[INFO] Audio Tuning Measurements...(page:10)... - Page 2
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 2 of 31 FirstFirst 123456 ... LastLast
Results 11 to 20 of 308
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/5775
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #11
    ceking
    Guest
    thank a lot

  2. #12
    speaker
    Guest
    Quote Originally Posted by T-ners
    duh, ilmu masih cetek kk.
    gw masi berguru dengan yg laen....
    lho..., koq ??? :smt017
    yaa...aaahh, selesai dah ceritanya..... :smt009

  3. #13
    Kapten
    Posts
    2,974
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 19 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by zig3n
    Thank you Guys...atas comment nya...ini ilmu dasar doang (malu2-in... :smt004 ), dulu gue pernah dapet waktu ikutan jadi Judge di IASCA Sydney...udah lama sih...waktu gue kuliah dulu...sekalian hobby... :smt005

    Ntar masalah TA...gue lagi cari bukti2 nya dulu di mobil gue...mpe sekarang belom dapet yg enak... :smt013

    Sekarang mobil gue pake barang2 lama doang...
    Ini pic-nya...gue gergaji sendiri...setting suara sendiri...capek banget...tapi puas brooo... :smt003



    Kalo setting suara gua pake CD IASCA...yang dulu biasa gue pake buat Competition...tapi masih belom ada cara ngatur TA...makanya gue bingung nih...Boss T-ners...help...gimana cara ngatur TA supaya kursi kanan/kiri dapet yang paling enak dong...Thank you dulu Boss Tners... :smt002



    wah2 salut broo....
    manteb audionya...!!
    bikin sendiri lagi^^
    gw juga mau dunk dibikinin :p
    tp itu tweeternya mang bole ditaro di situ ya ??
    katanya bisa nimbulin efek horn klo ditaro di situ...

  4. #14
    Sersan Kepala
    Location
    JKT-PIK
    Posts
    567
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 12 Hrs 48 Mins 13 Secs
    Bosss...jangan di Sticky...malu2-in Boss....

    2 Boss Fen-D: efect horn...? tergantung Equalizer cara setting-nya gimana...biasa nya effect horn karena suara pada freq tertentu berlebihan...makanya di potong (reduced) pake EQ (cari yang 30band kiri kanan terpisah)...atau lebih gampang di belakang nya pake peredam...

    2 Boss Speaker: Boss...ini cuman mo bagi ilmu lagi yaa...NO OFFENCE...buat penjelasan Crossover....nanti kalo sempet gue bikin lagi yang EQUALIZER...mumpung kantor lagi nggak banyak kerjaan...



    “CROSSOVER?

    Tugas utama dari CROSSOVER atau biasa di bilang XOVER, untuk memotong frequency suara yang akan di hasil kan oleh sebuah loudspeaker. Para ModCom sudah mengetahui bahwa telinga normal dapat mendengar frequency suara dari 20 Hz sampai 20,000 Hz…(asal sering korek kuping…)…walapun sebenarnya freq 20 Hz – 30Hz cuman getaran doang sih…(Vibrator kaleee…)…

    “CROSSOVER’s SLOPE?

    Yuk…ngomong tentang “titik curam? atau keren nya “Slope? dari Xover…ada tingkat-an dari kecuraman Xover yaitu:
    -6dB/Octave,
    -12dB/Octave,
    -18dB/Octave,
    -24dB/Octave, dan
    -36dB/Octave… (mau lebih curam lagi tergantung processor-nya…)



    Dan juga ada 2 hal terpenting:
    Low-Pass Filter
    High-Pass Filter

    Lihat gambar berikut dah….3-way active system…



    Nilai dari titik potong freq pada Xover pada umum-nya selalu -3dB pada nilai freq Xover…contoh…kita akan memotong freq untuk sebuah Tweeter…yang umum-nya selalu di High-Pass pada freq 2.5 kHz…guna nya supaya frequency rendah yg tidak dapat di produksi oleh tweeter tidak sampai ke tweeter….seperti suara bass (yg getaran nya kaya vibrator..)…kalo masuk ke tweeter…bahaya Boss…bisa jebol tuh tweeter…robek dong…

    Sekarang mari kita terapkan pada tweeter tersebut…apabila dari pabrik-an pembuat speaker ngomong tweeter minimum harus memakai Xover -18dB/Octave @ 2.5 kHz….yang pada freq 1.6 kHz tercatat di bawah -36 dB…seperti gambar…



    Maka, apabila kita menggunakan slope -6dB/Octave pada freq yg sama yaitu 2.5 kHz, tweeter tersebut akan menerima signal freq di 1.6kHz di sekitar -9 dB, sehingga getaran pada konus melebihi kemampuan-nya…(gampang nya kaya 6in Mid/Bass di umpan signal buat Subwoofer truz di pake bass boost +12dB @ 45Hz…bisa jebol…)…ini juga sama dgn tweeter…tentu aja bisa jebol juga….ini lah kegunaan dari crossover…

    Catatan: setiap kelipatan 3dB, telinga kita se-akan-akan merasa speaker lebih kencang 2x lipat…gimana dgn yg di atas? Perbedaan slope antara -6dB dgn -18dB @ 1.6kHz yaitu sekitar 18dB…(6x lipat lebih kencang)…jelas tweeter jebol dong…

    Demikian juga dengan antara Mid/Bass dan Subwoofer…kita akan mem-protect Mid/Bass agar suara di bawah 63 Hz tidak di terima oleh Mid/Bass, karena signal di bawah 63 Hz akan menghasilkan geteran bass yang kuat…

    “Crossover Passive?

    Kalo kita membeli speaker buat depan, biasa-nya kita beli 2-way Compenent (Splits)…1in Tweeter, 6in Mid/Bass, dan Passive Xover yang sudah di tuning menggunakan capacitor, coil (gulungan kuningan), dan resistor…

    Pihak pabrik manufacture speaker, apabila…(kalo speaker bagus ya Guyz…)…sudah men-research titik potong freq Xover pada mobil2 ukuran tertentu (Large sedan, mid sedan, SUV, small sedan, dll) sehingga dapat di aplikasi pada semua kendaraan. Tentu saja dengan kompensasi tidak sempurna nya frequency yang di hasil kan…

    Mari kita ambil contoh: sebuah speaker apabila di install, let’s say a Toyota Fortuner, suara yang di dapat dengan menggunakan RTA seperti gambar di bawah sangat-lah perfect.



    Akan tetapi kalau kita ganti mobil, let’s say a Honda Jazz, suara yang di dapat tidak sempurna atau tidak “Flat?…yang mungkin dikarenakan ruang di Jazz lebih kecil sehingga berakibat suara terdapat “Hill? peak pada crossover freq.



    Di sini lah para installer menyarankan harus menggunakan “Custom Crossover? buatan mereka…yang guna-nya untuk membuat response speaker pada Jazz sebaik pada Foruner…dengan catatan…installer tersebut harus punya RTA (Real Time Analyzer) untuk mem-bukti-kan titik potong freq yang harus mereka tentukan…kalo nggak punya RTA…cuman “Kira-kira?…sama juga bo’ong….udah mahal…suara belum tentu bener…

    Note: jadi "Custom Xover" hanya bisa berlaku hanya pada mobil yang telah di install…kalo pindah ke mobil lain…belum tentu enak suara-nya….

    Dengan menurunkan / merendahkan titik potong pada Low-Pass di Mid/Woofer…sehingga freq “Overlapping? dapat di minimal-kan…



    "CROSSOVER ACTIVE"

    Prinsip kerja-nya sama dengan "Passive" hanya Active lebih flexible, dapat di adjust semau kita...tidak merubah component seperti Passive...dan juga dapat di setting untuk semua mobil...(kalo ada duit buat beli boil lagi...gue lagi bokek nih...proyek pemerintah gue berkurang tahun ini...hiks..)...

    Di sini lah…mengapa pada “Head Unit? zaman sekarang sudah ada fitur adjustable 3-way active crossover…guna nya untuk lebih menolong fleksibilitas dalam mengatur titik potong freq crossover dan juga slope dari crossover itu sendiri…setiap mobil yang berbeda dapat di tuning sebaik mungkin…(dengan catatan pake RTA and juga telinga yaaa…)

    "CONCLUSION"

    Kalau “Passive? sudah patent…nggak bisa di rubah se-enak-nya…(perlu ganti capacitor, coil, resistor)…sedangkan kalau “Active? tinggal pencet, puter…enak yaahhh…tapi minus nya perlu amplifier tambahan…dan yang penting tuning pake RTA

    Inti nya Active Crossover lebih flexible…dalam men-setting suara…karena kadang2 kita mendengar speaker…?kok kaya nya suara vocal nggak nyambung ke tweeter??....?kok suara vocal di bawah banget??…ini karena titik potong Low-Pass freq pada crossover untuk Mid terlalu rendah atau Hi-Pass untuk Tweeter terlalu tinggi…dan juga sebaliknya...jadi recommended selalu pake RTA untuk check….(hareee geneee…cari yang pasti-pasti aja deh…jangan “kira-kira?…)…

    Guys...and para Installer…NO OFFENCE…ini cuman pendapat dan pengetahuan gue aja yaa…kalo ada yang kurang…tolong di koreksi…Thank you…

    Masih masalah TA nih...masih belom ketemu cara setting yang bener gimana?

    Thank you...

  5. #15
    Kapten
    Posts
    2,974
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 19 Mins 9 Secs
    oww, efek horn bisa diilangin pake EQ juga ya ??
    kirain cuman bisa pake peredam

    wih tambah ilmu ni tread....

    moderator "LENGKETIN" aja ni tread.....

  6. #16
    Letnan Satu
    Location
    JAKARTA
    Posts
    1,659
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Hrs 11 Mins 20 Secs
    good thread, stick it up :smt003

    udah lama nih gak ada yang posting ilmu kayak begini, mantap bos zig3n.

    btw bos zig3n, itu yang diatas HU ditutup pake apa ya? rapih bos

  7. #17
    Sersan Kepala
    Location
    JKT-PIK
    Posts
    567
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 12 Hrs 48 Mins 13 Secs
    2CumiGorengTepung: yg di atas HU cuman beli di kemayoran...itu loohhh...waktu beli ada laci-nya...kalo di tarik buat taruh gelas and tempat taruh coin recehan...cuman gue jebol...buang dehh laci-nya...jadi bisa buat tampung CD...murah kok...thx...

  8. #18
    Sersan Kepala
    Location
    JKT-PIK
    Posts
    567
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Wk 5 Days 12 Hrs 48 Mins 13 Secs
    Sorry Boss kelupaan...kalo pake "Passive Crossover" suara memang lebih terasa "Analogue" bukan "Digital"...tetapi Head Unit jaman sekarang kebanyakan udah suara "Digital"...kalo mao pake "D/A" converter...yakin suara "Analogue" truz pake "Custom Passive"...pasti enak banget deehhh...

    Oh iya...titik curam potong freq. berpengaruh pada "Phase" dari speaker...contoh:

    at -0db/Oct => normal laahhh...(kan nggak di potong...)
    at -12dB/Oct => 180deg Phase...(kaya SubW phase 0deg / 180deg...)
    at -24dB/Oct => 360deg Phase....(Balik normal..)

    Sorry...Bosss...memang "Belum Tentu" speaker system dgn "Custom" passive crossover contoh-nya di pindah dari mobil Fortuner ke Jazz jadi jelek suara nya...ini cuman pendapat gua kok...coba dulu aja...yg penting INSTALLER nya...kalo jago setting...letak posisi & kemiringan & jarak terhadap pendengar...semua berpengaruh juga...

    Mohon konfirmasi...ada yg tahu nggak tentang "Phase" speaker terhadap "Slope Xover"...masih cari tahu juga nih....coz kebanyakan kalo beli component set...Passive Xover-nya kalo di teliti ada sebagian merk speaker yg di balik (+) and (-) nya pada output ke tweeter...thank you...

  9. #19
    speaker
    Guest
    wuih...wuih....bukan main penjelasan boss zig3n......
    mata jadi melek lagi jam 3 pagi liat gambar slope....
    trus kalo yang namanya design passive ramuannya gimana tuh buat Hi-Pass / Low-Pass , apa harus sama2 24 db atau bisa campur atas 6 db bawah 18 db ???
    gimana nih boss, masih bingung...... :smt017
    trus bedanya design Linkwitz-Riley / Butterworth / Bessel / Chebychev itu gimana ?
    apa mungkin phase-nya lebih flat atau roll-off lebih cepat ?
    sorry nih, banyak nanya2, mumpung ada juri IASCA.....
    lagi bingung mau belajar bikin passive yang bagus....

    oh iya, kalo soal phase tweeternya dibalik itu berkaitan dengan efek "wide" dan staging...... :smt001

  10. #20
    Brigadir Jendral
    Location
    Manado
    Posts
    11,444
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 54 Mins 34 Secs
    zig3n :: penjelasan anda sangat menarik dan berguna bagi sesama modcomers.

    modcom butuh org org seperti anda

    topic ini saya sticky

 

 
Page 2 of 31 FirstFirst 123456 ... LastLast
Venom 300x250 Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 173
    Last Post: 14th December 2016, 22:02
  2. Replies: 2532
    Last Post: 23rd December 2014, 13:21
  3. INFO : JAZZ TUNING CONTEST 2008
    By Kelvin_eXcite in forum Automotive
    Replies: 53
    Last Post: 23rd June 2008, 20:15
  4. [NEED INFO] Donwload s/w tuning box yg lengkap
    By PejantanTangguh in forum Diskusi Audio Lainnya
    Replies: 2
    Last Post: 28th March 2008, 18:45
Back to top