[HELP] ECU + engine management system
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/59836
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Mayor
    Location
    middle of nowhere
    Posts
    3,286
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 2 Days 20 Hrs 51 Mins 3 Secs

    [HELP] ECU + engine management system

    numpang mencari pencerahan nih sodara2... mohon bantuan sesepuh disini...

    mobil saya, picanto matic 2005, mesin orisinal, hanya ganti exhaust system saja, muffler chambered...

    mobil saya terasa belet dan lemot, sepertinya susah menyesuaikan dengan kebutuhan mengemudi saya... dan juga berat pada saat saya mau menambah kecepatan dari posisi cruising santai 60kmh... kadang kala, saya sudah membejek gas dalam2 tapi dia tetep saja g mau mengoper gigi... cuma nahan aja di gigi itu...
    plus klo macet, suka terasa sentakan saat stop and go...

    akibatnya bensin suka lebih boros n kurang enak dibawa...

    setelah di cek oleh montir dengan scanner, katanya COMPUTER mobil saya error...

    saya mau tanya, apakah bisa computer begitu eror? soalnya sama sekali tidak di apa2in... bisa g tuh masalhnya ilang dengan pasang yang baru?

    emangnya banyak juga y kasus seperti ini, computer mobil eror?

    apakah yang dimaksud dengan computer itu adalah ECU / engine management system? sama kah dengan unichip atau dastek dan semacamnya?


    mohon pencerahan...
    http://i634.photobucket.com/albums/u...50BEC6C9D5.jpg
    dijual rumah bebas banjir, lokasi jakapermai, bekasi barat. hubungi 081293637090 (willy)

  2. clickbet88.com
  3. #2
    Sersan Kepala
    Location
    Karangasem
    Posts
    656
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 14 Mins 14 Secs
    Quote Originally Posted by P_can_too View Post
    numpang mencari pencerahan nih sodara2... mohon bantuan sesepuh disini...

    mobil saya, picanto matic 2005, mesin orisinal, hanya ganti exhaust system saja, muffler chambered...

    mobil saya terasa belet dan lemot, sepertinya susah menyesuaikan dengan kebutuhan mengemudi saya... dan juga berat pada saat saya mau menambah kecepatan dari posisi cruising santai 60kmh... kadang kala, saya sudah membejek gas dalam2 tapi dia tetep saja g mau mengoper gigi... cuma nahan aja di gigi itu...
    plus klo macet, suka terasa sentakan saat stop and go...

    akibatnya bensin suka lebih boros n kurang enak dibawa...

    setelah di cek oleh montir dengan scanner, katanya COMPUTER mobil saya error...

    saya mau tanya, apakah bisa computer begitu eror? soalnya sama sekali tidak di apa2in... bisa g tuh masalhnya ilang dengan pasang yang baru?

    emangnya banyak juga y kasus seperti ini, computer mobil eror?

    apakah yang dimaksud dengan computer itu adalah ECU / engine management system? sama kah dengan unichip atau dastek dan semacamnya?


    mohon pencerahan...
    bantu sebisanya yg saya tau ya...
    untuk transmisi matic biasanya ada yg masih pake manual governor (ada kabel gas yg menghubungkan transmisi ke trotel bodi, biasanya tipe lama), ada juga yg menggunakan solenoid yg digerakkan TransmissionControlModule (TCM) / ECU. nah kalo tipe yg terakhir ini sangat tergantung dari kesehatan TCM/ECUnya sendiri. ada yg built in dalam ECUnya atau terpisah (mobil seperti punya 2 ECU, untuk mesin & Transmisi, kayak galant kalo gak salah). ECU / TCM dalam menentukan titik perpindahan gigi, kick down, dsb, tergantung dengan inputan dari sensor2 sperti: RPM mesin, RPM poros input & output, temp. suhu oli transmisi, posisi pedal gas, dsb. sensor2 ini biasanya dipantau apabila mengalami malfungsi atau datanya tidak cocok & tercatat dalam kode2 error. ini yg bisa dipanggil u/ dilihat oleh scanner. saya rasa semua benda buatan manusia bisa rusak, bgitu pula ECU / TCM. cuman perlu dipastikan sebelum memvonis TCM/ECU rusak, apakah tidak ada kode error yg terekam dalam memori, apakah kualitas oli transmisi masih bagus & cukup, cocokkah data2 inputan dengan kondisi sebenarnya, dll. mungkin segitu aja yg saya tau. CMIIW ya...

  4. #3
    Brigadir Jendral
    Location
    BJAmodified Bandung
    Posts
    10,744
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 18 Hrs 39 Mins 17 Secs
    Wakakak sm dgn odysey gw kmrn nih,tryata sinyal k maticnya lemah

  5. #4
    Mayor
    Location
    middle of nowhere
    Posts
    3,286
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 2 Days 20 Hrs 51 Mins 3 Secs
    Quote Originally Posted by B45 View Post
    bantu sebisanya yg saya tau ya...
    untuk transmisi matic biasanya ada yg masih pake manual governor (ada kabel gas yg menghubungkan transmisi ke trotel bodi, biasanya tipe lama), ada juga yg menggunakan solenoid yg digerakkan TransmissionControlModule (TCM) / ECU. nah kalo tipe yg terakhir ini sangat tergantung dari kesehatan TCM/ECUnya sendiri. ada yg built in dalam ECUnya atau terpisah (mobil seperti punya 2 ECU, untuk mesin & Transmisi, kayak galant kalo gak salah). ECU / TCM dalam menentukan titik perpindahan gigi, kick down, dsb, tergantung dengan inputan dari sensor2 sperti: RPM mesin, RPM poros input & output, temp. suhu oli transmisi, posisi pedal gas, dsb. sensor2 ini biasanya dipantau apabila mengalami malfungsi atau datanya tidak cocok & tercatat dalam kode2 error. ini yg bisa dipanggil u/ dilihat oleh scanner. saya rasa semua benda buatan manusia bisa rusak, bgitu pula ECU / TCM. cuman perlu dipastikan sebelum memvonis TCM/ECU rusak, apakah tidak ada kode error yg terekam dalam memori, apakah kualitas oli transmisi masih bagus & cukup, cocokkah data2 inputan dengan kondisi sebenarnya, dll. mungkin segitu aja yg saya tau. CMIIW ya...
    wah... lengkap nih... hehehe... thanks y...

    klo soal yangf laen2 seh sudah saya dahulukan sebelum memvonis computer...

    punya saya seh komponen gasnya masih kovensional alias masih pake kabel gas, belum by-wire... itu semua juga udah distel ulang, dibersihin, reset com di kia (sempat muncul angka negatif), stel klep n semuanya deh... tapi masih g sembuh juga...

    saya udah ganti oli, oli transmisi dan laen2... bahkan saya sampe ganti timing-belt sebelum 50.000km... tapi ternyata masalah ini g selese2 juga... g sedikit nih makan biaya, makanya gw mau cari bener2 lagi sumber masalah n benerin sampe tuntas... hehehe....


    Quote Originally Posted by RETROtuning View Post
    Wakakak sm dgn odysey gw kmrn nih,tryata sinyal k maticnya lemah
    terus loe apain tuh bos mobil loe? loe ganti? ori ato aftermarket?
    http://i634.photobucket.com/albums/u...50BEC6C9D5.jpg
    dijual rumah bebas banjir, lokasi jakapermai, bekasi barat. hubungi 081293637090 (willy)

  6. #5
    Sersan Kepala
    Location
    Karangasem
    Posts
    656
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 14 Mins 14 Secs
    Quote Originally Posted by P_can_too View Post
    wah... lengkap nih... hehehe... thanks y...

    klo soal yangf laen2 seh sudah saya dahulukan sebelum memvonis computer...

    punya saya seh komponen gasnya masih kovensional alias masih pake kabel gas, belum by-wire... itu semua juga udah distel ulang, dibersihin, reset com di kia (sempat muncul angka negatif), stel klep n semuanya deh... tapi masih g sembuh juga...

    saya udah ganti oli, oli transmisi dan laen2... bahkan saya sampe ganti timing-belt sebelum 50.000km... tapi ternyata masalah ini g selese2 juga... g sedikit nih makan biaya, makanya gw mau cari bener2 lagi sumber masalah n benerin sampe tuntas... hehehe....




    terus loe apain tuh bos mobil loe? loe ganti? ori ato aftermarket?
    komponen gas? maksudnya kabel gas? kalo transmisi matic yg tipe lama, biasanya kabel gas di throttle bodynya ada 2. yg satu digerakkan pedal gas pengemudi, yg satu lagi menggerakkan sistem governor transmisi (kalo gak salah namanya gitu). kalo picanto rasanya transmisinya udah dikontrol ECU. cara paling gampang, coba aja di Scan secara seksama, biar gak salah diagnosa. CMIIW ya...

  7. #6
    Brigadir Jendral
    Location
    BJAmodified Bandung
    Posts
    10,744
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 18 Hrs 39 Mins 17 Secs
    Benerin di bengkel resmi honda skalian ganti oli maticnya hbis 1,1jt

  8. #7
    Mayor
    Location
    middle of nowhere
    Posts
    3,286
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 2 Days 20 Hrs 51 Mins 3 Secs
    Quote Originally Posted by B45 View Post
    komponen gas? maksudnya kabel gas? kalo transmisi matic yg tipe lama, biasanya kabel gas di throttle bodynya ada 2. yg satu digerakkan pedal gas pengemudi, yg satu lagi menggerakkan sistem governor transmisi (kalo gak salah namanya gitu). kalo picanto rasanya transmisinya udah dikontrol ECU. cara paling gampang, coba aja di Scan secara seksama, biar gak salah diagnosa. CMIIW ya...
    ho... begitu... seph dah... thanks banget neh bos infonya....

    maap2, bahasa gw masih amatiran banget, jadi susah gw ngetiknya... hehehe....

    klo misalnya bener computer, apakah itu bisa selesai dengan pasang unichip / dastek?


    Quote Originally Posted by RETROtuning View Post
    Benerin di bengkel resmi honda skalian ganti oli maticnya hbis 1,1jt
    wah... bengkel resmi pada payah, g kena diagnosanya n makan waktu sampe seharian, g sembuh pula...

    mesti cari bengkel mantab neh...

    thanks infonya y... hehhee...
    http://i634.photobucket.com/albums/u...50BEC6C9D5.jpg
    dijual rumah bebas banjir, lokasi jakapermai, bekasi barat. hubungi 081293637090 (willy)

  9. #8
    Sersan Kepala
    Location
    Karangasem
    Posts
    656
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 14 Mins 14 Secs
    Quote Originally Posted by P_can_too View Post
    ho... begitu... seph dah... thanks banget neh bos infonya....

    maap2, bahasa gw masih amatiran banget, jadi susah gw ngetiknya... hehehe....

    klo misalnya bener computer, apakah itu bisa selesai dengan pasang unichip / dastek?




    wah... bengkel resmi pada payah, g kena diagnosanya n makan waktu sampe seharian, g sembuh pula...

    mesti cari bengkel mantab neh...

    thanks infonya y... hehhee...
    Sorry, gak tau apakah unichip / dastek bisa menangani transmisi matik atau tidak. mungkin langsung ke ybs aja.. masih newbie nih.

  10. #9
    Mayor
    Location
    middle of nowhere
    Posts
    3,286
    Power
    16 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 2 Days 20 Hrs 51 Mins 3 Secs
    Quote Originally Posted by B45 View Post
    Sorry, gak tau apakah unichip / dastek bisa menangani transmisi matik atau tidak. mungkin langsung ke ybs aja.. masih newbie nih.
    ho... seph deh... thanks y bos... hehehe...
    http://i634.photobucket.com/albums/u...50BEC6C9D5.jpg
    dijual rumah bebas banjir, lokasi jakapermai, bekasi barat. hubungi 081293637090 (willy)

  11. #10
    Brigadir Jendral
    Location
    BJAmodified Bandung
    Posts
    10,744
    Power
    34 
    M-Store Point
    0
    Online
    6 Days 18 Hrs 39 Mins 17 Secs
    dastek ga bs n ga ad hubungannya k matic lu,lu coba bw k ricardo matic aj

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
Datsun 300x250 NGK Busi

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. 4G63 Short Block + EMS (Engine Management System)
    By bluesman in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 8
    Last Post: 1st February 2012, 15:07
  2. WTB: WTB: Engine Management (stand alone) buat bmw
    By Stinky Pinky in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 20th February 2009, 18:36
Back to top