[ASK] Pakai per Mercy untuk mengganti per standar
Scuto Laminating Blackvue HD Car Care
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 19
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/604942
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Kopral Satu
    Posts
    53
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 3 Hrs 9 Mins 36 Secs

    [ASK] Pakai per Mercy untuk mengganti per standar

    Mohon pencerahan dari para suhu dan master di sini.
    Mobil tua saya sebuah ford laser eks taxi, saat ini sudah harus rehab kaki-kaki, ditandai oleh sudah melemahnya coilspring/per, dan juga shockabsorber. Ada niat shock mau ganti pakai kayaba oli, trus pernya pakai per belakang copotan milik mercy, yang kata orang kualitasnya lebih bagus dan bantingannya lebih empuk.
    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    a. Jika ingin pakai per punya mercy, dari mercy tipe apa yang biasa dipakai? Ada yang bilang, pakai punya mercy boxer/E-series. Apa benar hanya per belakang mercy yang biasa dipakai untuk modifikasi seperti ini, atau bisa saja pakai per depan mercy asal ukurannya sesuai walaupun dipasang di shock belakang mobil saya?
    b. Apakah pemakaian per belakang mercy tersebut bisa digunakan untuk shock depan dan juga shock belakang? Atau harus dibedakan, misalnya untuk belakang harus cari per belakang mercy, untuk depan harus cari per depan mercy?
    c. Sebaiknya pakai per yang masih baru atau yang bekas/copotan saja? Untuk barang baru, apakah ada per mercy yang KW saja?
    d. Gimana jika diameter per mercy lebih besar dari mangkok tatakan per yang ada di shock? Mana yang dimodifikasi, pernya di perkecil diameter ujungnya atau mangkoknya yang di ganti yang lebih lebar?
    e. Begitu juga jika per mercy lebih panjang, apakah harus dipotong menyesuaikan dengan panjang shock, atau dipaksa masuk saja tanpa harus dipotong? Jika dipotong, apakah masih tetap empuk bantingannya? Saya lebih suka jika body belakang agak lebih tinggi, apakah per yang lebih panjang dari per ori-nya bisa membuat body mobil jadi lebih tinggi?
    f. Selain per milik mercy, apakah ada per milik mobil lain yang bisa dipakai?
    Demikian pertanyaan saya, semoga ada suhu dan master yang berkenan menjelaskan.
    Terimakasih.

  2. Rekeningku.com
  3. #2
    Letnan Dua
    Posts
    1,344
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 2 Hrs 11 Mins 5 Secs
    Saya bukan suhu ataupun master, mencoba jawab. Sepanjang pengetahuan saya, keras empuknya bantingan antara lain dipengaruhi oleh jenis per dan shockabsorber (S/A). Pabrik mobil sdh memperhitungkan per dan S/A sesuai dgn bobot kendaraan. Dugaan saya bobot sedan mercy lbh berat dari ford laser, shg penggunaan per mercy akan mengurangi kenyamanan, apalagi kalau ulir per mercy dipotong. Saran saya, sebaiknya mengganti per dan S/A dgn yg standar (OEM) saja, baru atau seken yg msh kondisi baik. Melakukan modifikasi tatakan per juga memerlukan biaya, yg hasilnya blm tentu sesuai harapan. Semoga membantu

  4. #3
    Kopral Dua
    Location
    JAWA Tengah
    Posts
    26
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 4 Days 18 Hrs 28 Mins 31 Secs
    Quote Originally Posted by Dhannoe View Post
    Saya bukan suhu ataupun master, mencoba jawab. Sepanjang pengetahuan saya, keras empuknya bantingan antara lain dipengaruhi oleh jenis per dan shockabsorber (S/A). Pabrik mobil sdh memperhitungkan per dan S/A sesuai dgn bobot kendaraan. Dugaan saya bobot sedan mercy lbh berat dari ford laser, shg penggunaan per mercy akan mengurangi kenyamanan, apalagi kalau ulir per mercy dipotong. Saran saya, sebaiknya mengganti per dan S/A dgn yg standar (OEM) saja, baru atau seken yg msh kondisi baik. Melakukan modifikasi tatakan per juga memerlukan biaya, yg hasilnya blm tentu sesuai harapan. Semoga membantu
    om kalau oem (standartna ) gak enak trus pingin berasa naik mercy , paling gak biar nyaman nya mendekati gitu gmana?

  5. #4
    Letnan Satu
    Posts
    1,808
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 7 Hrs 16 Mins 4 Secs
    Spring rate nya beda

  6. #5
    Kopral Satu
    Posts
    87
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 12 Hrs 21 Mins 48 Secs
    sebaiknya agan cari tahu dulu panjang dan diameter besi pernya..

  7. #6
    Letnan Dua
    Posts
    1,344
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 2 Days 2 Hrs 11 Mins 5 Secs
    Kalau berasa tdk enak, mungkin per atau S/A sdh lemah atau rusak, tinggal diganti yg baru. Kalau pake per mercy kemungkinan malah lbh keras karena spring rate nya beda seperti kata agan diatas

  8. #7
    Letnan Dua
    Location
    tangerang
    Posts
    1,168
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 2 Wks 6 Days 16 Hrs 44 Mins 54 Secs
    Broo, kalau gw sih lebih baik u balikin lagi ke kondisi normalnya. Insinyur Ford jauh lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan tukang per. Mereka telah meriset kendaraan itu dengan semaksimal mungkin, kalau mau lebih enak mungkin Shock nya diganti dengan Gas punya. Skrg kalau lo trial n error coba2 pake iini itu belum tentu hasilnya sesuai dengan expektasi, yg ada buang2 duit (kecuali tkg per nya mau garansi uang kembali kalau diluar expektasi). Be smart bro

  9. #8
    Mayor
    Location
    -6.231436, 106.694695
    Posts
    4,636
    Power
    28 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 3 Wks 23 Hrs 50 Mins 32 Secs
    Quote Originally Posted by paiman View Post
    om kalau oem (standartna ) gak enak trus pingin berasa naik mercy , paling gak biar nyaman nya mendekati gitu gmana?
    Copot emblem fordnya, Beli emblem nya mercy , pasang ......, itu udah berasa naek mercy (10%) .....

    Bahkan rasa naek biem yang lebih mahal , ngga bisa dirubah jadi mercy walaupun lebih murah (dari biem) , ngga selalu mercy lebih baik , selera sifatnya personal .....

    Jual Ford nya , beli mercy ....... paling ekonomis dan praktis ....., bahkan bisa lebih murah dari biaya ganti per .....

  10. #9
    Sersan Kepala
    Location
    D.I. Yogyakarta
    Posts
    598
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 3 Days 18 Hrs 12 Mins 40 Secs
    Quote Originally Posted by jacks76 View Post
    Copot emblem fordnya, Beli emblem nya mercy , pasang ......, itu udah berasa naek mercy (10%) .....

    Bahkan rasa naek biem yang lebih mahal , ngga bisa dirubah jadi mercy walaupun lebih murah (dari biem) , ngga selalu mercy lebih baik , selera sifatnya personal .....

    Jual Ford nya , beli mercy ....... paling ekonomis dan praktis ....., bahkan bisa lebih murah dari biaya ganti per .....
    Jawabannya dah paling bener deh...

  11. #10
    Kopral Satu
    Posts
    53
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Days 3 Hrs 9 Mins 36 Secs
    Quote Originally Posted by Dhannoe View Post
    Saya bukan suhu ataupun master, mencoba jawab. Sepanjang pengetahuan saya, keras empuknya bantingan antara lain dipengaruhi oleh jenis per dan shockabsorber (S/A). Pabrik mobil sdh memperhitungkan per dan S/A sesuai dgn bobot kendaraan. Dugaan saya bobot sedan mercy lbh berat dari ford laser, shg penggunaan per mercy akan mengurangi kenyamanan, apalagi kalau ulir per mercy dipotong. Saran saya, sebaiknya mengganti per dan S/A dgn yg standar (OEM) saja, baru atau seken yg msh kondisi baik. Melakukan modifikasi tatakan per juga memerlukan biaya, yg hasilnya blm tentu sesuai harapan. Semoga membantu
    Quote Originally Posted by paiman View Post
    om kalau oem (standartna ) gak enak trus pingin berasa naik mercy , paling gak biar nyaman nya mendekati gitu gmana?
    Quote Originally Posted by Paijo5758 View Post
    Spring rate nya beda
    Quote Originally Posted by e36bimmer View Post
    sebaiknya agan cari tahu dulu panjang dan diameter besi pernya..
    Quote Originally Posted by Dhannoe View Post
    Kalau berasa tdk enak, mungkin per atau S/A sdh lemah atau rusak, tinggal diganti yg baru. Kalau pake per mercy kemungkinan malah lbh keras karena spring rate nya beda seperti kata agan diatas
    Quote Originally Posted by B8633CK View Post
    Broo, kalau gw sih lebih baik u balikin lagi ke kondisi normalnya. Insinyur Ford jauh lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan tukang per. Mereka telah meriset kendaraan itu dengan semaksimal mungkin, kalau mau lebih enak mungkin Shock nya diganti dengan Gas punya. Skrg kalau lo trial n error coba2 pake iini itu belum tentu hasilnya sesuai dengan expektasi, yg ada buang2 duit (kecuali tkg per nya mau garansi uang kembali kalau diluar expektasi). Be smart bro
    Makasih banget atas komen om Dhannoe, mas paiman, mas Paijo5758, om e36bimmer, dan om B8633CK.
    Harapan saya dengan penggantian per pake punya mercy (kabarnya yg pake avanza atau innova banyak pake punya mercy tiger), ketahanan dan kenyaman bisa meningkat dari pemakaian part standarnya.
    Bukannya mau mengatakan apa yang jadi standarnya itu jelek, tapi pengalaman saya selama 8 tahun bersama mobil ini, mobil ini boros banget pake shocknya, terutama bagian belakang yang mudah banget bodynya ambles dan shocknya mati. Malah yang terakhir ini, saya ganti shock belakang pake kayaba baru barengan dengan ganti oli. Sekarang belum sempat ganti oli lagi, shocknya sudah mati, body belakang mengayun berkali-kali, dan begitu angkut anak bini sudah ambles bannya ke dalam spakbor.
    Tadi sempet main ke bengkel per, katanya ini shock gampang mati karena pernya sudah lemah bener, jadi beban tertumpu semua pada ayunan shock. Tadi si tukang per bilang, per belakang ford ini mirip ukurannya dengan per depan punya suzuki futura. Tapi saya masih ngotot minta dia carikan dulu pernya mercy tiger.
    Sekalian mau nanya, apa bener jika per dipotong satu atau dua ulir, bisa membuat ayunan per tidak terlalu keras lagi? Karena tadi saat diskusi, saya bilang per mercy kan buat menahan bobot mercy yang lebih berat dari laser, pastinya akan membuat bantingan jadi keras saat dipasang di laser. Tukang pernya bilang, dipotong aja biar ayunannya jadi empuk. Dia mencontohkan ada mobil yang main potong per standar, selain langsung ceper, ayunannya juga jadi kelewat empuk. Dia juga yakin kalo per mercy lebih panjang, jadi gak masalah kalo dipotong sedikit, masih bisa membuatnya sama dengan tinggi per laser, tapi dengan bantingan yang lebih empuk.
    Saya juga lupa tadi mau ngukur berapa diameter per ford laser, karena tadi Cuma diskusi aja, gak main bongkar. Yang jelas saya masih mengharapkan ada masukan dari suhu, master dan om-om ganteng semua.
    Cheers.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
GT Radial MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTA Per Mercy Tiger untuk Innova Solar
    By davidleonardi in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 0
    Last Post: 25th April 2011, 15:51
  2. FS per belakang MERCY untuk jazz or city SOLDDDDDDDD
    By -niel- in forum Per & Shockbreaker
    Replies: 85
    Last Post: 6th January 2010, 22:15
  3. Replies: 7
    Last Post: 26th December 2009, 16:15
  4. Replies: 11
    Last Post: 14th April 2009, 11:36
  5. ASK---> COILOVER (SHOCK; PER) DTM UNTUK CIVIC FD
    By AHONG in forum Diskusi Kaki-Kaki
    Replies: 2
    Last Post: 25th August 2008, 22:27
Back to top