menentukan, dari hasil sejarah desain mobil-mobil Bmw yang telah dibuat selama bertahun-tahun, ditemukan dan dikumpulkan dan dibuat arsipnya. Dari sketsa mobil-mobil tersebut kurang lebih selama 50 tahun-an, dan bahkan dari image atau sketsa Adrian van hooydonk ini masih belum lahir, berikut beberapa arsip dari mobil-mboil BMW tersebut:
Skesat BMW 507 1956 -1959
Sketsa mobil tersebut dibuat oleh Albertcht Graf Goert yang lahir di Jerman, yang menarik dari sketsa desain mobil tersebut yaitu desain tersebut di buat di New York bukan di Munich pada tahun 1950-an dan desain sketsa tersebut mulai sedikit terpegnaruh model mobil-mobil Amerika, mobil tersebut tidak diproduksi setelah perang dunia ke-2, sedangkan saat itu di New York semua lebih modern baru dan besar.
BMW Neue Klasse Sedan 1962
BMW saat itu hampir saja mengalami kebangkrutan ketika seorang pengusaha atau industrialis bernama Herbert Quandt menginvestasikan di perusahaan tersebut pada akhir tahun 1959 sehingga dia bisa membantu membangkitkan BMW kembali dan berhasil sukses dengan mobil BMW Neue Klasse (New Class to life).
BMW tidak memiliki departemen desain, Design adalah bagian dari Carrosserie (body engineering) jelas Adrian Van Hooydonk. Seorang konsultan dari Itali yang melegenda yaitu Giovanni Michelotti telah membuat sketsa pertama dan berkolaborasi dengan Wilhelm Hofmeister, yang memberi pengaruh terhadap desain-desain mobil BMW.
BMW 1602-2002 tahun 1966-1977
Mobil ini adalah mobil BMW yang banyak diminati oleh orang-orang Amerika, setelah seorang im porter Max Hoffman menyarankan untuk menggunakan mesin yang elbih besar yaitu mesin 2.0 liter. Desain asli dari mobil ini didesain oleh Georg Bertram pada desain mobil BMW 2002. Dari detail desain yang dibuat ini tentunya kita bisa melihat sperti apa perubahan-perubahan yang ada setelah diproduksi.
BMW 3 Series tahun 1975- 1983.
BMW meloloskan sebuah proposal dari Giorgetto Giugiar seorang desainer Italidesign untuk membantu desainer Paul Bracq, seorang direktur BMW Design yang lahir di Perancis dan juga mengerjakan Turbo Concept car 1972. Sketsa ini dibuat pada sebuah kertas Carson dengan pencil warna charcoal dan spidol warna.
BMW 3 Series tahun 1990-1999
Pinky lai seorang desainer dari Flamboyant design dari hongkong, pernah bekerja di Ford dan bekerja dengan seorang desainer BMW kelahiran Austria bernama Boyke Boyer untuk mendesain mobil tersebut, skestsa mobil ini adalah desain BMW3 series yang terlihat sebagai revolusi dari desain mobil BMW.
BMW X5 tahun 1999
Seorang dari Amerika bernama Chris Chap yang meninggalkan perusahaan Isuzu bergabung dengan BMW’s Designwork USA studio di California. Mengerjakan desain gabmar dari Bmw X5 untuk pertama kalinya.
Adrian Van Hoodonk menjelaskan program tersebut sangat menarik, karena sepanjang sejarahnya mobil-mobil BMW tidak ada yang setinggi mobil tersebut, sekrang ini dari X1 hingga X5, dan model SUV hanya 1/3 bagian dari bisnis mereka.
BMW Z4 tahun 2002
Desainer Z4 adalah desainer yang mengepalai mini design department, dengan desain yang tampak kuat, tajam dan ekstreme tetapi masih menarik, desain tersebut adalah sebagai penerjemahan dari “Flame surficing” dari direktur desain Chris Bangle dengan konsep yang controversial.
BMW i8 2014
Yang mendesain i8 Hybrid-poewred sport car ini adalah Mario Majdandzic asal Croatia, semua ide dan konsepnya terinspirasi saat dia jalan-jalan berkeliling di BMW Studio yang berada di Singapore untuk mendevelop bahasa desain baru untuk green car baru dengan menggunakan tehnology yang canggih dan yang menjadi prioritas dari desain tersebut yaitu “ floating panel, clean surface dan transparacy” dan hasilnya seperti yang bisa kita lihat sekarang ini.