PEUGEOT 406D8 : RPM DROPPED
Scuto Laminating Simota Gelap.net / Indowin

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/57219
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Prajurit
    Location
    Pulomas
    Posts
    24
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A

    PEUGEOT 406D8 : RPM DROPPED

    Mohon bantuannya dan pemecahan masalah ini.

    Mobil saya peugeot 406 D8 (1998). Saya punya masalah dengan putaran mesin (RPM).
    - Waktu mesin belum panas (tanpa AC) --> NO problem
    - Waktu mesin belum panas (dengan AC) --> NO problem
    - Waktu mesin sudah panas (dengan AC) --> Putaran mesin lansam (idle) agak goyang tapi halus.
    - Waktu digas (dengan AC) --> putaran naik NORMAL, akselerasi OK
    - Waktu lepas gas (dengan AC) kopling langsung dinetralkan --> Putaran mesin drop apalagi sambil injek rem.
    - Kalo tanpa AC dan lepas gas, kopling netral --> NO problem

    Catatan :
    1. Bensin saya pakai PERTAMAX + Octane Boosteer (naik 4 ron) --> 92 + 4 = 96 ron (pertamax ++)
    2. TPS (potentiometer) --> sudah diganti baru
    3. Knocking (Pinking) Sensor --> sudah diganti baru
    4. Coil --> sudah diganti baru
    5. Busi --> sudah ganti baru (Bosch 4 super)
    6. Throttle Body --> sudah dibersihkan termasuk regulator/stepper motor.

    Masalah masih muncul. . . . . .= Tidak nyaman dan tidak aman jadinya

    Ada beberapa informasi bahwa sistem computer dan sensor pada peugeot harus tunggu penyesuaian dulu (self learning).

    Apakah setelah penggantian sensor ECU harus direset?

    Tolong kalo ada yang pernah mengalami dan sudah beres masalahnya, bagi-bagi informasinya untuk amal, mau puasa.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  2. Hokinusa
  3. #2
    Letnan Dua
    Location
    cinere
    Posts
    1,120
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 14 Hrs 30 Mins 45 Secs
    coba di reset bawa ke bengkel specialistnya yang punya alat diagnosisnya, yang gwe taw punya itu bengkel pandawa di arteri antasari, buana buncit,refi kebjer dan bengkel resmi pugnya mending pug dah 406 keatas dibawa kesana soalnya ecunya rada sensitif. harusnya bis ganti sensor wajib di reset bro ecunya. dengan alat diag ini maka gak usah ganti sensor yang ternyata gak bermasalah..

  4. #3
    Sersan Satu
    Posts
    374
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    13 Hrs 10 Secs
    Quote Originally Posted by arvico View Post
    Mohon bantuannya dan pemecahan masalah ini.

    Mobil saya peugeot 406 D8 (1998). Saya punya masalah dengan putaran mesin (RPM).
    - Waktu mesin belum panas (tanpa AC) --> NO problem
    - Waktu mesin belum panas (dengan AC) --> NO problem
    - Waktu mesin sudah panas (dengan AC) --> Putaran mesin lansam (idle) agak goyang tapi halus.
    - Waktu digas (dengan AC) --> putaran naik NORMAL, akselerasi OK
    - Waktu lepas gas (dengan AC) kopling langsung dinetralkan --> Putaran mesin drop apalagi sambil injek rem.
    - Kalo tanpa AC dan lepas gas, kopling netral --> NO problem

    Catatan :
    1. Bensin saya pakai PERTAMAX + Octane Boosteer (naik 4 ron) --> 92 + 4 = 96 ron (pertamax ++)
    2. TPS (potentiometer) --> sudah diganti baru
    3. Knocking (Pinking) Sensor --> sudah diganti baru
    4. Coil --> sudah diganti baru
    5. Busi --> sudah ganti baru (Bosch 4 super)
    6. Throttle Body --> sudah dibersihkan termasuk regulator/stepper motor.

    Masalah masih muncul. . . . . .= Tidak nyaman dan tidak aman jadinya

    Ada beberapa informasi bahwa sistem computer dan sensor pada peugeot harus tunggu penyesuaian dulu (self learning).

    Apakah setelah penggantian sensor ECU harus direset?

    Tolong kalo ada yang pernah mengalami dan sudah beres masalahnya, bagi-bagi informasinya untuk amal, mau puasa.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.
    kalo D8 ada VSS nya gak yah..?
    Vehicle Speed Sensor
    coba tanya ke bengkelnya deh
    kalo ada sih kayaknya tersangkanya itu boss.

    btw, octane booster naik 4 ron..?
    4 point kali boss.
    jadi 92,4 bukan 96

  5. #4
    Sersan Mayor
    Posts
    808
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 27 Mins 9 Secs
    mobil saya 405STi, dan pernah ngalamin persis seperti begini,tapi sekarang sudah solved. ada 3 kemungkinannya:

    1. Apakah anda memakai aksesories magnet yang dijepit ke selang bensin? kalau iya, CABUT SEGERA!

    2. Sensor VSS (Vehicle Speed Sensor) anda rusak. utk mengetahuinya musti ke bengkel pug untuk cek
    pake komputer mereka. kalau iya statusnya FAULT, cek dulu kabel nya sebelum anda putuskan utk
    ganti. krn saya pernah ganti VSS, ternyata hanya soket kabelnya yg lepas.

    3. ECU anda pernah mengalami drop voltage dari aki, sehingga dia reset ke default setting. Cara balikin
    ke user setting, injek gas sampe RPM 2000 dan tahan selama 30 detik. setelah itu putar kunci kontak
    utk matikan mesin secara mendadak dgn posisi gas tetap diinjak pada 2000 RPM. terus nyalakan mesin
    seperti biasa, bawa lari sampai red line pake gigi 3. setelah itu pasti gak mati2 lagi waktu kopling.

    semoga bermanfaat.
    FOCAL 3way Beryllium
    FOCAL 21WX
    FOCAL FPS2300RX (2)
    FOCAL FPS2160 (2)
    Pitch & Timbre

  6. #5
    Sersan Mayor
    Location
    Jkt
    Posts
    813
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    18 Hrs 18 Mins 51 Secs
    Iya Bro mungkin VSS anda gak ngasih info balik k ecu shg steper motor telat adjust manuk2nya, coba d cek aja kabel2nya.
    enoch

    Quote Originally Posted by jengky_007 View Post
    mobil saya 405STi, dan pernah ngalamin persis seperti begini,tapi sekarang sudah solved. ada 3 kemungkinannya:

    1. Apakah anda memakai aksesories magnet yang dijepit ke selang bensin? kalau iya, CABUT SEGERA!

    2. Sensor VSS (Vehicle Speed Sensor) anda rusak. utk mengetahuinya musti ke bengkel pug untuk cek
    pake komputer mereka. kalau iya statusnya FAULT, cek dulu kabel nya sebelum anda putuskan utk
    ganti. krn saya pernah ganti VSS, ternyata hanya soket kabelnya yg lepas.

    3. ECU anda pernah mengalami drop voltage dari aki, sehingga dia reset ke default setting. Cara balikin
    ke user setting, injek gas sampe RPM 2000 dan tahan selama 30 detik. setelah itu putar kunci kontak
    utk matikan mesin secara mendadak dgn posisi gas tetap diinjak pada 2000 RPM. terus nyalakan mesin
    seperti biasa, bawa lari sampai red line pake gigi 3. setelah itu pasti gak mati2 lagi waktu kopling.

    semoga bermanfaat.

  7. #6
    Prajurit
    Location
    Pulomas
    Posts
    24
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Terima kaih banyak atas masukkan dari Bro semua. Saya akan coba dari yang termurah yang saya bisa lakukan sendiri sampai yang harus saya bawa ke bengkel resmi.Ngomomg2x standar ongkos check and reset komputer (ECU) berapa ya ? biar nggak dikadalin.
    Salam Modcomer

  8. #7
    Prajurit
    Location
    Pulomas
    Posts
    24
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    Quote Originally Posted by coro View Post
    kalo D8 ada VSS nya gak yah..?
    Vehicle Speed Sensor
    coba tanya ke bengkelnya deh
    kalo ada sih kayaknya tersangkanya itu boss.

    btw, octane booster naik 4 ron..?
    4 point kali boss.
    jadi 92,4 bukan 96
    406 memiliki Engine Speed Sensor

    Octane booster yang saya pakai bisa menaikan 40 point = 4 ron
    Pertamax = Ron 92 --> 92 + 4 = 96 ron
    Saya beli adetive ini di TODA

  9. #8
    Sersan Mayor
    Posts
    808
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 27 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by arvico View Post
    Terima kaih banyak atas masukkan dari Bro semua. Saya akan coba dari yang termurah yang saya bisa lakukan sendiri sampai yang harus saya bawa ke bengkel resmi.Ngomomg2x standar ongkos check and reset komputer (ECU) berapa ya ? biar nggak dikadalin.
    Salam Modcomer

    hari ini saya baru aja check ECU sama setting timing di pug sunter. biayanya 50rb utk setting timing, 100rb untuk check ECU. total 150rb + pajak 20% jadi 180rb. 1 jam kelar...
    FOCAL 3way Beryllium
    FOCAL 21WX
    FOCAL FPS2300RX (2)
    FOCAL FPS2160 (2)
    Pitch & Timbre

  10. #9
    Sersan Mayor
    Posts
    808
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 27 Mins 9 Secs
    Quote Originally Posted by arvico View Post
    406 memiliki Engine Speed Sensor

    Octane booster yang saya pakai bisa menaikan 40 point = 4 ron
    Pertamax = Ron 92 --> 92 + 4 = 96 ron
    Saya beli adetive ini di TODA

    Engine Speed Sensor ada, Vehicle Speed Sensor juga ada pak. Kalo ESS nancepnya di deket crankshaft, kalo VSS dideket flywheel. VSS berhubungan juga dgn speedometer.
    FOCAL 3way Beryllium
    FOCAL 21WX
    FOCAL FPS2300RX (2)
    FOCAL FPS2160 (2)
    Pitch & Timbre

  11. #10
    Sersan Mayor
    Location
    Jkt
    Posts
    813
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    18 Hrs 18 Mins 51 Secs
    Bos gk kebalik tuch VSS positionnya... pagi juga semua...
    enoch

    Quote Originally Posted by jengky_0k 07 View Post
    Engine Speed Sensor ada, Vehicle Speed Sensor juga ada pak. Kalo ESS nancepnya di deket crankshaft, kalo VSS dideket flywheel. VSS berhubungan juga dgn speedometer.

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi MBtech

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS : rep AMISTAD KLAUD r17 --dropped price--
    By wiznu in forum Bursa Kaki Lainnya
    Replies: 152
    Last Post: 31st May 2009, 20:19
  2. FOR SALE CHEVROLET OPTRA LT-DROPPED PRICE
    By Gwapoz in forum Chevrolet
    Replies: 72
    Last Post: 9th April 2009, 09:55
  3. WTS Kijang lgx 2.0 at 2001 dropped price..
    By Kutu Grg in forum Merk Lainnya
    Replies: 3
    Last Post: 19th December 2008, 08:54
Back to top