Conclusion, high octane low octane.
Scuto Laminating HD Car Care

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/5719
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    phimotorsports
    Guest

    Conclusion, high octane low octane.

    Ini seh kesimpulan dari jawaban temen2 di forum ttg "apakah benar oktan makin tinggi makin cepet terbakar"
    -------------------------------------------------------------------------------------
    -------------------------------------------------------------------------------------
    Dari hasil survey dengan metode vote, kebanyakan pilih kalo oktan lebih tinggi lebih susah terbakar.

    Kenapa lebih susah terbakar kalo oktan lebih tinggi? Ya karena memang karakter dari komposisi kimia yang ada didalam bensin tersebut menyebabkan bensin dengan oktan lebih tinggi lebih susah terbakar.
    -------------------------------------------------------------------------------------
    Ada juga yang comment tetang RON, tapi apa itu RON? Sy penasaran dgn hal ini dan ketemu neh jawabannya di WIKIPEDIA.COM, RON ITU singkatan dari Research Octane Rating.

    "The octane rating is a measure of the autoignition resistance of gasoline (petrol) and other fuels used in spark-ignition internal combustion engines"


    RON itu adalah standarisasi international yang digunakan untuk mengukur hambatan (Resistance) dari pada bensin2 untuk membakar dgn sendirinya (autoignition)yang digunakan untuk mesin2 yang menggunakan busi sebagai pengapiannya.

    -------------------------------------------------------------------------------------
    Seperti penjelasan tetang RON diatas, RON itu berhubungan erat sekali dengan mesin2 yang menggunakan busi sebagai pengapiannya. Ada temen2 di forum juga comment tentang kompresi. Tapi apa itu kompresi?

    Kompresi dibagi menjadi dua?
    Pertama kompresi spesifikasi dan yang kedua adalah kompresi untuk pengetesan kondisi mesin.

    Contoh dari kompresi yang pertama adalah seperti bisa dilihat didalam brosur spec honda civic 1.8l, 2006 M/T dengan Rasio kompresi 9.6:1.

    Contoh dari kompresi yang kedua adalah bisa dilihat menggunakan alat ukur kompresi mesin.

    Jadi Rasio kompresi seperti 9.6:1 yang menentukan atau menjadi dasar harus penggunaan bensin dengan oktan tertentu.
    -------------------------------------------------------------------------------------
    Untuk mengerti lebih jelas kita bisa kaitkan dengan Fisika.

    Hukum fisika dalam hal tekanan dan temperature dan kelembaban.

    "The gas laws are a set of laws that describe the relationship between thermodynamic temperature (T), pressure (P) and volume (V) of gases. It is a loose collection of rules developed between the late Renaissance and early 19th century" http://en.wikipedia.org/wiki/Gas_laws

    Rumus Ideal Gas Law..... PV=nRT
    Didalam rumus ini terdapat:
    P: Pressure, tekanan atau kompresi
    V:Volume, besar mesin 1800cc, 2500cc, dll...
    n:Jumlah mol dalam gas ( Mol adalah satuan atau unit)
    R:Gas constant
    T: Temperature.

    Kalo kita memasukan angka2 tersebut kita bisa mendapat konklusi.

    1.Tekanan yang lebih tinggi mengakibatkan temperature yang lebih tinggi.

    Tekanan tinggi didalam mesin kompresi yang tinggi seperti mobil balap akan menyebabkan temperature yang tinggi didalam ruang pembakaran (Combustion Chamber).

    Tapi bensin yang beroktan rendah tidak dapat menghambat (resist) temperature yang tinggi tersebut mengakibatkan bensin tersebut akan terbakar dengan sendirinya tanpa dibantu oleh busi (autoignition). Autoignition ini yang sering kita sebut2 (Knocking or ngelitik).
    __________________________________________________ ___________

    Facts:
    1. Oktan lebih tinggi lebih susah terbakar.
    2. RON itu adalah standarisasi international yang digunakan untuk mengukur hambatan (Resistance) dari pada bensin2 yang digunakan untuk mesin2 yang menggunakan busi sebagai pengapiannya.
    3.Rasio kompresi atau design dari mesin menjadi dasar penggunaan bensin dgn oktan tertentu.
    4.Tekanan tinggi menyebabkan temperature lebih tinggi.
    __________________________________________________ ___________

    Mitos tentang bensin beroktan tinggi akan lebih mudah terbakar....
    [Myth BUSTED]

    I am hoping we can learn together in this forum. Hopefully this conclusion can benefits us altogether.

    Cya all in the next topics and thanks to everybody who already involved in this topic.

    Best regards,
    Phimotorsports
    Learning together

  2. clickbet88.com
  3. #2
    Brigadir Jendral
    Location
    Cibubur - East Jakarta
    Posts
    11,978
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Wks 6 Hrs 3 Mins 36 Secs
    knapa ga dgabungin k thread itu aja kalo berhubungan..?
    _________________
    _________________


  4. #3
    phimotorsports
    Guest
    Quote Originally Posted by tUkanGtAmbELban
    knapa ga dgabungin k thread itu aja kalo berhubungan..?
    Biar bacanya lbh gampang dan karena sudah di ringkas kedalam satu thread.

  5. #4
    bamut
    Guest
    bagus...

  6. #5
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    weleh berarti ditempat gue itungan nya bukan RON tapi octane
    berarti tempat gue engga standard dong!!
    jadi 91 octane tuh berapa RON?
    btw kalo RON itu singkatan dari "research octane rating" bukan itu jadi nya ROR? :smt003

  7. #6
    Kapten
    Posts
    2,210
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Days 53 Mins 33 Secs
    RON bukannya Research Octane Number?
    kalo ga salah dulu pernah baca, RON itu berdasarkan hasil perhitungan pembuatan bahan bakar, jadi bukan hasil tes langsung terhadap oktan bahan bakar..

    phimotorsports: good info

  8. #7
    ID Ini Terindikasi Melakukan Penipuan
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,550
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Days 11 Hrs 25 Mins 17 Secs
    Quote Originally Posted by dayak
    weleh berarti ditempat gue itungan nya bukan RON tapi octane
    berarti tempat gue engga standard dong!!
    jadi 91 octane tuh berapa RON?
    btw kalo RON itu singkatan dari "research octane rating" bukan itu jadi nya ROR? :smt003
    setau gwe 91 octane, itu sama aja kalo disini dibilang RON 91...

    eh kalo bensol itu RON/octane numbernya berapa?
    ada yg tau ga?

  9. #8
    Letnan Kolonel
    Location
    US of A
    Posts
    6,839
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    31 Mins 51 Secs
    Quote Originally Posted by Visto Jakarta
    Quote Originally Posted by dayak
    weleh berarti ditempat gue itungan nya bukan RON tapi octane
    berarti tempat gue engga standard dong!!
    jadi 91 octane tuh berapa RON?
    btw kalo RON itu singkatan dari "research octane rating" bukan itu jadi nya ROR? :smt003
    setau gwe 91 octane, itu sama aja kalo disini dibilang RON 91...

    eh kalo bensol itu RON/octane numbernya berapa?
    ada yg tau ga?
    I C makasih :smt003
    cuman lagi itu ada yg bilang beda dan diangasih fact nya 91 octane berapa RON gitu(lupa gue).maka nya gue mo tanya lagi atau memastikan..
    cuman malah bikin gue bingung yg mana yg harus di percaya yg bilang sama atau yg bilang beda :smt017

  10. #9
    phimotorsports
    Guest
    Quote Originally Posted by dayak
    weleh berarti ditempat gue itungan nya bukan RON tapi octane
    berarti tempat gue engga standard dong!!
    jadi 91 octane tuh berapa RON?
    btw kalo RON itu singkatan dari "research octane rating" bukan itu jadi nya ROR? :smt003
    Correction about RON, Entah kenapa gw bisa salah tulis tapi yg bener (Research Octane Number) dan untuk lebih lengkapnya temen2 bisa baca lsg dari sourcenya.... http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating

    Thank you for your comment ttg RON...jd tau i have made a mistake...

  11. #10
    phimotorsports
    Guest
    Quote Originally Posted by The Maestro Man
    RON bukannya Research Octane Number?
    kalo ga salah dulu pernah baca, RON itu berdasarkan hasil perhitungan pembuatan bahan bakar, jadi bukan hasil tes langsung terhadap oktan bahan bakar..

    phimotorsports: good info
    Thanks for your input .. Iya bener kalo RON itu Research Octane Number...Gw salah ketik..hehehe... neh kalo mo baca lebih jelasnya di sumbernya langsung http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast
NGK Busi Datsun 300x250

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. WTS : HKS DHOB (DRAG HIGH OCTANE BOOSTER)
    By riqsutanto in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 11
    Last Post: 15th July 2012, 22:48
  2. <WTS> Racing Fuel high octane 98,7.
    By aryo_34 in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 1
    Last Post: 18th June 2012, 15:55
  3. Wtb:high octane booster
    By erik_18mobil in forum Jual Beli Mesin Lainnya
    Replies: 0
    Last Post: 23rd October 2010, 22:11
  4. WTA: OCTANE BOOSTER
    By i-mobile in forum Automotive
    Replies: 106
    Last Post: 20th February 2009, 21:07
  5. octane R
    By micgel in forum Diskusi Subwoofer
    Replies: 0
    Last Post: 3rd October 2006, 20:14
Back to top