Sharing: Radiator Problem yok
Scuto Laminating Simota CRC Indonesia

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/6026
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Kolonel
    Location
    DJAKARTA TIMUR_______________
    Posts
    7,475
    Power
    26 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 6 Hrs 28 Mins 3 Secs

    Sharing: Radiator Problem yok

    guys kalian ada yg pernah punya masalah sm radiator mobil,
    share lah,
    gw mulai...
    knp sih?
    1.klo mobil2 eropa air radiatornya harus yg coolant,malahan coolantnya khusus lg yg mobil eropa?
    emang pengaruh klo di isi air putih biasa apa?
    2.awal2 gw punya mobil korea, hyd accent. gw jg pke radiator coolant cuman kok anehnya aircoolant itu lama klamaan menguning dan bau knp ya?
    -eh pas gw kuras,ditukang radiator n diganti sm air tadahan ac rumah, si air radiator ga menguning malahan nomal aja,ga kurang jg. setlah dipake lama.

    guys kalian ngerawat radiator stiap brp km/sdh brasa apanya?
    klo gw pas temp di dasbord udh ga normal gw lgs ketukang radiator,
    minimal dikuras lg tuh radiator...

    -sampe skr gw masi bingung bagusan air radiator coolant atau air biasa (bukan air ledeng yg mngandung zat besi) utk radiator itu?
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ~~~~

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kapten
    Location
    eNZed
    Posts
    2,003
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 56 Mins 27 Secs
    well, yg bagus itu pake coolant campur aer 50:50, jgn 100% coolant ijo ato yg warna2 laennya.

    fungsi coolant ada bbrp, anti-corrosive, lubricating, increase boiling point, dan ada bbrp laennya gw dah ga inget.

    sebaiknya, jgn isi cuma pake aer doang, yg plg parah adalah aer ledeng. bbrp daerah di jkt (di luar kota gw ga tau) aer tanahnya byk zat besi. contoh kl lo isi bak mandi, 3 hari pasti lgs kuning2 ngendep dibawahnya. trus, kl pake aer ledeng, ada kemungkinan kotoran2 (debris) yg ikut kepompa ama jetpump elo. so, sgt ga disarankan.

    trus mo isi aer radiator pake apa? nah, slh satu caranya pake filter aer. wah, mahal dong... nggak, ga pake mahal kok. gw dirumah filter aer cuma pake pot yg gedenya sebagong, yg ada moncong aernya dipinggirnya, trus diisi pake pasir yg g ga tau dapet dr mana. yg jelas, pasirnya harus yg halus. trus ya uda, lo saring aja aer ledengnya. simsalabim, selama ini ga perna kuning... g sendiri sampe heran. hehehehe. (thx to my mom n dad who found this way out.... although we still using modern kind of filter along the water pipe. hahahaha).

    utk aer tadahan ac, kl lo paham fisika, itu sebenernya uda termasuk 'distilled water'... ato aer suling. well, prinsipnya si kurang lebi kyk gt lah. hehehehe. jd aer yg ada itu diambil dr kelembaban yg terkandung di udara. jd aer yg ada itu cenderung murni (plus kotoran2 debu yg biasanya ada di sistem drainase ac tsb).

    kalo yg pake ac diruma kan plg takut kl ac-nya bocor.... nah, itu sebenernya yg bocor adl saluran drainase dr indoor-unit ac ke luar. biasanya kesumbat dgn debu2 yg berterbangan yg kemudian terhisap ke ac. sistem re-circulating lbh mending drpd sistem window, dmn udara luar yg dihisap, disaring, di dinginkan, dan kemudian di'tiup' kedlm ruangan.

    utk ngejawab, kl lo bisa dapetin air minum rendah ato tanpa mineral, itu bisa lo pake. ato kl ga, lo bisa saring aer ledeng dgn cara g yg g jelasin diatas tadi.

    oot dikit, but informatif, masalah2 yg berkaitan di sistem pendingin mobil, retak di tangki radiator (krn cenderung dibuat dr plastik, so krn terus menerus kena panas, bisa 'aus'. tangki disini bukanlah reservoir). hal laen yg lo perhatikan adl waterpump. ganti waterpump wkt lo ganti timing belt, jd pas lg dibongkar skalian diganti. hal laen coolant hose. cek apakah sudah melunak ato masi kokoh. kl suda lunak, artinya karetnya uda 'expired'... hehehehe. mending ganti baru drpd ntar malah bocor. jgn lupa, aer yg lewat di coolant hoses elo itu panas... sangat panas.

  4. #3
    birend
    Guest
    klo gw sih ngerawat radiator cm pake air jet pam yg disaring pake filter carbon.. sekitar 2 minggu sekali dikuras dgn ngidupin mesin.. tiap ganti oli mesin, gw pake radiator flush..

    klo lagi males ya tukang radiator.. kena 80rb sih..

    dulu2 sih pake coolant, tapi semenjak radiator gw jebol (gara2 tangkinya retak) n mengakibatkan overheating n mogok di tengah jalan macet.. (untung gak ada yg bengkok).. gw pake aer aja de.. sekalian ngecek..

    Btw klo radiator coolant yg udah galonan masa dicampur lagi?? itu bukannya buat botol kecil??

  5. #4
    Letnan Satu
    Location
    diSkoTiK (di sisi kota saeutik)
    Posts
    1,868
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Gue sih 3 bulan sekali. 50 persen air suling, 30 coolant, sisanya Redline water wetter.

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    DJAKARTA TIMUR_______________
    Posts
    7,475
    Power
    26 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 6 Hrs 28 Mins 3 Secs
    guys, ada pengaruh ga sih klo kita sering ganti2 air raditaor dr coolant ke air biasa,
    trus ke coolant lg...
    trus tutup radiator klo kita ganti2 ada efek ga?
    apa harus sesuaiin dgn ukuran
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ~~~~

  7. #6
    birend
    Guest
    klo gw sih klo ganti media, gw servis kuras total ke bengkel.. biar bersih.. btw besok gw mo ganti media pake air aki.. gara2 ada postingan gini gw jadi inget pake air aki aja..

    setahu gw si.. di tutup radiator itu ada ukuran tekanan (bar klo gak salah).. nah ukuran ini yg klo bisa jgn diganti.. soalnya ukuran tekanan ini yg akan membuat tutup radiator ngelepasin hawa panas yg ada di radiator..

    nah klo kita ganti tutup yg tekanan lebih besar.. malah gak lepas2 tuh.. trus nanti malah radiatornya yg jebol..

    koreksi klo salah ya..

  8. #7
    Kapten
    Location
    JERMAN JEJERAN MATRAMAN
    Posts
    2,828
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 22 Hrs 49 Mins 36 Secs
    bersihkan pakai air hangat, terus keringkan, pakai air biasa sampai temperatur satbil, kuras lagi terus paki coolent 2 minngu seklai dijamin mobil lo uenakkk
    @Baksorawitjkt @mukemen
    mau usaha kuliner ? langsung hubungi saya..

    call/wa : 0817708598
    PIN BB : 553896B4

  9. #8
    Kopral Dua
    Posts
    35
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 41 Mins 49 Secs
    klo gw sih pke
    Prestone yg Ready to Use aj
    harganya skitar 50rban
    klo kuras radiator pling cma 1 galon lebih (kijang)
    radiator gw bersih tuh
    collantnya juga lama kurangnya




    __________________________________
    Kijang Merah '87
    3 Doors Only

  10. #9
    Mayor Jendral
    Posts
    15,389
    Power
    124 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Mths 3 Wks 2 Days 18 Hrs 11 Mins 19 Secs
    sy seh pakai air mineral biasa aja....rajin2 dikuras aja...or air accu juga ....
    Jika kau minta aku untuk mengkhianati negaraku......
    Maka siapkanlah kuburku.......
    Kan kucium tanah ibu pertiwi dengan darah dan tulangku......
    -unknown-

  11. #10
    Prajurit
    Posts
    17
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    29 Secs
    kalau yang mau pakai air destilasi (sebangsa air sisa evaporator ac), beli saja di apotik atau toko kimia. biasanya dipakai untuk pelarut di lab-lab kimia.

    kalau bisa jangan pakai air mineral, karena ketika panas, akan menimbulkan deposit, alias kerak-2. Kecuali pakai air minum yang akhir-akhir ini dipakai untuk jelek-jelekin air mineral bermerek. Itu lho yang pakai elektrolisa terus kalau air minum bermerek jadi coklat-2.

    radiator coolant gak semuanya bagus, karena gak semuanya mengandung coolant. pilih merek-merek yang sudah terpercaya saja.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Mitsubishi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 5
    Last Post: 30th September 2010, 07:43
  2. Replies: 2
    Last Post: 28th October 2009, 20:36
  3. Help radiator problem !!
    By AK-47 in forum Diskusi Mesin
    Replies: 28
    Last Post: 14th August 2007, 21:20
  4. radiator problem
    By breavery in forum Diskusi Mesin
    Replies: 45
    Last Post: 16th January 2007, 16:22
  5. Replies: 13
    Last Post: 5th June 2006, 20:05
Back to top