:: Knapa kalo lagi di rel, mesin tiba2 mati n susah idup lagi? ::

25 Mei 2016 - Payment System Terbaru Untuk Bursa Jual Beli telah kami hadirkan.
Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://modifika.si/630917

Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 61
  • Thread Tools
  • Short URL:  http://modifika.si/57014
  • Share on facebook
  • Share on twitter
  1. #1
    Letnan Jendral
    Location
    [M.O.C] JOGJA ALTIC_123 ┌П┐(◣_◢)┌П┐
    Posts
    24,747
    Power
    126 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Hrs 35 Mins 38 Secs

    :: Knapa kalo lagi di rel, mesin tiba2 mati n susah idup lagi? ::

    Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi?

    Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya. "Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya, "kata Dr Ir Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS).

    Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada kereta
    yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali mesin kendaraannya itu. Akibatnya,kendaraan bermotor itu ditabrak kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.

    Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan Pembantu Rektor III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya tewas karena mobil yang sedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya penumpangnya segera keluar dan mendorongnya. Jika tidak akan sangat membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! dan mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.

    Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, terjadi impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan, impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo," paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil.

    Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.

    Tambahan Sedikit:
    Pengapian pada mesin bensin menggunakan percikan bunga api dari busi yang ditimbulkan oleh listrik bertegangan tinggi (high voltage) yang diproduksi oleh "coil." Medan listrik statis yang ditimbulkan oleh rel karena gesekan roda kereta api dengan rel dapat mempengaruhi/ mengganggu produksi (besarnya) bunga api pada busi, sehingga mesin mudah mati. Tetapi hal ini hanya terjadi bila putaran (RPM) mesin rendah (putaran mesin idle).

    Akibatnya mesin sulit menyala bila di start. Menyelamatkan diri dengan mendorong mobil adalah salah satu cara yang baik, namun sebelum turun JANGAN LUPA memposisisikan tuas transmisi pada posisi gigi NETRAL. Cara lain adalah bila kondisi accu (aki) masih bagus, anda tidak perlu turun dari mobil, masukkan tuas transmisi pada posisi gigi 1 (satu), kemudian start mobil (pedal coupling JANGAN diinjak). Maka mobil akan berjalan karena digerakkan oleh dynamo starter.

    Setidak-tidaknya mobil berjalan sampai menyeberangi rel kereta. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil yang bertransmisi MANUAL, TIDAK untuk mobil bertransmisi MATIC. Untuk mobil matic maka penyelamatan hanya dengan cara mendorong, dan jangan lupa tuas transmisi pada posisi NETRAL (N), bukan parking (P). Putaran idle mesin mobil matic biasanya lebih tinggi daripada mobil manual, sehingga mesin tidak mudah mati.


    :: regards ::
    Click it, Fill it, Love it
    [JOGJA] Regionalle Lounge Gathering Info *UPDATED*

    [M.O.C] JOGJA - ModCom-Jogja - ALTIC_123 - TRD48

  2. Delapan Satu
  3. #2
    Kopral Kepala
    Posts
    135
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    2 Hrs 30 Mins 43 Secs
    Waaahh panjang juga keterangannya.. Thanks wat pencerahannya broo..

    Tapi yg pasti, mobilnya tuh jarang servis ke bengkel.. Iya kan oom..?

  4. #3
    Mayor
    Location
    Bandung - Jakarta
    Posts
    3,777
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    14 Mins 15 Secs
    wah,,,
    mantep nih arikel...
    thanks om,,,

  5. #4
    Kapten
    Location
    Somewhere I belong
    Posts
    2,149
    Power
    50 
    M-Store Point
    0
    Online
    3 Wks 6 Days 23 Hrs 26 Mins 43 Secs
    ya masuk akal juga seh......hampir kebanyakan klo kendaraan mogok di atas rel, pasti g bisa hidup.......

  6. #5
    Kapten
    Location
    Driver Seat
    Posts
    2,070
    Power
    31 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Day 16 Hrs 3 Mins 27 Secs
    TOP INFO..
    N.E.V.E.R. regret anything that once made you S.M.I.L.E.

  7. #6
    Mayor
    Posts
    3,575
    Power
    80 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Mth 1 Day 2 Hrs 15 Mins 42 Secs
    berati klo lewat rel kereta lepas seat bealt sama buka kunci pintu aja kali yah.
    biar klo terjadi hal2 yg tidak di inginkan bisa langsung keluar dari mobil.
    klo mobil ancur kan bisa di gantiin asuransi selama mobilnya di asuransikan.
    klo pun enggak di asuransikan stidak2nya nyawa pengemudi dan penumpang di dalam mobil tersebut gak pada mati sia2.

  8. #7
    Kapten
    Location
    Jogja Republik Indonesia
    Posts
    2,580
    Power
    M-Store Point
    0
    Online
    N/A
    thanks broo...cuendol untkmuu

  9. #8
    Kolonel
    Location
    Malang
    Posts
    9,671
    Power
    71 
    M-Store Point
    0
    Online
    4 Hrs 49 Mins 35 Secs
    mantep abis INFOnya...........

  10. #9
    Letnan Jendral
    Location
    [M.O.C] JOGJA ALTIC_123 ┌П┐(◣_◢)┌П┐
    Posts
    24,747
    Power
    126 
    M-Store Point
    0
    Online
    1 Wk 2 Hrs 35 Mins 38 Secs
    semoga membantu kalian smua.. hehhehehe
    Click it, Fill it, Love it
    [JOGJA] Regionalle Lounge Gathering Info *UPDATED*

    [M.O.C] JOGJA - ModCom-Jogja - ALTIC_123 - TRD48

  11. #10
    Banned
    Location
    seberangnya comberan
    Posts
    15,857
    Power
    93 
    M-Store Point
    0
    Online
    8 Hrs 23 Mins 18 Secs
    males ah bacanya
    huahahaha

 

 
Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Mega Glodok Kemayoran

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Head Unit tiba2 mati idup
    By eadithiya in forum Diskusi Head Unit & Processor
    Replies: 17
    Last Post: 8th July 2013, 18:25
  2. Replies: 4
    Last Post: 7th May 2012, 18:01
  3. WTA kalo 7998r lampu tombolnya tiba2 mati itu gejala fleksibel bukan ya??
    By Lancer93 in forum Diskusi Head Unit & Processor
    Replies: 4
    Last Post: 5th August 2011, 08:41
  4. [WTA] mesin getar kalo lagi narikk...
    By R_JuanszeN in forum Diskusi Mesin
    Replies: 20
    Last Post: 26th April 2008, 17:16
  5. Mesin mati tiba2
    By Zapp in forum Diskusi Mesin
    Replies: 5
    Last Post: 27th December 2005, 14:28
Back to top