Ask: Leak down test
Scuto Laminating Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/59787
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Sersan Satu
    Posts
    477
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 5 Hrs 5 Mins 55 Secs

    Question Ask: Leak down test

    All,

    mau nanya bengkel mana yg punya jasa untuk leak down test di bandung ?
    pls share infonya yah..

    ps: leak down test ini tes kebocoran kompresi mesin yg lebih akurat dibanding test kompresi dengan alat compression gauge.

    Thks

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Sersan Satu
    Posts
    477
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 5 Hrs 5 Mins 55 Secs
    kok ga da yg tau yah...

  4. #3
    ID Ini Dicurigai Melakukan Penipuan di http://modifika.si/586663
    Location
    Unknown
    Posts
    28,627
    Power
    134 
    M-Store Point
    0
    Online
    5 Days 4 Hrs 39 Mins 17 Secs
    wah baru denger tuh cara ky gitu.....

  5. #4
    Sersan Satu
    Posts
    477
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 5 Hrs 5 Mins 55 Secs
    Mungkin masih awam yah buat bengkel2 di indo, kl di LN hampir semua bengkel tuh pake cara ini
    Sedikit yg gw tau prinsipnya:
    Tes pake compression gauge itu untuk memastikan jeroan blok mesin (piston dan oil ring) masih ok atau ga
    Kalo blok ok, tapi masih ada kebocoran kompresi berarti sumber kebocoran ada di head
    Nah leak down test ini untuk mencari detail sumber kebocoran di head, bisa seal klep, retak rambut, gasket,dll jadi part yg diganti sesuai dg kerusakannya.

    Thks

  6. #5
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,777
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 3 Hrs 58 Mins 42 Secs
    Quote Originally Posted by bemyself View Post
    Mungkin masih awam yah buat bengkel2 di indo, kl di LN hampir semua bengkel tuh pake cara ini
    Sedikit yg gw tau prinsipnya:
    Tes pake compression gauge itu untuk memastikan jeroan blok mesin (piston dan oil ring) masih ok atau ga
    Kalo blok ok, tapi masih ada kebocoran kompresi berarti sumber kebocoran ada di head
    Nah leak down test ini untuk mencari detail sumber kebocoran di head, bisa seal klep, retak rambut, gasket,dll jadi part yg diganti sesuai dg kerusakannya.

    Thks
    leak down test yg kayak tuner di luar sono ya..? yg meterannya da 2.. yg atu kompresi dari mesin, yg atu lagy ngukur kompresi angin di ruang bakar dari kompresor.

    keknya orang Indonesia bisa bikin nih...

    ++ Klo saya lebih yakin pake test OLI mesin ... klo kompresi tiba2 naik... berarti Ring/Liner rusak ( turun mesin Full)... tapi klo kompresinya tetep kayak semula, berarti kebocoran ada di Klep, Paking, atau Head (retak rambut).. ( turun mesin setengah aja)..
    0812-182-862-05

  7. #6
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,777
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 3 Hrs 58 Mins 42 Secs
    Yang ini bukan....?
    0812-182-862-05

  8. #7
    Sersan Satu
    Posts
    477
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 5 Hrs 5 Mins 55 Secs
    Yup betul bro..
    emang ga ada ya di indo ??
    udah wet test pake oli juga hasilnya sih sama ama dry test, cuman gejalanya tuh kyk ringnya yg kena, akselerasi ngebul.

    thks

  9. #8
    Sersan Kepala
    Location
    Karangasem
    Posts
    656
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 13 Mins 11 Secs
    Quote Originally Posted by bemyself View Post
    Yup betul bro..
    emang ga ada ya di indo ??
    udah wet test pake oli juga hasilnya sih sama ama dry test, cuman gejalanya tuh kyk ringnya yg kena, akselerasi ngebul.

    thks
    numpang ya...
    kalo ngebul, kadang2 gak terdeteksi sama test kompresi & cylinder leak test. cara yg paling efektif musti buka cylinder head, trus mesin distarter kira2 1menit untuk melihat adanya oli dari karter naik ke ruang bakar. sering kasus mobil ngebul, ditest kompresi baik, test leak down, gak lebih dari 5%, cuman setelah dibuka head, mesin dipompa (distarter dengan tanpa head), oli terlihat naik.
    satu lagi... kadang ngebul disebabkan oleh bushing klep yg aus, sehingga oli turun ke saluran intake & masuk ke ruang bakar. semoga benar yaaa....

  10. #9
    Kapten
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,777
    Power
    13 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 3 Hrs 58 Mins 42 Secs
    Bushing Klep = Valve Guide = BOS KLEP.. bentuknya panjang..

    tapi ada baiknya periksa Batang klep & Bos klep selagi turun HEAD..
    0812-182-862-05

  11. #10
    Sersan Satu
    Posts
    477
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 5 Hrs 5 Mins 55 Secs
    o bisa yah starter tanpa head, ga bahaya buat puli2nya tanpa timing belt ? trs kan ada water jacket di block mesin, kl tanpa paking head nti airnya masuk ke silinder ?
    rencana siy turun head, tp takutnya dah ganti gasket kit n valve seal tnyta msh blm sembuh jg,kl OH full tnyata ring piston masih ok kan sayang ngabisin duit byk.
    btw, kl bisa cara test starter tanpa head bole jg tuh,jadi ga perlu turun full pas di cek head nya.

    thks bro

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi Venom 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. TEST JUAL N TEST HARGA
    By fedboy in forum Merk Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 21st November 2008, 14:58
Back to top